Seiring berjalannya waktu, hal-hal romantis yang dilakukan bersama pasangan bisa berubah menjadi biasa saja. Misalnya, saat awal pacaran atau awal pernikahan, mencuci baju dan mencuci piring bersama terasa begitu spesial dan romantis. Tapi, setelah bertahun-tahun hidup bersama, hal itu menjadi rutinitas biasa yang terkadang terasa melelahkan.

Banyak pasangan bertanya-tanya mengapa hal itu terjadi dan bagaimana cara menghidupkan kembali percikan asmara di antara keduanya?

Untuk membantumu memperbaharui hubungan yang telah lama dijalin bersama pasangan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan :

  1. Jangan abaikan hubungan dengan keluarga dan teman

Hubungan dengan teman dan keluarga harus tetap dijaga meskipun kamu sudah memiliki pasangan. Jangan sampai, kamu dan pasangan melepaskan hubungan dengan teman dan keluarga dengan hanya menghabiskan waktu berdua.

Semua orang butuh “istirahat” dari rutinitas. Kamu pun perlu “istirahat” dari satu sama lain untuk menjaga hubungan tetap berkualitas. Sesekali habiskanlah akhir pekan dengan teman atau keluarga dekat tanpa pasangan. 

  1. Tanyakan apa yang diinginkan pasangan 

Hidup lama dengan pasangan bukanlah jaminan bahwa kamu tahu 100% apa yang diinginkan atau dibutuhkan pasangan. Terkadang, orang kerap menyembunyikan keinginan terpendamnya dan hanya angkat bicara jika ditanya.

Alih-alih memberikan kejutan kado anniversary atau kado ulang tahun mewah untuk pasangan, lebih baik tanyakan apa yang dia inginkan dan apa yang dia butuhkan. Jangan sampai kamu menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang justru memicu pertengkaran. 

  1. Cobalah cari dan pahami alasan mengapa kamu bosan dengan pasangan 

Sering kali, orang tidak paham mengapa dirinya merasa marah, merasa sebal, merasa cemas, dan juga merasa bosan. Jika semua kegiatan yang kamu lakukan bersama pasangan terasa membosankan, coba tanyakan pada diri sendiri. Kira-kira kapan kamu mulai merasa bosan, hal apa yang memicu kebosanan itu. Tuliskan perasaanmu di catatan dan temukan akar permasalahannya.

Jika kamu sudah menemukan akar permasalahan, maka kamu pun dapat menemukan solusinya. Apabila masih bingung, kamu bisa berkonsultasi dengan terapis untuk membantumu memecahkan masalah tersebut.

  1. Jangan lupakan me time

Selalu menghabiskan waktu dengan pasangan sebenarnya bukan hal yang sehat. Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa kamu dan pasangan butuh “istirahat” satu sama lain untuk tetap menjalin hubungan dengan keluarga.

Di sisi lain, kamu juga butuh waktu untuk dirimu sendiri alias “me time”. Luangkan waktu untuk memanjakan diri kamu (tanpa pasangan). Kamu boleh berlibur sendirian selama beberapa hari, menjalani perawatan tubuh di salon, atau makan ke restoran favorit seorang diri.

Me time akan membantumu mengisi daya dan menjernihkan pikiran, sehingga kamu akan kembali kuat saat harus menjalankan rutinitas seperti biasa. 

  1. Pertimbangkan terapi, baik individu atau berdua dengan pasangan 

Jika perlu, kamu dan pasangan bisa terapi bersama untuk menemukan akar permasalahan yang ada dalam hubungan kalian. Terkadang, kita membutuhkan orang lain sebagai media komunikasi yang sehat untuk dapat menemukan solusi atas permasalahan kita.

Semua orang ingin didengarkan dan dipahami. Jadi, kamu dan pasangan perlu manfaatkan terapi untuk mulai belajar saling mendengarkan dan saling memahami. 

Jika tidak nyaman terapi bersama pasangan, kalian bisa terapi individu, kemudian melanjutkan dengan terapi bersama ketika sudah siap.

Baca Juga :

Menurut Ilmuan, Ini 6 Alasan yang Membuat Pasangan Selingkuh

Masih Ragu? Ini 7 Tanda Hubunganmu dan Pasangan Akan Langgeng Sampai Tua

Ini 5 Cara Romantis untuk Membangunkan Pasangan di Pagi Hari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal Ini Wajib Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Punya Anak 

Tahukah kamu, ada pepatah mengatakan “Tidak pernah ada