Alergi makanan yang diawali pada usia dewasa adalah sebuah hal yang nyata. Diestimasikan, sekitar 15 persen orang dewasa yang menderita alergi tidak didiagnosa sampai usia 18 tahun. Tentu saja ini adalah hal yang tidak menyenangkan karena kamu harus pilih-pilih makanan. Apalagi jika selama ini kamu makan segala hal, setelah kamu tahu bahwa kamu alergi terhadap bahan makanan tertentu, kamu jadi harus menghindari makanan yang dulunya kamu sukai. Yang jadi masalah adalah ketika kamu harus makan dengan orang lain, seperti di acara traktiran ulang tahun, syukuran, atau kencan.

Apa yang harus kamu lakukan agar membuat orang lain paham bahwa kamu punya alergi makanan tanpa menyinggung mereka?

Jujurlah

Tidak ada yang lebih membuat panik atau kecewa daripada mendengar bahwa tamu, atau teman kencan, memiliki alergi makanan ketika sudah berada di restoran. Karena itu, untuk mengurangi stress, sebaiknya kamu memberitahukan dulu alergi makanan ini agar tuan rumah bisa mempersiapkannya. Kamu mungkin merasa tak nyaman atau sungkan melakukannya. Namun, ini akan membuat orang-orang jadi lebih kalem dan siap. Karena ketika kamu sendiri yang mengadakan pesta pun, kamu pasti ingin makananmu dinikmati. Jika ada yang tidak makan, kamu pasti merasa tidak enak.

Bawa kudapan cadangan

Kadang, kamu tidak bisa melakukan apa pun meskipun sudah bilang punya alergi makanan, terutama jika makanannya dimasak secara massal pada sebuah pesta yang agak besar. Kamu bisa masih tetap menikmati pest ajika kamu membawa kudapan cadangan. Cemilan ini tidak harus sesuatu yang susah atau mewah, namun daripada kamu bingung harus makan apa karena tak tahu apa yang akan disuguhkan nantinya, punya cemilan cadangan sendiri bisa mengurangi stress dan rasa laparmu.

Apalagi jika kamu harus datang di acara besar dan penting seperti konferensi atau pernikahan, maka selalu bawa kantung snack darurat agar bisa kamuc emil selama acara. Dengan ini, kamu bisa fokus bersenang-senang. Pilihlah camilan yang kamu tidak alergi namun juga mengandung protein atau kalori yang cukup. Pastikan juga bahwa ini mudah dibawa ke mana-mana dan mudah dikonsumsi.

Jangan merasa bersalah

Kamu mungkin akan merasa tidak enak dengan roang lain yang harus memfasilitasi alergi makanan yang kamu derita, apalagi jika kamu tidak alergi dari kecil. Kamu mungkin merasa harus minta maaf karena sudah mengganggu. Namun, jangan sampai merasa demikian. Kamu tak bisa mengendalikan alergimu, ini bukan salahmu. Jika kamu memang tak bisa makan masakan seseorang yang sudah dipersiapkannya dengan antusias, jangan merasa bahwa kamu membuatnya sedih, karena jika kamu bereaksi akibat memaksakan diri, maka dampaknya justru bisa gawat buat semua orang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Berkomunikasi dengan Anak dari Berbagai Usia

Apakah kamu adalah orang tua yang mengalami kesulitan