Stress kerap kali dirasakan oleh banyak orang. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang stress, mulai dari pekerjaan, sekolah, dan hal lainnya. Jika sudah stress, maka seseorang bisa berubah menjadi lebih sensitif dan pemarah.

Banyak cara yang dilakukan untuk meredakan stress. Masing-masing orang memiliki caranya masing-masing. Ada yang memilih untuk berbelanja, berlibur, ke salon, melakukan hobi, dan lainnya. Meredakan stress memang perlu, namun ternyata mengeluarkan dana lebih ya.

Sebenarnya ada beberapa aktivitas seru yang mampu meredakan stress dan dapat dilakukan di rumah tanpa perlu mengeluarkan dana, diantaranya 

  1. Bermain Game

Bermain game dapat menjadi salah satu cara untuk meredakan stress. Ajaklah orang lain untuk ikut serta. Selain membantu meredakan, stress Anda juga akan mengobrol dan lebih dekat dengan partner game Anda. Anda juga akan belajar mengatur strategi dalam bermain game. Lakukan game ringan, seperti catur, monopoli, dan lainnya.

  1. Tertawa

Tertawa hal yang paling mudah untuk dilakukan. Tertawa dapat menjadi pereda stress yang hebat. Tertawa dapat melepaskan hormon endorphin yang membantu perasaan tetap diliputi rasa positif. Untuk memancing tawa, Anda bisa menonton film komedi atau melihat meme meme kocak yang banyak di internet. Jangan malu untuk tertawa. Penelitian menemukan bahwa tertawa yang baik bahkan dapat membantu memperbaiki gejala depresi dan kecemasan

  1. Berkebun

Bercocok tanam dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk terhubung kembali dengan alam, mempercantik hunian Anda dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Dengan berkebun, Anda akan mendapatkan sinar matahari lebih banyak dan mendapatkan aktivitas fisik lebih banyak. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan kontak dengan alam setiap hari dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan

  1. Membuat Karya Seni

Yuk coba munculkan kembali sisi artistik Anda dengan mencoret-coret hingga membuat sketsa untuk menghilangkan stress. Seni dapat membantu Anda mengekspresikan dan memproses emosi serta memberikan Anda sesuatu untuk dinikmati setelah karya seni ini selesai dibuat. Satu studi menemukan bahwa peserta yang terlibat dalam pembuatan seni visual mengalami lebih banyak relaksasi, serta penurunan kadar hormon stres kortisol.

Anda dapat mencoba membeli buku mewarnai atau mencoba bereksperimen dengan berbagai media seperti melukis di atas kanvas atau menggunakan tanah liat untuk membuat gerabah.

  1. Mendengarkan Musik

Musik juga dapat menjadi sarana penghilang stress yang baik. Tak jarang rumah sakit juga memutarkan musik lambat untuk membantu kesembuhan pasien. Sebagai pereda stres, mendengarkan musik dapat menjadi selingan yang memberi inspirasi. Mendengarkan musik dapat membantu memulihkan energi Anda setelah melewati hari yang panjang. 

  1. Berolahraga

Menikmati olahraga (apa saja mulai dari karate, bersepeda gunung, hingga tenis) bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berolahraga dan menghilangkan stress. Olahraga mampu menghasilkan endorphin yang mampu memberikan perasaan bahagia.

Olahraga apa pun dapat Anda lakukan. Tidak harus olahraga berat,  selama Anda senang melakukannya, Anda akan menerima semua manfaatnya. Jadi apa olahraga favorit Anda?

Baca Juga :

Stress Karena Payudara Kamu Kecil? No Worries.. Ini Dia Makanan Untuk Memperbesar Payudara Secara Alami

Lagi Mumet Dan Stress Berat? Mending Nge-teh Dulu, Tapi Mesti Teh Lavender Yaa

REVIEW: Freeman Dead Sea Minerals Anti-Stress Mask

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Bersih-Bersih Pakai Cuka Sari Apel? Why Not?

Cuka sari apel dapat digunakan dalam masakan, saus