Sarat dengan protein dan rendah kalori, telur adalah sarapan populer di seluruh dunia karena suatu alasan. Mudah di kantong, tersedia di mana-mana, dan enak juga, telur disukai oleh orang-orang di seluruh dunia. Namun, mereka yang memiliki kulit berjerawat mungkin punya alasan untuk khawatir. Ada rumor yang beredar tentang telur penyebab jerawat. Apakah rumor ini mengandung kebenaran? Apakah itu hanya rumor? Baca terus selagi kami menjawab pertanyaan membara ini: apakah telur menyebabkan jerawat?

Manfaat nutrisi telur

Sebelum kami menjawab pertanyaan Anda tentang telur penyebab jerawat, kami ingin memberi tahu Anda tentang banyaknya nutrisi yang terkandung dalam telur:

  • Satu telur besar mengandung 212 mg kolesterol, yang meningkatkan profil kolesterol tubuh. Namun, profil kolesterol tinggi ini tidak meningkatkan risiko penyakit jantung
  • Telur mengandung kolin, nutrisi yang sangat penting untuk otak Anda
  • Telur memiliki antioksidan yang dikenal sebagai lutein dan zeaxanthin, yang melindungi mata
  • Telur kaya akan lesitin, lemak esensial bagi tubuh, yang berfungsi sebagai emolien
  • Mengandung retinol, yang sangat bermanfaat bagi kulit dalam berbagai cara
  • Mengandung belerang, yang berkontribusi pada kesehatan kulit Anda dan menghilangkan racun dari tubuh
  • Mengandung selenium, yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas

Bagaimana telur menyebabkan jerawat?

Ya, telur bisa memicu jerawat pada sebagian orang. Ini sangat berbeda dari orang ke orang, dan frekuensi konsumsi merupakan faktor penentu utama. Berikut adalah beberapa faktor yang menunjukkan bagaimana telur menyebabkan jerawat:

1. Kandungan yodium

Kandungan yodium dalam telur sering dijadikan biang keladi, dituding sebagai penyebab jerawat. Namun, yodium yang ditemukan dalam telur secara tidak langsung memicu jerawat, dan itu juga dalam proses melakukan sesuatu yang baik untuk tubuh Anda. Bingung? Mari kita jelaskan.

Setiap telur mengandung sekitar 27 mcg yodium, yang cukup untuk memicu pembersihan fluoride. Jika Anda tidak sadar, fluoride adalah salah satu pemicu jerawat terburuk dan mineral beracun yang tidak mudah keluar dari tubuh Anda. Yodium adalah nutrisi yang dapat mendorong keluar fluoride dari tubuh Anda. Karena itu, saat Anda mengonsumsi telur, yodium di dalamnya menghilangkan fluoride dari sistem Anda.

Saat fluoride dihilangkan, tubuh mengeluarkannya dalam bentuk sebum atau sel kulit mati, sehingga menyebabkan jerawat. Jadi ya, kandungan yodium dalam telur sebenarnya sangat baik; itu adalah fluorida yang memicu jerawat saat keluar dari tubuh Anda.

2. Progesteron berlebihan

Telur penuh dengan progesteron, yang merupakan hormon pemicu jerawat. Karena tubuh Anda membuat progesteronnya sendiri, mengonsumsi hormon tambahan jelas dapat mengganggu kadar hormon alami tubuh Anda. Kadar progesteron yang berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat, jadi lebih baik tetap perhatikan konsumsi telur Anda.

Jika Anda bertanya-tanya bahwa Anda telah makan telur sepanjang hidup Anda, dan jerawat adalah sesuatu yang tidak pernah Anda temui, mungkin Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu sering untuk memicu munculnya jerawat. Amati konsumsi telur Anda dan lakukan perubahan jika Anda mengalami jerawat.

3. Terlalu banyak biotin

Dipercayai bahwa kandungan biotin yang kaya dalam telur juga bisa menjadi alasan mengapa telur menyebabkan jerawat. Ya, kami tahu apa yang Anda pikirkan – bukankah biotin seharusnya baik untuk kulit dan rambut? Sebenarnya baik untuk kulit dan rambut, tapi telur memiliki kandungan biotin yang tinggi. Kandungan biotin yang berlebihan ini dapat merangsang keratin dalam proporsi yang gila, menyebabkan hiperkeratosis, yang merupakan akar penyebab jerawat. Seperti yang mereka katakan, bahkan hal-hal baik dalam proporsi yang berlebihan bisa menjadi tidak sehat, begitu pula dengan biotin.

4. Kandungan albumin

Albumin adalah sejenis protein yang dibuat sendiri oleh hati. Namun, bila dikonsumsi secara eksternal, sangat sulit dicerna. Putih telur mengandung banyak albumin, dan ketika protein ini tidak dipecah, mereka menyumbat sistem limfatik. Ini menyebabkan peradangan pada wajah, yang akhirnya menyebabkan jerawat.

Cara Mengetahui Jika Telur Menyebabkan Jerawat di Wajah Anda

Jika Anda mengalami jerawat di wajah dan tidak dapat mengetahui penyebabnya, periksa apakah telur yang menyebabkan jerawat. Cara termudah untuk menentukannya adalah dengan menghilangkan telur, terutama putih telur, dari diet Anda selama dua hingga tiga minggu. Setelah dua hingga tiga minggu, makan telur dan setelah tiga hingga empat jam, periksa apakah Anda mengalami gejala intoleransi.

Baca Juga :

<strong>7 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kulit Yang Akan Membuat Anda Menimbun Makanan Ajaib Ini</strong>

<strong>7 Cara Mendapatkan Perut Rata Dalam Sebulan</strong>

<strong>Penyebab Tekanan Darah Rendah dan 6 Pengobatan Rumahan Untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Bahan Rumahan Terbaik Untuk Kulit Bercahaya

Angin musim dingin biasanya merampas kulit bercahaya Anda,