Menjadi orang tua bukanlah perkara yang mudah. Setiap hari, ada banyak hal yang harus dipelajari oleh para orang tua untuk dapat mengenal lebih baik buah hati mereka. 

Tentu saja, setiap orang tua akan senang berhubungan dengan anak-anak mereka tanpa ada jembatan yang membatasi. Orang tua pasti ingin menjadi sosok yang dapat diandalkan, sekaligus menjadi akrab layaknya sahabat bagi sang buah hati.

Nah, untuk mendekatkan diri dengan anak kamu sejak dini, cobalah untuk tanyakan beberapa pertanyaan berikut ini, sebelum anak tidur di malam hari :

  1. Apa bagian favoritmu di hari ini?

Mengajukan pertanyaan ini memungkinkan anak-anak kamu untuk menghidupkan kembali ingatan dan perasaan mereka untuk menemukan bagian favorit di hari itu. Hal ini akan meningkatkan perasaan gembira dan memberi mereka kesempatan untuk merenungkan saat-saat bahagia di hari itu, tepat sebelum mereka menutup mata.

  1. Siapa orang paling baik yang kamu kenal, dan mengapa?

Mendorong anak kamu untuk memikirkan kebaikan sebelum tidur, pada akhirnya akan membangun kebiasaan untuk mencari kebaikan pada orang lain. Nah, dengan mencari kebaikan seperti menjawab pertanyaan ini, akan membuat anak kamu menyadari potensinya untuk menjadi orang baik. Doronglah anak-anak kamu untuk memikirkan kebaikan dan memunculkan lebih banyak sisi baik mereka bagi dunia.

  1. Apa bagian terburuk hari ini?

Ada kalanya, orang tua harus menemukan timing yang tepat untuk menanyakan apakah ada hal buruk yang terjadi pada buah hati yang tak diketahui oleh orang tua. Pertanyaan ini akan menciptakan hubungan yang meningkatkan rasa saling percaya antara kamu dan anak-anak kamu. Ini juga akan memungkinkan mereka untuk mengekspresikan perasaan mereka, bahkan mengungkapkan hal-hal yang mungkin tidak ingin mereka bicarakan.

Jangan takut untuk membicarakan hal-hal negatif, seperti pilihan yang buruk, tidak bertanggung jawab, nakal pada teman, tidak hormat, tidak sopan, dll. Karena, itu semua adalah hal nyata yang selalu terjadi dalam hidup. Sebagai orang tua, kamu perlu mendampingi mereka di saat-saat sulit dan mengajarkan mereka tentang bagaimana menghadapi hari yang buruk. 

  1. Apakah kamu memiliki pertanyaan tentang hari ini?

Pada usia dini, anak-anak secara alami selalu memiliki banyak pertanyaan. Dan mendorong mereka untuk berbagi pertanyaan tentang bagian tertentu dari hari itu, akan membantu kamu membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka. Selain itu, ini juga dapat meningkatkan rasa saling percaya. Dan mempraktikkan kebiasaan ini, kamu akan menciptakan “ruang aman” dalam hubunganmu dengan anak, sehingga mereka akan mendatangi “ruang aman” tersebut setiap kali memiliki pertanyaan, tentang apa pun itu.

  1. Adakah hal yang membuatmu marah atau tidak nyaman hari ini?

Tanpa kamu ketahui, anak kamu mungkin sedang berjuang menghadapi perasaan negatif, seperti marah atau tidak nyaman akan sesuatu. Tanpa menanyakan secara langsung dengan santai dan lembut, kamu tidak akan tahu apa yang terjadi padanya. Untuk itu, cobalah minta mereka untuk terbuka tentang hal-hal yang membuat mereka marah, sehingga mereka juga dapat belajar bagaimana mengekspresikan emosi sejak usia dini.

  1. Apa hal terbaik yang kamu lakukan untuk seseorang hari ini?

Bahkan jika anak kamu tidak melakukan sesuatu yang baik untuk siapa pun pada hari itu, jika kamu terus mengajukan pertanyaan ini sebelum mereka tidur, maka mereka akan termotivasi untuk melakukan sesuatu yang baik kepada seseorang di masa depan. 

Baca Juga :

Tidur Pakai Kaos Kaki Memang Terkesan Seperti Anak Kecil, Tapi Ternyata Manfaatnya Banyak Banget

Hati-hati, Kurang Olahraga dan Tidur Menyebabkan Darah Tinggi Pada Anak Muda

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anak Bermimpi Buruk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Terkesan “Baik” Tapi Sebenarnya 5 Benda Ini Berbahaya, Loh

Ketika sudah terbiasa dengan beberapa produk atau barang