Orang dengan diabetes harus melihat jauh dan luas untuk pengganti gula. Banyak yang lebih suka menggunakan kurma untuk diabetes. Tapi apakah itu pilihan yang aman? Kami akan mencari tahu di sini.

Buah kurma adalah salah satu buah yang paling disukai bagi mereka yang memperhatikan kadar gulanya agar dapat makan dalam jumlah sedang.

Kurma manis, memiliki indeks glikemik rendah, dan merupakan salah satu makanan paling sehat. Selain itu, beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kurma tidak meningkatkan kadar glukosa darah.

Mereka dikemas dengan berbagai nutrisi penting dan sangat sehat. Selain fruktosa, mereka juga mengandung serat makanan yang kaya dan nutrisi seperti zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan vitamin A, K, dan B-kompleks. Nutrisi ini meringankan sembelit, penyakit jantung, dan diare, di antara komplikasi lainnya.

Kurma – Gambaran Umum

Kurma adalah salah satu makanan yang paling sering dimakan di Timur Tengah. Kualitas nutrisi dan manfaat kesehatannya yang luar biasa dikenal oleh orang-orang di seluruh dunia. Kurma disebut “Pohon Kehidupan” karena umur simpan yang panjang dan profil nutrisi yang kaya dari buahnya.

Selain mengandung fruktosa dalam jumlah tinggi, mereka juga mengandung banyak serat dan nutrisi seperti vitamin A, K, dan B kompleks, zat besi, kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan seng. Kehadiran nutrisi ini dalam kurma membantu mencegah sembelit, penyakit jantung, anemia, dan diare, di antara kondisi lainnya. Karena kandungan fruktosa/fruktannya yang tinggi, mereka mungkin bermasalah untuk IBS.

Semua baik. Tapi bagaimana dengan diabetes? Apa hubungan antara kurma dan diabetes?

Kurma Untuk Diabetes – Apa Kata Sains?

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk menentukan GI kurma dan pengaruhnya terhadap penderita diabetes.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, dilakukan untuk menemukan indeks glikemik dari lima varietas kurma. Ini menunjukkan bahwa ketika penderita diabetes mengonsumsi kurma, kadar glukosa postprandial mereka tidak meroket. Ini juga menunjukkan bahwa kurma dapat menawarkan manfaat potensial bagi pasien diabetes bila dikonsumsi dalam jumlah sedang bersama dengan diet seimbang yang sehat.

Studi lain yang dilakukan pada tahun 2003 menguji indeks glikemik dari satu varietas kurma, sendiri dan dicampur dengan yogurt tawar. Ini menunjukkan bahwa, dalam kedua bentuk – ketika dikonsumsi apa adanya dan ketika dicampur dengan yogurt – GI kurma Khalas rendah, dan bisa bermanfaat bagi pasien diabetes.

Sebuah penelitian serupa dilakukan pada tahun 2002 untuk menentukan indeks glikemik dari tiga varietas kurma yang tersedia secara komersial. Disimpulkan bahwa meskipun ada perbedaan yang signifikan dalam indeks glikemik dari berbagai jenis kurma, faktanya tetap bahwa mengkonsumsi salah satu dari varietas tersebut bermanfaat dalam kontrol glikemik dan lipid pada penderita diabetes.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Kurma?

Apakah kurma baik untuk diabetes? Nah, penelitian-penelitian yang disebutkan di atas membuktikan bahwa ketika penderita diabetes makan kurma, gula darahnya tidak melonjak, bertentangan dengan anggapan umum. Aman untuk mengatakan bahwa mengkonsumsi kurma memberi seseorang berbagai manfaat kesehatan.

Gula Dalam Kurma Untuk Penderita Diabetes: Kebanyakan orang menganggap kurma sebagai makanan yang ideal. Dan mengapa tidak? Kurma adalah makanan utuh, tidak memiliki kolesterol, sangat sedikit lemak, dan berbagai macam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Namun terlepas dari kualitas luar biasa ini, kurma mengandung banyak gula. Satu cangkir kurma mengandung sekitar 31 gram fruktosa.

Kurma mengandung 80 persen gula (berdasarkan berat). Jumlah ini jauh lebih tinggi daripada makanan lain seperti sereal manis atau kacang jeli. Namun, kandungan gula dalam kurma tidak memiliki efek merugikan pada kadar gula darah pasien. Untuk membuktikan pernyataan ini, beberapa ilmuwan dari Israel menguji sekelompok orang dengan membuat mereka mengonsumsi kurma dalam jumlah yang baik selama satu bulan. Pada akhir bulan, berat badan dan kadar gula darah subjek mereka stabil, dan mereka juga menunjukkan peningkatan yang cukup besar dalam kadar trigliserida dan antioksidan.

Baca Juga :

Disukai Banyak Orang Untuk Berbuka, Ternyata Kurma Juga Mempunyai Segudang Manfaat

Mau Rambut dan Kulit yang Sehat? Yuk Coba Rasakan Manfaat Dari Kurma

5 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Kurma

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Kiat Menghindari Rasa Kantuk Yang Muncul Di Kantor Saat Puasa

Saat bersantai di rumah atau bekerja dari rumah,