Sepanjang hidup kita, sejak kita masih kecil, beranjak remaja, hingga menjadi dewasa, kita terus mengalami perasaan jatuh cinta. Beberapa perasaan jatuh cinta tersebut mungkin berubah menjadi sebuah hubungan asmara dan ada beberapa hubungan asmara yang terpaksa harus berakhir. 

Para psikolog mengungkapkan, bahwa seseorang hanya dapat benar-benar jatuh cinta tiga kali dalam hidupnya. Dan setiap pengalaman jatuh cinta terjadi dengan cara tersendiri. Singkatnya, ada 3 macam kisah cinta yang dapat dialami seseorang di dunia ini. Kira-kira manakah kisah cinta kamu?

  1. Fairytale Love Story

Sering kali, cinta pertama kita terjadi saat kita masih sangat muda. Bagi kita, cinta pertama seperti kisah di dalam dongeng yang selalu kita baca atau kita bayangkan.  Perasaan berdebar-debar, berbunga-bunga ketika bertemu dengan sosok pujaan hati, dan berbagai upaya pernyataan cinta yang menggemaskan.

Ketika sudah menjalin hubungan, kita cenderung melakukan hal-hal yang diharapkan oleh teman atau anggota keluarga kita, menolak untuk memperhatikan masalah kecil dan bersiap untuk mengorbankan prinsip demi hubungan. Orang akan melakukan segala upaya untuk terus berada di dalam fairytale love story

  1. Complicated Love Story

Cinta kedua dalam hidup kita adalah kisah cinta rumit yang menguras energi. Dalam hidup, kita akan menemui kisah cinta yang paling rumit dan membingungkan. Kadang kita terlalu percaya diri bahwa kita telah mempelajari banyak hal dari pengalaman hubungan sebelumnya, kemudian kita berhati-hati untuk memilih pasangan dan berusaha memilih pasangan yang sama sekali berbeda dari mantan kita. (atau setidaknya begitulah yang kita pikirkan).

Namun, kenyataan berkata lain. Dalam hubungan yang rumit ini, kita terus merasa frustrasi karena ternyata kita disakiti, dimanfaatkan, dibohongi, dsb. Pada beberapa kesempatan, kita cenderung berpegang teguh pada prinsip bahwa hubungan dapat dipertahankan dan diperbaiki, tapi semakin lama bertahan, ternyata semakin menyiksa diri sendiri. Ini adalah hubungan rumit penuh drama yang bisa disebut sebagai hubungan toxic.

Kisah cinta yang rumit tidak selalu buruk. Justru cinta seperti itu akan mengajari kita bahwa sebuah hubungan hanya akan bekerja jika ada “timbal balik”, bahwa kita pantas untuk diperlakukan lebih baik, bahwa kita pantas dihargai dan dicintai sebagaimana kita mencintai dan menghargai pasangan. 

  1. Mature Love Story

Cinta ketiga adalah cinta yang dewasa. Cinta ini muncul dalam hidup kita ketika kita sudah menyerah menunggu cinta sejati. Sering kali, cinta seperti ini datang tanpa tanda, tanpa alasan, dan tidak tampak seperti cinta yang selalu kita bayangkan. Meski terkesan tidak sempurna, tapi sebenarnya inilah arti cinta dan hubungan yang sesungguhnya. 

Cinta yang dewasa adalah sesuatu yang tidak mudah untuk diungkapkan dengan kata-kata.  Pada tahap kehidupan ini, kita tidak lagi memiliki harapan apa pun akan cinta. Kita tidak membuang waktu memikirkan bagaimana cara tampil maksimal di depan pasangan, bagaimana mempertahankan pasangan, dsb. Pada tahap ini, kita akhirnya siap menerima pasangan kita apa adanya, begitu pula sebaliknya. Pasangan akan menerima kita apa adanya. 

Kisah cinta yang satu ini akan mengajarkan kita bahwa bahwa suatu hubungan tidak harus sempurna. Cinta sejati akan merengkuh ketidaksempurnaan satu sama lain dan menjadikan hidup jadi lebih berwarna dan berarti. Kamu dan pasangan merasa nyaman satu sama lain, dan bersedia hidup dengan kekurangan dan kelebihan satu sama lain. 

Baca Juga :

Berhentilah Membandingkan Dirimu Dengan Mantan Dari Pacarmu, Kamu Dan Dia Berbeda

Ternyata Selain Kata “I Love You” Begini 8 Cara Menyampaikan Rasa Sayang kepada Pasangan

Inilah Cara Untuk Mengetahui Apakah Kamu Siap Mengatakan “I Love You”

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Perlu Malu, Ini 3 Alasan Mengapa Kamu Boleh Hidup Melajang

Tahukah kamu, pada tahun 1960, terdapat sekitar 10%