Banyak orang merasa lapar sebelum tidur, atau sekadar mengidam camilan sebelum tidur. Sebenarnya makan sebelum tidur tidak dapat dikatakan buruk 100% atau baik 100%. Itu semua tergantung dengan tingkat aktivitas kamu dalam sehari dan bagaimana asupan nutrisi kamu dalam sehari. 

Jika kamu belum makan seharian, maka wajar jika merasa lapar sebelum tidur. Tetapi, jika kamu sudah makan dengan cukup selama seharian, namun masih lapar saat malam sebelum tidur, maka tanyakan tiga hal ini kepada dirimu sendiri sebelum kamu makan sesuatu. 

  1. Apa Yang Kamu Makan Saat Sarapan Tadi Pagi?

Tanyakan pada dirimu sendiri, apa saja yang kamu makan saat sarapan pagi hari. Meskipun banyak orang sering mengabaikan sarapan, sebenarnya sarapan adalah waktu makan penting yang dapat mempengaruhi pola makan kamu sepanjang hari. 

Sarapan juga dapat membantu kinerja pencernaan kamu agar berjalan lebih awal di pagi hari, sehingga mampu mempengaruhi tingkat rasa lapar selama berjam-jam yang akan datang. 

Walaupun kamu tidak biasa sarapan, coba mulai ciptakan kebiasaan baru dengan makan sesuatu saat pagi hari. Kamu tidak harus sarapan dalam jumlah besar. Memakan camilan sehat seperti potongan buah atau sedikit sereal sudah cukup untuk sarapan. Kamu tidak perlu menyiapkan menu makan berat seperti nasi, telur, atau roti panggang. 

Apabila membiasakan diri untuk sarapan masih tidak dapat mengatasi masalahmu yang merasa kelaparan setiap malam hari, maka kamu boleh mencari solusi lainnya. 

  1. Apa Saja Yang Kamu Makan Sepanjang Hari?

Setelah sarapan, makanan dan minuman apa saja yang masuk ke dalam tubuhmu dalam sehari? Coba ingat kembali apa saja yang kamu makan dan kamu minum. Karena, bisa jadi alasan kamu lapar pada malam hari sebelum tidur adalah tubuh kamu membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi. Ini bisa terjadi ketika kamu menjalani aktivitas berat sepanjang hari, tetapi kurang nutrisi alias kurang makan.

Sama seperti baterai handphone yang akan habis saat digunakan terus-menerus, tubuh kamu juga membutuhkan bahan bakar untuk dapat menjalankan fungsinya dan beraktivitas.  Jangan sampai kamu melewatkan makan siang saat tubuh harus beraktivitas berat. Bahkan, aktivitas ringan pun tetap membutuhkan bahan bakar, yaitu makanan bergizi.

Seperti yang dipercayai banyak orang, sebaiknya kamu makan tiga kali dalam sehari. Setiap makan, kamu harus memastikan bahwa menu makan kamu mengandung karbohidrat (termasuk serat), protein, dan lemak. Ketiga nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk dapat bekerja dengan baik.

Jika kamu memang sedang dalam program penurunan berat badan, mungkin kamu dapat mengurangi jumlah asupannya. Namun, sebaiknya kamu tidak melewatkan makan.

  1. Apakah Kamu Benar-Benar Lapar? Atau Kamu Hanya Mengidam Sesuatu?  

Sebelum makan pada malam hari, pastikan dulu apakah kamu benar-benar lapar dan butuh makan, atau kamu hanya mengidam sesuatu seperti camilan, misalnya. 

Jika kamu menyadari bahwa kamu tidak lapar melainkan mengidam sesuatu, maka makanan berat tidak akan membantu. Bisa jadi, kamu hanya mengidam cokelat atau mengidam buah tertentu. Saat hal ini terjadi, maka penuhilah hasrat kamu untuk makan makanan tertentu. Sebab, jika tidak dituruti, kamu justru akan makan makanan berat yang berlebihan. 

Namun, apabila kamu benar-benar lapar karena sepanjang hari bekerja keras tanpa asupan nutrisi yang cukup, maka kamu boleh membuat makanan untuk mengenyangkan perut. Entah itu membuat sandwich, memakan roti tawar dan selai kacang, membuat sup ayam, atau sekedar menikmati sereal dan susu. 

Setelah makan, usahakan kamu tetap terjaga setidaknya satu jam agar tubuh dapat memproses makanan yang kamu konsumsi. 

Itulah beberapa hal yang dapat kamu tanyakan pada diri sendiri sebelum menuruti hasratmu untuk makan pada malam hari. Jika kamu masih merasa janggal terhadap gejala food craving yang dirasakan setiap malam, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Baca Juga :

Tahukah kamu? Kelaparan Bisa Berbahaya Untuk Kesehatan

5 Trik Efektif Melawan Rasa Lapar Akibat Kecemasan dan Stres

8 Olahraga Sederhana yang Akan Menghilangkan Rasa Lapar dalam 5 Menit

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi