Ketika kita pergi ke toko bahan makanan atau ke swalayan, sering kali kita tidak memperhatikan dengan detail kualitas dari sebuah produk. Hal ini terjadi karena mungkin kita terlalu percaya pada kemasan produk yang begitu rapi dan bersih, sehingga kita menganggap produk di dalamnya juga berkualitas baik. 

Padahal, meskipun dibeli di supermarket, bahan makanan tetap harus diperiksa dengan benar sebelum dikonsumsi. Kamu harus memastikan bahan makananmu sehat dan aman dikonsumsi seluruh keluarga.

Berikut adalah beberapa cara memeriksa kualitas suatu bahan makanan. 

  1. Telur: pastikan kuning telur berada di tengah saat dipecahkan 

Saat kamu memecahkan telur, coba perhatikan bagian kuningnya. Jika kuning telur terletak di tengah dan ada lingkaran putih bening di sekitarnya, berarti telur ini masih segar dan baik untuk dikonsumsi. Selain itu, kuning telur juga harus penuh dan banyak. Jika kuning telur datar, terkesan sedikit dan tidak dalam bentuk yang baik, maka jangan dimakan. sendiri harus banyak. Jika datar, jangan dimakan. Jika putih dan kuning telur sudah bercampur saat kamu memecahkannya, maka ini bisa jadi tanda bahwa telur yang kamu beli sudah mau basi.

Cara lain untuk mengetahui kualitas telur adalah memasukkan telur utuh ke dalam air. Jika telur tenggelam, maka telur masih baik dikonsumsi. Kamu bisa memecahkannya lalu memasaknya. Tetapi, jika telur mengambang di dalam air (tidak tenggelam), berarti kemungkinan besar telur sudah tidak segar. 

  1. Alpukat: Periksa kematangan alpukat dari tangkai buahnya 

Memeriksa kematangan alpukat bukanlah hal sulit. Kamu hanya perlu memeriksa tangkai buah alpukat untuk melihat apakah alpukat masih mentah atau sudah matang.

 Jika tangkai buah alpukat mudah dilepaskan dari buahnya saat ditarik, berarti alpukat sudah matang dan siap dimakan. Namun, jika tangkai buahnya sulit dilepaskan, artinya alpukat belum matang. 

  1. Labu: terdengar “kosong” saat diketuk

Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas sebuah labu, hal yang perlu dilakukan hanya mengetuk buah labu itu.  Dengarkan suaranya dengan baik. Jika saat diketuk, buah labu terdengar seperti kosong di dalamnya, berarti kualitas labunya baik dan kamu bisa membelinya. Selain itu, pastikan juga sisi luar buah terlihat padat.

  1. Yoghurt: jangan buang yoghurt yang sudah berlapis-lapis 

Terkadang, tanpa sadar kita membuang produk makanan yang sebenarnya masih bagus untuk dikonsumsi. Misalnya, ketika ada lapisan cairan yang muncul di atas yoghurt — apa yang biasa kamu lakukan? Mungkin kamu akan membuangnya, bukan? Padahal, yoghurt tersebut masih bisa dikonsumsi. Sebenarnya, lapisan air tersebut adalah whey yang memiliki nutrisi dan aman untuk dimakan, jadi kamu cukup mengaduk yoghurt untuk mendapatkan konsistensi yang lebih halus.

  1. Ikan: teksturnya harus kencang

Selalu periksa tekstur ikan segar sebelum kamu membelinya. Caranya, coba tekan tubuh ikan dengan jari kamu. Jika semua sisiknya kencang dan daging kembali ke bentuk semula setelah ditekan, berarti ikan tersebut masih segar dan layak kamu beli. Selain itu, pastikan untuk melihat ke dalam mata ikan. Mata ikan yang masih segar harusnya tidak cekung dan tidak memiliki lapisan putih.

  1. Ayam: pastikan tidak ada cairan di sekitar daging ayam 

Saat memilih ayam, pilihlah potongan yang tidak memiliki banyak cairan di sekitarnya. Jika kamu mengeluarkan ayam beku dari freezer dan ada banyak es di sekitar ayam, seolah-olah ayam itu tergeletak di genangan air beku, maka ayam tidak aman untuk dikonsumsi. Selain itu, pastikan juga kamu menghindari ayam yang warna kulitnya terlalu merah. 

  1. Bawang merah dan bawang bombai: Pastikan tidak ada noda di lapisan kedua bawang 

Untuk memastikan kualitas bawang merah dan bawang bombai, kamu harus mengupas lapisan pertama dan lihat lapisan keduanya. Jika kamu melihat ada noda di lapisan kedua atau warna kulit memudar, artinya ada jamur di bawang itu. 

  1. Lemon: Lebih baik memilih lemon kuning segar

Memastikan kematangan lemon dari luar memang cukup mudah, kamu tinggal memilih lemon yang berwarna kuning segar. Namun, untuk memastikan kematangan dan layak konsumsi, kamu harus membelah lemon dan melihat warna di dalamnya. Jika warna buah lemon kuning segar, berarti lemon sudah bisa dimakan. Jika warna buah di dalamnya sangat pucat, hampir tidak berwarna, artinya kualitas lemon itu kurang baik. 

Baca Juga :

10 Tips Untuk Menjaga Agar Makanan Tetap Segar Lebih Lama

5 Makanan yang Banyak Dihindari oleh Para Ahli Gizi

Ini 5 Makanan Lezat yang Ramah bagi Penderita Diabetes

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,