Di Indonesia, bra adalah pakaian dalam wajib yang harus dikenakan oleh wanita. Bahkan, sebagian masyarakat masih menganggap wanita yang tidak memakai bra itu kurang sopan atau tidak lazim. Ada pula anggapan yang menyatakan bahwa tidak memakai bra bisa membuat payudara kendur.

Meskipun demikian, di mancanegara, wanita yang tidak memakai bra sudah dianggap biasa. Bahkan, banyak wanita yang memutuskan untuk tidak memakai bra sama sekali demi kenyamanan dan kesehatan.

Pertanyaannya, pilihan manakah yang terbaik untuk wanita? Haruskah wanita memakai bra setiap saat? Atau, haruskah wanita benar-benar membebaskan diri dari bra?

Tidak Pakai Bra Membuat Payudara Kendur, Benarkah?

Sejauh ini, belum ada bukti bahwa payudara yang kendur disebabkan karena wanita tidak memakai bra. Faktor biologis dan genetiklah yang dapat meningkatkan atau menurunkan risiko payudara kendur. Jadi, bukan masalah kamu memakai bra atau tidak.

Walaupun begitu, sebaiknya kamu tetap memakai bra saat berolahraga karena jika tidak, kamu akan berisiko mengalami kerusakan ligamen pada payudara kamu. Saat kamu tidak memakai bra selama berolahraga, maka punggung, otot leher, dan otot utama di punggungmu harus bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan berat badan kamu.

Lebih Dari 80 Persen Wanita Memakai Jenis Dan Ukuran Bra Yang Salah, Mengapa?

Variasi jenis bra adalah hal baik yang perlu dilakukan. Dengan mencoba berbagai jenis bra, kamu akan tahu bra seperti apa yang kamu butuhkan untuk situasi atau aktivitas tertentu. 

Haruskah Wanita Memakai Bra Saat Hanya Bersantai Di Rumah? 

Untuk diketahui, payudara bisa berbobot lebih dari satu kilo jika kamu bertubuh gemuk atau jika ukuran bra kamu masuk kategori cup D atau lebih. Padahal, tekanan di seluruh tubuh sangat besar, terutama tekanan pada punggung. Ingat, payudara terdiri dari jaringan lemak dan berbagai kelenjar. Payudara kamu hanya ditopang oleh kulit dan ligamen. Sehingga, ketika punggung terasa nyeri setiap kali kamu melepas bra, maka pakailah bra meskipun hanya di dalam rumah. 

Apabila kamu tetap tidak nyaman menggunakan bra, besar kemungkinan masalahnya adalah pada jenis dan ukuran bra. Mungkin, bentuk payudara kamu tidak cocok dengan bentuk bra yang kamu beli. 

Jadi, Sebenarnya Harus Pakai Bra Atau Tidak?

Pilihan untuk memakai bra atau tidak sebenarnya adalah preferensi pribadi. Jika kamu merasa baik-baik saja dan nyaman tanpa bra, maka kamu tidak perlu memakai bra. Jika kamu merasa tidak nyaman bahkan nyeri punggung saat memakai bra, maka kamu perlu mencari bra yang cocok dengan bentuk payudaramu dan mengenakannya.

Seberapa Sering Kita Harus Mencuci Bra Dan Membeli Bra Yang Baru?

Pakaian dalam sebaiknya dicuci setelah sekali pakai. Apalagi jika tinggal di daerah tropis yang cenderung panas. Hal ini bisa membuat tubuh cepat berkeringat dan pakaian dalam jadi lembab. Untuk itu, pakaian dalam termasuk bra harus dicuci setelah dipakai. 

Nah, untuk jangka waktu simpan dan penggunaan, bra sebaiknya diganti setiap enam bulan sekali. Jika kamu memakai satu bra setiap hari, jangka waktu penggunaan bra bisa jadi lebih singkat, yaitu hanya sekitar tiga sampai empat bulan saja. Namun, jika kamu menggunakan bra secara bergantian, jangka waktu penggunaannya bisa lebih panjang. 

Baca Juga :

Jarang Diketahui, Ini 8 Trik Memakai Bra Agar Nyaman Sepanjang Hari

7 Rekomendasi Strapless Bra Terbaik buat Kamu

Ternyata Ini 6 Kesalahan Pemakaian CD dan Bra

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Tips Berpakaian Agar Tidak Merusak Penampilan

Tahukah kamu, penampilan dapat mempengaruhi bagaimana cara kita