Salah satu masalah terbesar ketika kamu usai olahraga adalah timbulnya rasa lapar.  Tentu saja jika kamu makan berlebihan setelah olahraga, kamu akan kehilangan manfaat dari olahraga yang sudah kamu lakukan susah payah. Meskipun demikian, ada banyak olahraga yang dapat membantu kamu melawan rasa lapar, loh. Olahraga ini selain sehat juga akan membuat kamu kenyang. Berikut daftar olahraga yang mampu menghilangkan rasa lapar hanya dalam 5 menit saja :

  • Breath of frog

Latihan senam China ini disebut dapat membantu melawan rasa lapar, bahkan jika kamu belum makan sepanjang hari. Siapkan penyangga, seperti meja atau kursi kecil. Condongkan siku kamu ke penyangga, atau bersandarlah ke dinding. Tarik napas dalam-dalam dan pada saat yang sama tarik perut sejauh yang kamu bisa. Tahan napas kamu selama 3 – 4 detik. Buang napas dan coba buat otot perut kamu rileks. Ulangi sebanyak 10 kali. Lakukan latihan ini sebelum makan untuk membantu menghilangkan rasa lapar.

  • Frog swaying on the wave

Ini adalah latihan yang mengharuskan kamu berbaring telentang. Jadi, mulailah dari berbaring terlentang, lalu angkat sedikit kaki kamu, jaga agar tetap sejajar. Tekan satu tangan ke dada dan tangan lainnya ke perut. Rentangkan dada kamu dengan bernapas. Lakukan latihan ini sebelum makan dan ini dapat membantu kamu menjadi cepat kenyang meskipun makan dengan porsi kecil.

  • Lotus
Yoga sebagai olahraga Yoga sebagai latihan Posisi Lotus Peregangan, Yoga,  ungu, kebugaran fisik, lengan png | PNGWing

Sebagai kelanjutan dari senam Tiongkok yang telah disebutkan di atas, terdapat juga gerakan yang dapat membantu kamu mengontrol pernapasan dan pemikiran kamu. Caranya mudah. Lipat kaki kamu sehingga lutut kamu menonjol, seperti kelopak bunga teratai/lotus. Jaga agar punggung tetap lurus, tahan posisi selama 5 menit dan fokuslah pada pernapasan kamu.

  • Downward facing dog

Menurut penelitian, berlatih yoga dapat membantu kamu melawan keinginan untuk makan berlebihan hingga 51%. Beberapa pose sederhana, seperti downward facing dog, dapat membantu kamu merasa kenyang sepanjang hari. Dalam latihan ini, kamu hanya perlu merangkak dan secara bertahap melipat tubuh kamu menjadi bentuk V.

  • Cobra

Pertama-tama, posisikan diri kamu dalam pose downward facing dog. Selanjutnya, transisi ke posisi berbaring tengkurap dan secara bertahap angkat kepala kamu, jaga agar leher kamu tetap lurus, meniru ular. Tahan pose ini selama 15 hingga 30 detik sebelum kembali ke  posisi downward facing dog.

  • Tree

Kamu bahkan dapat membantu melawan lapar hanya dengan berdiri saja loh. Berdirilah tegak dengan tangan di sisi kamu. Angkat satu kaki dan letakkan di paha bagian dalam. Letakkan tangan kamu dalam posisi berdoa dan tahan posisi. Setelah beberapa saat, kamu bisa berganti kaki dan lakukan pose yang sama sambil mengatur nafas.

  • Lompat Tali

Beberapa latihan sederhana, yang bahkan dapat dilakukan oleh adik kamu, dapat membantu melawan rasa lapar. Menurut sebuah studi tahun 2013, orang yang berolahraga dengan lompat tali memiliki lebih sedikit nafsu makan daripada orang yang bersepeda. Tekanan tambahan pada otot dan tulang diyakini dapat membantu melawan rasa lapar.

  • Angkat Beban

Mirip dengan lompat tali, olahraga apa pun yang memberi tekanan pada otot dan tulang kamu dapat membantu mengurangi rasa lapar. Nah, jadi angkat beban atau kickboxing juga dapat membantu kamu melawan rasa lapar.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/8-olahraga-berdiri-yang-efektif-untuk-membentuk-tubuh/

https://www.tampilcantik.com/5-olahraga-di-rumah-untuk-membakar-lemak-bagian-paha/

https://www.tampilcantik.com/3-olahraga-yang-akan-menyelamatkan-kamu-dari-sakit-punggung-yang-menyiksa/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kalimat Dukungan yang Ternyata Toxic dan Berbahaya

Di dalam hidup ini, ada suatu momen di