Perkembangan zaman yang ditandai dengan munculnya berbagai teknologi baru telah mengubah cara hidup masyarakat, termasuk saat seorang wanita dalam masa kehamilan. Jika bertanya pada nenek tentang bagaimana kebiasaan atau tips kehamilan zaman dulu, mungkin kamu akan kaget. Pasalnya, tips kehamilan zaman dulu sama sekali berbeda dengan tips kehamilan zaman sekarang.

Berikut adalah beberapa tips kehamilan zaman dahulu yang akan membuatmu sadar bahwa zaman telah banyak berubah. 

  1. Kehamilan selebriti disembunyikan

Zaman dulu, ketika selebriti yang membintangi acara televisi sedang hamil, kehamilan mereka perlu disembunyikan dengan cara memakai baju oversized. Saat ini, seorang selebriti bisa dengan bebas mengumumkan dan memamerkan kehamilan mereka. Bahkan, banyak selebriti mengabadikan momen kehamilan mereka lalu membagikannya di media sosial.

  1. Bentuk perut menentukan jenis kelamin bayi

Di masa lalu, orang yakin bahwa bentuk perut sang ibu dapat menentukan jenis kelamin bayi yang akan dilahirkannya. Orang zaman dulu percaya bahwa jika perut ibu hamil condong ke atas, maka dia akan melahirkan anak perempuan, dan jika perut ibu hamil condong ke bawah, maka dia akan melahirkan anak laki-laki. Ada pula yang membedakan bentuk perut bulat dan oval. 

Seiring perkembangan zaman, telah terbukti bahwa bentuk perut tidak menentukan jenis kelamin bayi. Bentuk perut ibu hamil tentu saja bergantung ada bentuk tubuh dan pose bayi. 

  1. Wanita hamil tidak berolahraga 

Para medis zaman dulu percaya bahwa ibu hamil tidak boleh berolahraga dan harus menghindari aktivitas yang membuatnya lelah. Banyak tips kehamilan memperingatkan bahwa ibu hamil itu lemah dan harus banyak beristirahat. 

Nah, mulai tahun 1970-an, olahraga ringan mulai dianggap aman bagi ibu hamil selama dia dan janinnya dalam kondisi sehat. Saat ini, olahraga bagi ibu hamil sudah sangat wajar. Banyak ibu hamil melakukan yoga, pilates, atau berenang.

  1. Foto di ruang bersalin dianggap tidak wajar 

Sekarang sudah banyak ibu hamil yang mengabadikan momen melahirkan dengan menyewa fotografer khusus. Tidak hanya foto, bahkan beberapa merekam video. Tahukah kamu? Dulu, hal ini dianggap tidak wajar di masyarakat.

Fotografi persalinan dimulai pada tahun 1953 ketika seorang jurnalis foto bernama Helen Brush Jenkins mengabadikan potret putranya yang baru saja lahir. Secara bertahap, jenis fotografi persalinan mulai marak dan banyak dilakukan oleh masyarakat. 

  1. Wanita akan dipecat jika hamil

Puluhan tahun lalu, seorang wanita hamil diharapkan untuk tinggal di rumah dan mengurus rumah tangga. Karena itu, banyak wanita yang diberhentikan dari pekerjaan mereka alias dipecat ketika sedang mengandung. Seorang guru bahkan mengatakan bahwa hamil dianggap sebagai “teladan yang buruk” bagi para siswa selama tahun 1970-an. 

Saat ini zaman telah berubah. Wanita hamil yang masih tetap bekerja justru banyak dipuji. Bahkan, ada cuti kehamilan bagi karyawan wanita.

  1. Suami tidak boleh menemani istri saat proses bersalin

Sebelum tahun 1970, seorang suami tidak terlibat dalam proses bersalin sang istri. Kala itu, masyarakat percaya bahwa ruang bersalin bukanlah tempat untuk pria. Namun, seiring berjalannya waktu, suami boleh menemani istri yang sedang melahirkan.

  1. Ibu hamil harus makan untuk dua orang

Dulu, seorang ibu hamil harus makan banyak karena ia memberi makan dirinya sendiri dan juga bayinya. Kini, sudah tidak demikian. Fakta menunjukkan bahwa kebutuhan energi seorang ibu hamil tidak berubah dalam 6 bulan pertama kehamilan. Setelah enam bulan, barulah ibu hamil membutuhkan sekitar 200 kalori tambahan per hari sampai trimester terakhir. 

Jumlah kalori tambahan bagi ibu hamil tidak banyak. Sebab, 200 kalori setara dengan 385 gram buah apel atau 150 gram telur.

Bahkan, menurut ahli, makan terlalu banyak selama kehamilan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang merugikan bagi ibu hamil. Jika ibu hamil obesitas, risiko keguguran atau bayi prematur akan meningkat. 

Baca Juga :

Mungkinkah Pria Mengalami Gejala Kehamilan Saat Pasangan Sedang Hamil?

Siap-Siap, Inilah Ketidaknyamanan Di Kehamilan Trimester Ketiga Yang Harus Kamu Hadapi

Bingung Membedakan Darah Menstruasi dan Flek Awal Kehamilan? Begini Caranya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,