“Cinta adalah jalan dua arah yang terus-menerus dibangun.” Kutipan ini berlaku banyak untuk persahabatan seperti halnya untuk cinta romantis. Sifat, kualitas, dan hubungan pertemanan terus berkembang, dan tanpa dipupuk, persahabatan bisa mati sebelum waktunya. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga persahabatan dalam hidup Anda, terlepas dari status perkawinan Anda:

1. Investasikan Dalam Persahabatan Anda

Prioritas berubah setelah menikah, dan tanggung jawab dapat meningkat. Selama transisi ini, penting juga untuk berkomitmen untuk berinvestasi dalam persahabatan Anda dan mengembangkan pendekatan untuk memelihara mereka. Misalnya, berhubungan melalui panggilan telepon dan teks. Jika Anda tidak bisa keluar dan bertemu, lakukan panggilan video atau luangkan waktu untuk mereka di akhir pekan kapan pun Anda bisa.

Jelaskan kepada mereka bahwa Anda terjebak menyesuaikan diri dengan kehidupan baru Anda, dan mereka akan memahami situasi Anda. Ini juga akan menjauhkan kesalahpahaman. Ini akan membantu Anda lebih menghargai teman-teman Anda dan menyusun rencana yang dapat dikelola untuk memiliki keseimbangan yang sehat dalam hubungan Anda.

2. Tetapkan Harapan Dengan Mitra Anda

Kehilangan kontak dengan teman lama setelah menikah tidak perlu menjadi cerita Anda. Batasan yang jelas dan menetapkan harapan dengan pasangan Anda akan memainkan peran kunci dalam kemampuan Anda untuk menavigasi persahabatan dengan hati-hati. Bantu pasangan Anda memahami pentingnya mereka dalam hidup Anda.

Buat jadwal dengan cara yang Anda punya waktu untuk teman dan keluarga serta pasangan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki rencana makan malam dengan pasangan Anda, Anda dapat bertemu teman-teman Anda saat sarapan. Jika Anda kebetulan bekerja di sekitar, Anda selalu dapat mengejar ketinggalan selama jam makan siang. Ini membantu menciptakan keseimbangan yang tepat untuk bersama dan memberi ruang bagi orang-orang penting lainnya dalam hidup Anda.

3. Jadikan Persahabatan sebagai Prioritas, Bukan Pilihan

Ada skenario tertentu ketika orang yang sudah menikah akhirnya menjauhkan diri dari teman. Namun, pada tanda-tanda awal kesulitan, mereka menjangkau teman yang sama untuk mendapatkan dukungan emosional. Setelah masalah teratasi, mereka mungkin menjauhkan diri lagi.

Berhati-hatilah karena perilaku seperti itu dapat memicu perpecahan di antara dua orang bahkan ketika persahabatan dibangun di atas dasar kepercayaan dan empati yang kuat. Teman meningkatkan kualitas hidup Anda, dan merekalah yang dapat Anda percayai. Jika mereka telah membantu Anda keluar dari situasi sulit, akui dukungan mereka. Latihan ini memberi teman Anda kesempatan untuk terlibat dalam hidup Anda lebih dalam.

4. Jalin Komunikasi yang Sehat Dengan Teman

Hubungan yang konstruktif dan mendalam dibangun di atas dasar komunikasi proaktif. Pendekatan ini juga membantu Anda menetapkan batasan dan harapan dengan teman-teman. Ini sangat penting, karena tidak selalu mungkin untuk mematuhi semua komitmen yang Anda buat dengan teman. Misalnya, jika pengasuh Anda membatalkan pada menit terakhir, Anda mungkin harus keluar dari pertunangan.

Namun, penting untuk berkomunikasi dengan jelas, dan tidak menganggap remeh teman. Anda juga dapat mencari tahu apakah Anda atau pasangan Anda masih bisa menghadiri pertunangan jika Anda berdua adalah bagian darinya. Anda mungkin terkadang juga perlu melewatkan acara penting bersama teman-teman Anda. Memberi tahu mereka sebelumnya akan menyelamatkan semua orang dari kekecewaan nanti.

5. Mulai Rencanakan Waktu Anda Dengan Teman

Menjadi lebih teratur dengan rencana, percakapan, dan pengalaman Anda dengan teman membantu memprioritaskan hubungan yang penting. Pertahankan kalender untuk membantu Anda mengatur hari Anda dengan lebih baik, melacak komitmen, dan merenungkan apakah Anda dapat meluangkan cukup waktu untuk berteman.

Bagian terbaiknya adalah Anda tidak harus selalu bertemu teman secara fisik. Memanfaatkan manfaat teknologi adalah ide bagus. Panggilan telepon biasa dan panggilan video dapat membantu Anda tetap terhubung. Mungkin juga tidak semua teman berada di kota yang sama dengan Anda. Jika Anda pindah kota setelah menikah, panggilan video adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan.

Hanya karena Anda sudah menikah, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati perjalanan tanpa pasangan. Merupakan ide bagus untuk merencanakan perjalanan dengan teman-teman terbaik Anda sesekali. Dorong pasangan Anda untuk melakukannya dengan teman-teman mereka. Ini memberi Anda waktu ikatan yang cukup dengan teman-teman sambil juga mengukir beberapa ruang untuk pasangan Anda, sehingga Anda berdua dapat mengejar aspek lain dalam hidup Anda.

6. Atur Pengingat Untuk Tanggal Penting

Akan lebih sulit untuk muncul di hari ulang tahun, hari jadi, dan acara-acara lain setelah Anda menikah. Tetapi menempatkan pengingat untuk semua tanggal penting di kalender Anda memberi Anda kesempatan untuk mengucapkan selamat kepada teman-teman Anda dan merencanakan sesuatu yang istimewa bila memungkinkan.

Mengejutkan mereka sesekali juga merupakan ide bagus, dan ini membantu mempererat persahabatan lebih jauh. Anda juga dapat memimpin dalam menyarankan kumpul-kumpul, malam permainan papan, dan kegiatan lain untuk mengumpulkan teman-teman dalam kelompok sehingga Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya untuk bertemu semua.

7. Berlatih Perhatian Dalam Persahabatan

berkumpul bersama dapat berkembang menjadi dua orang yang terhubung pada tingkat yang lebih intim. Bahkan jika Anda tidak berbicara setiap hari atau bertemu sebanyak mungkin, Anda tahu apa yang terjadi dalam hidup mereka. Ini bisa berupa promosi baru, hubungan baru, atau bahkan teman yang mengalami masa sulit, seperti menghadapi masa depresi atau mengatasi kehilangan.

Terkadang, hanya memeriksa dengan teks sederhana dapat sangat berarti bagi seorang teman yang mungkin ragu untuk menghubungi Anda karena mereka mungkin percaya Anda terlalu sibuk. Meyakinkan mereka bahwa Anda secara emosional tersedia untuk mereka ketika mereka membutuhkan dukungan memberi mereka kepercayaan diri dalam hubungan dan memberdayakan mereka untuk melepaskan masalah pengabaian.

8. Tetap Berinvestasi Dalam Kebahagiaan Teman Anda

Teman juga membutuhkan Anda untuk merayakan mereka dan kesuksesan mereka dan bermimpi besar atas nama mereka. Mendengarkan mereka dan memahami perasaan mereka dapat membantu Anda tetap selaras dengan apa yang mereka alami, bahkan jika mereka tidak vokal tentang kebutuhan mereka.

Anda juga dapat menghabiskan waktu di halaman media sosial mereka, mengikuti pembaruan mereka dan terlibat dalam posting mereka, terutama aktivitas, pencapaian, dan ekspresi kreatif mereka. Praktik luar biasa lainnya adalah mengundang teman-teman pada hari libur, terutama jika mereka menghabiskannya sendirian, jauh dari keluarga. Ini dapat membuat mereka merasa lebih terhubung dengan Anda daripada sebelumnya.

9. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Mengelola hubungan membutuhkan waktu, energi, dan kesabaran. Menciptakan ruang untuk perawatan diri membantu menjaga tingkat energi Anda terisi kembali dan memungkinkan Anda untuk berfungsi tanpa menguras diri sendiri. Latihan ini juga membantu Anda memproses hubungan Anda dan dinamika yang berkembang secara lebih dalam, tepat waktu, dan muncul dengan cara terbaik bagi orang-orang terdekat Anda.

Perawatan diri melibatkan mengejar hasrat Anda, aktivitas perawatan, kebugaran, dan aktivitas rekreasi yang membantu Anda bersantai. Ini dapat mencakup kegiatan yang melibatkan dan merangsang Anda secara emosional, fisik, spiritual, dan intelektual.

Pernikahan memerlukan serangkaian jadwal, harapan, dan tanggung jawab baru. Mungkin perlu beberapa waktu bagi Anda untuk terbiasa dengan perubahan ini sementara teman Anda mungkin merasa diabaikan. Wajar jika Anda merasa kehilangan teman setelah menikah. Namun, itu tidak perlu menjadi cerita Anda. Anda perlu menjaga saluran komunikasi yang transparan dan meluangkan waktu untuk mereka di tengah perubahan baru ini. Ini juga akan membantu teman Anda mengenali dan memahami gaya hidup baru Anda dan menghargai usaha Anda. Kemudian, mereka dapat menyesuaikan diri dengan Anda, dan seperti di masa lalu yang indah, Anda semua dapat memperkuat ikatan Anda bersama.

Baca Juga :

4 Alasan Wanita Kehilangan Teman Setelah Menikah

Kehilangan Teman Adalah Hal yang Menyakitkan, Sembuhkan Patah Hatimu dengan Ini

Kehilangan Seorang Teman Adalah Hal Yang Menyakitkan. Namun Jika Memang Harus Terjadi, Lakukanlah Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

10 Alasan Sebenarnya Pria Tidak Mudah Mengirim Pesan Text

Pria terkenal buruk dalam berkirim pesan. Tapi apa