Saat sedang berusaha menurunkan berat badan atau sedang dalam program diet, terdapat beberapa kebiasaan baru yang perlu diterapkan agar target penurunan berat badan berhasil. Kebiasaan baru itu bisa jadi merencanakan menu makan, menjadwalkan olahraga rutin, mengurangi camilan, puasa, dan sebagainya.

Tahukah kamu, dengan menerapkan kebiasaan tertentu, kamu bisa menurunkan berat badan bahkan saat tidur.

Bagaimana caranya? Simak daftar berikut : 

  1. Tidur dengan pakaian minim

Saat kamu tidur telanjang atau tidur dengan pakaian minim, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan, salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan. Para ilmuwan menyarankan, menjaga suhu tubuh lebih dingin saat tidur dapat mempercepat metabolisme tubuh karena menghasilkan lebih banyak lemak coklat untuk membuat badan tetap hangat.

Nah, lemak coklat ini mampu menghasilkan panas saat membakar kalori. Umumnya, lemak coklat membantu mempercepat metabolisme di siang hari untuk membantu menurunkan berat badan. Jadi, jika lemak coklat banyak dihasilkan saat malam, tentu itu akan menguntungkan program dietmu, bukan?

Selain itu, tidur telanjang juga disebut-sebut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan  baik untuk kesehatan jantung dan otot.

  1. Tidur yang cukup

Seorang peneliti bernama Richard K. Bogan menyarankan agar orang yang sedang dalam program penurunan berat badan dapat membuat jadwal pasti untuk tidur. Dia menyebutkan, durasi tidur malam ideal untuk orang dewasa adalah 7,5 sampai 9 jam. Jika seseorang kurang tidur, maka berat badannya justru bisa bertambah. Menurut Richard, tidur sangat diperlukan agar hormon tubuh normal dan fungsi sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. 

  1. Olahraga dengan benar

Seseorang yang sedang diet butuh berolahraga untuk meningkatkan massa otot. Jika kamu memiliki lebih banyak massa otot, maka otot kamu akan membantu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat kamu sedang tidur. Melakukan beberapa olahraga setiap hari, terutama latihan kekuatan, dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, jika kamu menjadi sulit tidur setelah berolahraga malam, sebaiknya kamu berolahraga beberapa jam sebelum tidur.

  1. Tidur di kamar yang lebih dingin dan lebih gelap

Menurut sebuah penelitian, orang yang mengatur suhu rendah di kamar tidur selama satu bulan berhasil meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Jadi, untuk menurunkan berat badan, coba atur suhu kamar menjadi lebih dingin.

Selain itu, coba matikan lampu saat kamu tidur. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan lampu menyala memiliki dampak besar pada regulasi metabolisme dan menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk itu, usahakan untuk mematikan lampu, TV, dan meletakkan handohone sebelum tidur. 

  1. Makan sesuai jadwal

Tidak hanya waktu dan cara tidur yang perlu diperhatikan saat kamu sedang berusaha menurunkan berat badan. Jadwal makan juga menjadi penting agar program diet kamu berhasil. Menurut ahli gizi, waktu makan dan tidur harus dijaga. Karena, tubuh kita berjalan dengan ritme. Waktu makan memiliki banyak pengaruh pada ritme kerja tubuh, sehingga jadwal makan dan tidur menjadi penting. Dengan mengatur jadwal dan menepatinya, tubuh pun akan konsisten membakar kalori.

Itulah beberapa tips diet yang bisa kamu praktikkan. Mana yang ingin kamu coba duluan?

Baca Juga :

7 Tips Diet Berikut Ini Akan Membantu Menurunkan Berat Badan Bahkan Saat Tidur!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik