Kebanyakan wanita India memelihara rambut panjang yang sering dikepang saat beraktivitas sehari-hari. Tetapi tahukah kamu, ternyata banyak dari mereka yang mengepang rambut setiap malam sebelum tidur.  

Budaya India meyakini bahwa rambut yang dibiarkan tergerai saat malam hari dapat membuat wanita berisiko terpapar energi negatif selama istirahat. Untuk itu, mereka biasa mengepang rambut saat akan beristirahat pada malam hari.

Tak hanya dilakukan atas dasar kepercayaan saja, ternyata mengepang rambut pada malam hari juga membawa berbagai manfaat untuk rambut. Apa saja manfaatnya? Simak daftar berikut :

  1. Mencegah Ujung Rambut Bercabang

Rambut bercabang terjadi ketika kamu menggunakan produk kimia yang keras atau terlalu sering mengeringkan rambut dengan alat pengering setelah keramas. Selain itu, cara kamu tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kekuatan rambut, sehingga membuat rambut jadi bercabang. 

Salah satu solusi untuk mengatasi rambut bercabang adalah memotong beberapa sentimeter bagian ujung rambut. Tetapi, jika kamu hanya memotong rambut saja tanpa mengubah kebiasaan buruk yang menyebabkan rambut bercabang, maka masalahnya tidak akan selesai. 

Nah, salah satu upaya untuk mencegah rambut bercabang adalah mengepang rambut sebelum tidur. Dengan cara ini, kamu dapat meminimalkan gesekan rambut dengan bantal, sehingga terhindar dari risiko ujung rambut bercabang. 

  1. Rambut Akan Terlihat Lebih Berkilau

Rambut membutuhkan kelembaban untuk mendapatkan penampilan terbaiknya. Inilah alasan mengapa banyak sekali produk pelembab rambut yang dijual di pasaran. 

Ketika kamu mengepang rambut sebelum tidur, kamu dapat mempertahankan kelembaban rambut dan memberikan hidrasi sepanjang malam. Dengan cara ini, kelembaban rambut akan terkunci dan rambut kamu akan terlihat lebih berkilau. 

  1. Dapat Mengurai Rambut Dengan Mudah Di Pagi Hari

Saat kamu mengepang rambut secara teratur sebelum tidur, kamu akan terhindar dari rambut kusut di pagi hari. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan, karena kamu akan menghemat waktu untuk menyisir rambut pada pagi hari. 

Tidak hanya hemat waktu, dengan cara ini kamu juga dapat meminimalkan risiko rambut rontok akibat mengurai rambut kusut.

  1. Rambut Anti Kusut

Coba kamu perhatikan, apa yang terjadi pada rambut kamu di pagi hari ketika malam sebelum tidur kamu menggerainya? Tentu kamu akan bangun pagi dengan kondisi rambut kusut, bukan?

Nah, dengan cara mengepang rambut di malam hari sebelum tidur, kamu akan terhindar dari masalah rambut kusut. Tidak perlu perawatan rambut mahal untuk mengatasi rambut kusut, hal yang kamu perlukan hanyalah mengepangnya setiap malam sebelum tidur. Mudah, bukan? 

  1. Rambut Akan Tumbuh Lebih Cepat

Helai rambut yang rusak tidak hanya terlihat buruk tetapi juga dapat memengaruhi pertumbuhan rambut kamu. Jika memiliki rambut panjang, kamu harus memberikan perhatian dan perawatan ekstra, salah satunya dengan mengepang rambut sebelum tidur. 

Cara ini akan menghilangkan rambut kusut, meminimalkan penggunaan alat penata rambut yang panas, meminimalkan penggunaan produk perawatan rambut yang berbahan kimia, serta membuat rambut jadi lebih kuat dan cepat tumbuh. 

Itulah beberapa manfaat mengepang rambut di malam hari sebelum tidur. Apakah kamu juga ingin mencobanya seperti para wanita di India? 

Baca Juga :

Rambut Tipis ? Coba Tren Baru dengan Kepang Rambut Sanggul yang Mudah dan Sederhana

Wanita Mana Sih Yang Gak Suka Dengan Gaya Rambut Kepang? Ternyata Ada Alasannya Loh

Wajib Ditiru! 5 Gaya Kepang Untuk Rambut Pendek Yang Super Duper Cantik

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan terawat,