Berbagai peristiwa yang kita alami dalam kehidupan, baik itu di keluarga, dalam pekerjaan, dalam hubungan pertemanan atau mungkin hubungan asmara, dapat membuat kita merasa stres dan cemas. Nah, saat seseorang sedang stres dan mengalami kecemasan, umumnya orang akan beralih ke makanan atau minuman untuk membangkitkan mood dan berlindung dari rasa cemas, sehingga mendapatkan sedikit ketenangan dan merasa lebih baik.

Memang benar makanan dan minuman dapat membuat kita merasa lebih baik, tetapi makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sedang stres dan cemas hanya akan menambah kalori yang tidak perlu. Apalagi saat kamu sedang menjalankan program diet, wah, hal ini bisa jadi bencana untuk kamu. Berikut ini adalah beberapa trik yang efektif untuk melawan rasa lapar yang menghadang saat kamu sedang stres :

  • Kunyah permen karet

Permen karet adalah camilan yang sangat efektif untuk mengurangi stres. Saat kamu mulai merasa gelisah atau kesal, kamu bisa mengunyah permen karet (usahakan cari permen karet tanpa gula) untuk membantu kamu tetap tenang dan fokus. Selain itu, menurut penelitian, mengunyah permen karet bebas gula dapat mengurangi asupan kalori harian kamu, sekaligus meningkatkan jumlah energi yang kita bakar setiap hari.

  • Minum teh

Setiap kali kamu merasa cemas dan ingin minum sesuatu yang dingin dan manis, pilihlah untuk membuat teh. Dengan meminum teh, kamu akan lebih rileks, dan akan mampu menghidrasi tubuh serta menghilangkan racun. Selain teh, kamu juga bisa mencoba infused water dari daun lemon dan kemangi, yang memiliki efek anti stres, atau buatlah dari teh merah, yang merupakan antioksidan dan membantu mengendalikan nafsu makan kamu.

  • Hindari minuman stimulan

Tahukah kamu? Kopi, dan semua jenis minuman yang mengandung kafein, diketahui menjadi musuh dari segala hal yang berhubungan dengan ketenangan dan relaksasi. Kafein dapat meningkatkan jumlah adrenalin yang ada di tubuh kamu dan akan meningkatkan gejala stres dan kecemasan. Jadi, daripada kamu sarapan pagi dengan kopi atau minum soda saat makan siang, lebih baik kamu memilih secangkir teh atau segelas limun untuk menenangkan pikiran.

  • Konsumsi makanan pedas, tapi tidak setiap hari

Beberapa penelitian menyatakan bahwa menambahkan cabai ke dalam makanan kamu dapat mengurangi nafsu makan. Capsaicin atau zat yang membuat cabai menjadi panas, dapat membuat tubuh terasa kenyang dan membakar lebih banyak kalori dibanding makanan lain. Ini karena tubuh kamu menggunakan lebih banyak energi untuk memproses panas dari cabai.

Jadi, jika kamu merasa cemas, kamu bisa mencoba trik ini untuk memuaskan nafsu makan. Namun berhati-hatilah untuk tidak menggunakannya setiap hari, karena jika tidak, tubuh kamu akan terbiasa dengan cabai dan tidak akan menghasilkan efek yang sama.

  • Hindari warna merah dan kuning dalam makanan

Tahukah kamu bahwa warna memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap nafsu makan? Saat kita melihat makanan atau pembungkus yang memiliki warna merah atau kuning, otak kita memicu rangkaian mekanisme yang membuat kita merasa lapar. Itulah mengapa kamu disarankan untuk menghindari makanan dengan warna-warna merah dan kuning di dapur kamu jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/kecemasan-emosional-dan-keuangan-yang-ekstrem-akibat-wabah-covid-19/

https://www.tampilcantik.com/5-hal-yang-bisa-kamu-lakukan-untuk-menanggulangi-kecemasan-akibat-pandemik-virus-korona/

https://www.tampilcantik.com/kamu-mengalami-gangguan-kecemasan-di-pagi-hari-berikut-penyebab-dan-penanggulangannya-menurut-pakar-kesehatan-mental/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun