Mencuci pakaian adalah aktivitas harian yang bisa jadi melelahkan dan menjemukan. Apalagi jika kita harus mencuci pakaian khusus yang tidak bisa disatukan dengan pakaian lain, misanya pakaian berbahan sutra atau pakaian berwarna putih. Oleh karena itu, kamu memerlukan beberapa tips dan trik tentang bagaimana cara mencuci pakaian dengan mudah. Berikut adalah tips dan trik untuk memanfaatkan bahan-bahan di rumah demi pencucian pakaian yang lebih mudah dan aman :

  • Kaitkan bra dan tutup semua ritsleting pakaian kamu saat mencuci

Kamu perlu melindungi bra saat kamu mencucinya, apalagi jika kamu mencuci dengan mesin cuci. Cara melindungi bra adalah dengan mengaitkannya hingga tertutup. Hal ini akan mencegah kait bra menekuk dan mencegah bra supaya tidak melar atau bahkan tersangkut pada pakaian lain.

Nah, untuk celana jeans dan berbagai pakaian lain yang memiliki ritsleting/zipper, kamu harus memastikan semua ritsleting pakaian kamu tertutup rapat saat dicuci. Hal ini akan mencegah mencegah robekan dan juga mencegah kerusakan pakaian.

  • Buka kancing kemeja

Saat mencuci kemeja, cara terbaik adalah membiarkan kancing terbuka, karena jika tidak, kamu bisa merusak kemeja.  Ketika kamu mencuci kemeja dengan kancing tertutup, lama kelamaan lubang kancing kemeja kamu akan rusak dan kancing menjadi longgar.

  • Cuci bra dengan sarung bantal sebagai pengganti laundry bag

Jika kamu tidak memiliki laundry bag untuk mencuci bra dan pakaian halus lainnya, coba gunakan sarung bantal. Ini akan melindungi pakaian kamu dari barang-barang lain selama pencucian. Sarung bantal juga bisa membantu menjaga bentuk bra dan pakaian dalam lainnya. Cukup masukkan bra dan pakaian kecil lainnya ke dalam sarung bantal lalu ikat bagian atas sarung bantal dengan karet rambut agar pakaian tetap aman selama dicuci.

  • Keringkan pakaian menggunakan handuk kering

Cara ini akan sangat menghemat waktu dan energi kamu saat harus mengeringkan pakaian. Sebelum kamu memulai proses pengeringan, masukkan handuk kering ke dalam mesin cuci dan keringkan selama 15 menit saja. Handuk akan menyerap kelembapan pakaian kamu, dan akan menghemat waktu pengeringan.

  • Gunakan bola pengering wol untuk pengeringan yang ramah lingkungan

Produk bola pengering wol adalah pilihan yang ramah lingkungan dan bebas bahan kimia untuk pengering kamu. Saat kamu menempatkannya di dalam pengering bersama pakaian basah, waktu pengeringan akan sangat berkurang.

  • Tambahkan garam agar warna pakaian kamu tidak memudar

Jika kamu menambahkan satu sendok makan garam ke dalam cucian ,kamu akan membantu menyegel warna pakaian yang biasa dicuci dengan mesin. Hal ini dapat bekerja karena kandungan klorida dalam garam yang mampu membantu mengunci pewarna pada kain. Garam adalah bahan ramah lingkungan dan juga murah untuk menjaga agar pakaian kamu tetap terlihat segar dan baru.

  • Cuci topi kamu dengan wadah

Kamu bingung bagaimana cara cepat mencuci topimu yang sudah kumal? Barang yang kamu perlukan adalah wadah makan yang cukup besar. Isi wadah kamu dengan air hangat dan sedikit detergen. Masukkan topi kamu, tutup wadah dengan rapat, lalu kocok selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan topi kamu. Jika topi kamu terlalu kotor, kamu bisa merendam topi kamu dengan air hangat dan detergen semalaman sebelum mengulangi langkah-langkah di atas.

Baca Juga:

https://www.tampilcantik.com/9-aturan-tentang-mencuci-pakaian/

https://www.tampilcantik.com/perlukah-kita-mencuci-pakaian-baru-sebelum-memakainya/

https://www.tampilcantik.com/barang-barang-yang-terlalu-sering-kamu-cuci-vs-barang-yang-harus-sering-dicuci/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Informasi Tentang Handphone Berikut Ini Ternyata Cuma Mitos!

Handphone hampir menjadi makhluk mitologis, karena ada begitu