Ketika cuaca sedang panas terik, yang ada di pikiran kamu pastilah minuman dingin menyegarkan. Entah itu jus buah atau minuman isotonik yang dingin. Tapi apakah minuman menyegarkan saja cukup untuk menyehatkan tubuh? Belum tentu.

Ada banyak minuman ajaib yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh loh. Salah satunya adalah minuman bergizi seperti teh yerba mate sangat bagus untuk membuat kamu energik sepanjang hari. Ada juga kopi sawi putih yang bisa menjadi minuman relaksasi yang menyenangkan. 

Alam dapat menawarkan kepada kita banyak produk yang menyehatkan bahkan mengobati tubuh kita. Berikut adalah daftar minuman ajaib yang paling bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh :

  1. Birch water

Karena rendah gula dan kalori, Brich Water bisa menjadi alternatif yang baik untuk soda. Minuman ini juga dikemas dengan mangan, mineral utama untuk perkembangan tulang. Jadi, Brich Water akan sangat bermanfaat untuk menjaga tulang kamu tetap sehat dan kuat seiring bertambahnya usia.

  1. Pickle juice

Pernahkah kamu mengonsumsi jus acar? Satu studi mengungkapkan bahwa ternyata jus acara bisa mengurangi kram otot loh. Jus acar juga telah terbukti dapat mengatur kadar gula dalam darah kita karena kandungan cukanya yang tinggi.

  1. Cloves in tea

Rempah cengkeh ternyata bisa ditambahkan ke dalam minuman teh untuk menambah nutrisi. Apakah kamu pernah mencobanya? Hanya satu sendok teh cengkeh ternyata mengandung 55% nilai harian (DV) mangan dan 2% nilai harian Vitamin K. Cengkeh juga tinggi antioksidan sehingga dapat membantu melindungi kamu dari kerusakan sel darah merah.

  1. Pu’er tea

Teh Cina yang satu ini dibuat dengan daun yang difermentasi, sehingga membuatnya berbeda dari teh lainnya. Pu’er tea juga memiliki manfaat kesehatan lain, seperti probiotik. Teh ini baik untuk kolesterol dan juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

  1. Kombucha

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman populer yang satu ini. Kombucha adalah jenis teh fermentasi lain yang menggunakan ragi dan gula untuk membantu mengatur metabolisme. Karena difermentasi, ia juga mengandung probiotik, yaitu bakteri ramah yang akan meningkatkan kesehatan kamu. Komponen ini penting untuk sistem kekebalan dan dapat membantu mikroorganisme kamu berkembang.

  1. Chicory coffee

Apakah kamu pernah mendengar tentang kopi sawi putih? Mungkin kamu bahkan belum pernah membayangkannya ya. Tetapi, Chicory coffee sebenarnya dikenal sebagai pengganti kopi karena ia bebas kafein. Kopi ini juga dikemas dengan mineral dan vitamin yang sehat, mengandung mangan dan Vitamin B6, yang dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan fungsi otak. 

Chicory coffee memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi efek penyakit seperti artritis. Penelitian juga menyatakan bahwa Chicory coffee  dapat membantu pencernaan dan mengatur pergerakan usus.

  1. Yerba mate

Teh ini dibuat dari ranting dan cabang tanaman Ilex paraguariensis serta penuh dengan antioksidan dan nutrisi. Yerba mate juga merupakan stimulan yang mengandung 78 miligram kafein per 150 ml, jadi jumlahnya hampir sama dengan kopi. Yerba mate bisa menjadi alternatif yang enak bagi kamu yang tidak suka kopi.

  1. Turmeric tea

Sebagai bagian dari keluarga jahe, bumbu ini memang memiliki banyak manfaat kesehatan yang melekat padanya. Turmeric mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang dapat membantu mengelola osteoartritis, menurut penelitian. Satu studi juga menyatakan bahwa turmeric dapat melindungi hati karena sifat antioksidannya.

Baca Juga:

Minuman Sehat yang Ternyata Bisa Menggantikan Diet Soda Loh

Teh Herbal, Alternatif Minuman Sehat yang Cantik dan Menenangkan

Tidur Suka Mendengkur ? Atasi dengan Minuman Sehat Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Terkesan “Baik” Tapi Sebenarnya 5 Benda Ini Berbahaya, Loh

Ketika sudah terbiasa dengan beberapa produk atau barang