Hadirnya berbagai fitur pada handphone, terutama smartphone yang saat ini sudah dimiliki oleh sebagian masyarakat Indonesia, membuat orang-orang banyak mengandalkan handphone untuk segala kebutuhan. Mulai dari mencari resep makanan, melihat jam, mengerjakan pekerjaan kantor atau tugas sekolah, menonton film dan video, menulis catatan, hingga mengatur alarm untuk membangunkan kita di pagi hari.

Orang-orang menjadi tak terpisahkan dari handphone. Seakan-akan hidup ini bisa berhenti jika tidak membawa smartphone. Bahkan ketika sedang di kamar mandi atau hendak tidur, orang masih melihat handphonenya. Entah itu untuk membaca berita, mendengarkan musik atau menonton video.

Hampir semua orang bahkan mengaktifkan fitur alarm di handphone untuk membangunkan mereka di pagi hari atau sebagai pengingat tertentu saat ada acara besar yang hendak dihadiri. Tapi tahukan kamu? Ternyata ada banyak alasan yang akan membuktikan bahwa kita tidak boleh memakai alarm di handphone. Kira-kira kenapa ya? Simak alasannya berikut ini :

  • Handphone  bisa membahayakan tidur kamu
5 Bahaya Meletakkan HP Dekat Kepala Saat Tidur - Hot Liputan6.com

Handphone bisa jadi berbahaya karena karena orang-orang tidak akan tahan untuk tidak membuka media sosial, situs berita, atau mungkin aplikasi streaming sebelum tidur. Orang yang seharusnya segera tidur, tapi malah membuang waktu untuk memainkan handphone-nya. Bahkan ada yang masih menyelesaikan tugas di HP  sebelum tidur.

Tentu saja kebiasaan ini tidak hanya akan mempersingkat waktu tidur kamu, tetapi lampu biru pada ponsel dapat memengaruhi kualitas penundaan kamu dan menyebabkan gangguan kesehatan.

  • Handphone bisa mengganggu rutinitas di pagi hari

Coba kamu perhatikan. Apa yang kamu lakukan segera setelah kamu bangun tidur? Apakah kamu minum air putih? Apakah kamu melakukan stretching? Atau kamu segera meraba area tempat tidur untuk mencari handphone? Begitu kamu menemukan handphone, kamu akan secara otomatis mulai memeriksa email, pesan, sosial media, berita, dan hal lain di handphone kamu

Tentu saja kebiasaan memeriksa HP ini membutuhkan lebih banyak waktu daripada yang kamu rencanakan. Tidak terasa, tiba-tiba sudah tiga puluh menit berlalu, atau sudah sejam berlalu. Rasanya memang masih seperti sepuluh atau lima belas menit, tapi ternyata waktu sudah banyak terbuang.

  • Alarm di handphone mungkin saja sulit untuk didengar

Percaya tidak percaya, suara alarm di handphone lebih kecil daripada suara alarm manual. Apalagi jika kamu mengatur musik-musik yang lembut untuk alarm pagi hari. Bisa jadi kamu tidak akan mendengar alarm, atau musik dari handphone tidak cukup kuat untuk membuat kamu beranjak dari tempat tidur. 

Selain itu, telinga kamu sudah terbiasa dengan suara yang dihasilkan handphone kamu sepanjang hari, jadi mungkin tidak efektif untuk menjadikan suara di handphone sebagai alarm untuk membangunkan kamu dari tidur lelap.  

  • Baterainya handphone bisa mati

Alarm di handphone tidak akan berfungsi saat baterainya habis. Mungkin ada kalanya kamu lupa untuk mengisi daya ponsel kamu, atau baterai handphone kamu bermasalah, sehingga tiba-tiba handphone kamu mati saat kamu tidur lelap. Tentu hal ini akan menghambat kamu dari janji penting atau acara penting di pagi hari.  

Bagaimana? Apakah kamu akan kembali menggunakan alarm manual? Atau kamu akan tetap menggunakan handphone?

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/6-alarm-cahaya-cantik-yang-anti-kaget-dan-anti-panik-untuk-bangun-pagi/

https://www.tampilcantik.com/gawat-hobi-menunda-alarm-ternyata-punya-dampak-buruk-bagi-kesehatanmu/

https://www.tampilcantik.com/6-penemuan-hebat-yang-dapat-memberikan-kenyamanan-dan-kemudahan-dalam-kehidupan-kita/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Tips & Trik Mencuci Pakaian dengan Mudah

Mencuci pakaian adalah aktivitas harian yang bisa jadi