Program penurunan berat badan erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehat. Untuk menurunkan berat badan, orang perlu memastikan kalori yang masuk lebih kecil daripada kalori yang keluar. 

Karena menghitung kalori pada makanan merupakan tantangan yang tak mudah bagi sebagian orang,  berikut menu diet rendah kalori yang dapat kamu ikuti untuk 4 hari :

DAY 1

  • Sarapan : Oatmeal Apel

Mulai hari kamu dengan oatmeal apel hangat yang lezat dan mengenyangkan. Masak 1 cup oat, sedikit bubuk kayu manis, dan 1 apel cincang dengan 1 cangkir air hangat. 

  • Makan siang : Salad Tuna dan Roti

Penuhi nutrisi kamu dengan mengonsumsi salad tuna yang dikombinasikan dengan alpukat, roti gandum, dan lemon.  

Siapkan 5 ons tuna atau salmon rendah sodium yang sudah matang. Campurkan air, 1/3 alpukat tumbuk, 1 sendok makan bawang cincang, dan 1 sendok makan jus lemon. Aduk rata sampai bertekstur creamy. Siapkan dua potong roti gandum, lalu sajikan salah di atas roti.  

  • Makan malam : Ayam Jalapenos

Masak ayam jalapeos yang gurih, lalu sajikan dengan side salad yang terdiri dari selada, paprika, tomat, dan sayuran favorit kamu dengan dressing sesuai selera.  

DAY 2

  • Sarapan : Scrambled eggs 

Ingin scrambled eggs? Kamu boleh memasaknya saat diet, kok.

Masak scrambled eggs dengan 1 sendok teh minyak, 1 sendok makan parutan keju cheddar rendah lemak, serta 2 sendok makan cabai merah atau cabai hijau. Kamu boleh menyajikan menu ini dengan sepotong roti gandum. 

  • Makan siang : Vegetarian Burger

Goreng vegetarian burger instan atau buat sendiro vegetarian burger sesuai selera. Lalu siapkan beberapa potong pita bread kecil-kecil. Isi setiap potong dengan vegetarian burger. Tambahkan tomat, bawang merah, selada, dan yoghurt plain ke dalam pita bread.

  • Makan malam : Steak Rempah

Bumbui steak dengan rempah-rempah favorit pada malam sebelumnya untuk membuat rasa lebih kaya. Setelah steak dibumbui dan dibiarkan semalaman, masak steak sampai kematangan yang diinginkan, lalu sajikan dengan sayur sesuai selera.

DAY 3

  • Sarapan : English Muffin dan Ricotta

Campurkan 1 sendok makan madu ke dalam 1/3 cangkir keju skim ricotta. Oleskan pada  dua otonf muffin Inggris. Sajikan dengan 1 potong kiwi.

  • Makan siang : Chickpea Bowl

Buat saus dengan 1 sendok makan minyak zaitun extra-virgin, 1 sendok makan jus lemon, dan 1 sendok teh mustard. Dalam mangkuk terpisah, campurkan 3/4 cup chikpea  matang, 1 cup kacang polong, 1 cup wortel parut, dan 1 cup bayam.  Sajikan dengan mencampurkan saus yang tadi sudah dibuat.

  • Makan malam : Buah

Makan malam untuk hari ketiga ini adalah buah mangga dan buah alpukat. Atau kamu juga bisa menggantinya dengan buah pisang. 

DAY 4

  • Sarapan : Sereal

Campurkan cangkir sereal sarapan berprotein tinggi dengan 1 cangkir susu dan 1 cangkir blueberry segar untuk memulai hari kamu.

  • Makan siang : Chicken Salad

Buatlah salad dengan mencampurkan selada, tomat, dan ayam panggang di dalam mangkuk. Nikmati salad dengan vinaigrette yang dicampur dengan sedikit ketumbar.

  • Makan malam : Fresh Herb Steak

Bumbui steak dengan rempah hijau segar yang telah dihaluskan, lalu tambahan bawang putih dan cuka sesuai selera. Steak kaya rasa ini siap memanjakan perut kamu pada malam hari.

Baca Juga :

Cuma 3 Hari, Diet Militer Ini Bisa Melonggarkan Pakaian yang Mulai

8 Alasan Mengapa Buah Nanas Cocok Untuk Diet

Lagi Diet? Hati-hati 6 Makanan Populer Ini Mengandung Banyak Gula

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Lapar Setiap Malam? Pastikan 3 Hal Ini Dulu Sebelum Makan

Banyak orang merasa lapar sebelum tidur, atau sekadar