Para ahli menyarankan agar wanita hanya mengonsumsi 24 gram gula dalam sehari, sedangkan pria diperbolehkan mengonsumsi hingga 36 gram gula per hari. Tapi tahukah kamu? Satu kaleng soda sudah mengandung hampir 40 gram gula.

Memang, semua orang tahu bahwa soda mengandung gula tinggi, tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa sekaleng sup tomat juga dapat menampung hingga 20 gram gula per porsi, loh. 

Kira-kira makanan populer apa lagi yang mengandung banyak gula? Yuk, simak daftar berikut. 

  1. Sup kalengan

Kamu mungkin berpikir bahwa sup yang dibeli di supermarket akan menjadi kombinasi yang sehat saat dipadukan dengan air dan sayuran segar yang bergizi. Tetapi mungkin kamu tidak sadar, bahwa kandungan gula dalam satu kaleng sup sebenarnya dapat mencakup seluruh asupan gula harian yang kamu butuhkan. 

Jadi jika kamu sedang diet, hindarilah sup kalengan ya! Kamu bisa memasak sup sendiri yang lebih sehat sebagai gantinya.

  1. Yoghurt rendah lemak

Meskipun makanan rendah lemak begitu menggoda dan kamu ingin mengonsumsinya, tapi tidak semuanya benar-benar lebih baik untuk kamu, terutama dalam hal yoghurt. Satu porsi yoghurt tawar atau yoghurt rendah lemak, ternyata mengandung 4,7 gram gula, sedangkan satu porsi greek yogurt dapat mengandung 6 hingga 12 gram gula. 

Selain itu, banyak yoghurt rendah lemak yang juga mengandung pemanis yang tidak sehat, seperti sukrosa atau sirup jagung fruktosa tinggi.

  1. Saus salad bebas lemak

Mirip dengan yoghurt, saus salad yang memiliki lebih sedikit lemak dan kalori, sebenarnya mengandung peningkatan pada jumlah gula. Dua sendok makan saus salad yang dibeli di toko dapat mengandung sekitar 7 hingga 10 gram lemak tambahan. 

Para ahli merekomendasikan untuk membuat saus salad sendiri di rumah untuk memastikan tidak ada tambahan gula, pengawet, atau bahan tidak sehat lainnya. 

  1. Saus botolan

Saus botolan adalah salah satu bumbu dapur paling populer di seluruh dunia. Kombinasi rasa manis, asam, dan pedas sangat cocok dinikmati dengan burger, kentang goreng, bahkan telur dadar. 

Namun, satu sendok makan saus sebenarnya setara dengan memasukkan seluruh gula batu ke dalam mulut kamu. Karena, satu sendok makan saus bisa mengandung 4 gram gula. Apalagi, kebanyakan saus botolan juga mengandung banyak sirup jagung fruktosa tinggi.

  1. Selai kacang

Selai kacang adalah sumber protein yang populer dan menjadi makanan pokok paing  serbaguna. Selai kacang alami memang mengandung sedikit gula atau bahkan tanpa gula. Tapi, varian selai kacang komersial banyak mengandung minyak tidak sehat dan gula tambahan, yang berpotensi berbahaya. 

Beberapa merek populer bisa mengandung sampai 8 gram gula per 2 sendok makan. Ahli gizi merekomendasikan untuk membaca label komposisi selai kacang sebelum membelinya. Atau, kamu bisa mencari selai kacang organik yang tidak mengandung gula.

  1. Keripik kentang

Siapa sih yang tidak suka keripik kentang? Camilan asin yang satu ini memang terkesan tidak mengandung gula sama sekali, tapi sebenarnya keripik kentang favorit kamu memiliki kandungan gula sekitar 3%-5%. Sekitar 15 keping keripik kentang rasa barberku sudah bisa mengandung 2 gram gula. 

Selain itu, keripik kentang juga tinggi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula oleh tubuh kamu. Untuk itu, saat sedang diet, sebaiknya kamu hindari camilan ini. 

Baca Juga :

Hati-hati, 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Mengandung Banyak Gula

10 Makanan Favorit Orang Paling Sehat di Dunia

Wah, Ternyata Manfaat 7 Makanan Ini Bisa Berubah Saat Kondisinya Berbeda Loh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cuma 3 Hari, Diet Militer Ini Bisa Melonggarkan Pakaian yang Mulai

Diet Militer adalah rencana makanan jangka pendek yang