Putus cinta adalah salah satu hal terburuk yang dialami dalam hidup, dan mengatasinya bisa menjadi perjuangan yang berat. Tetapi mengikuti aturan tanpa kontak dapat membantu Anda melanjutkan hidup. Aturan ini mungkin sangat diperlukan bagi orang yang baru saja putus cinta. Mereka sering merasa sulit untuk mengakui bahwa segalanya telah berakhir bagi mereka dan mencoba mempertahankan kontak (terlepas dari perasaan pihak lain). Sayangnya, ini hanya dapat memperburuk keadaan, dan dalam prosesnya, mereka berisiko membahayakan kesejahteraan kedua individu tanpa sepengetahuan mereka.

Jadi, tentang apa aturan ini? Bagaimana cara kerjanya? Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih banyak.

Apa Itu Aturan Tanpa Kontak?

Sesuai dengan namanya, aturan tanpa kontak adalah saat Anda berhenti mempertahankan kontak apa pun dengan mantan pasangan Anda setelah putus untuk jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, Anda berhenti berkomunikasi dengan mereka. Ini termasuk rapat, panggilan telepon, email, pesan teks, dan kontak melalui platform media sosial. Anda juga berhenti melakukan kontak apa pun dengan keluarga dan teman mantan pasangan Anda. Lebih penting lagi, Anda berhenti menguntit mantan pasangan Anda di dunia nyata dan virtual.

Aturan tanpa kontak memungkinkan Anda melepaskan diri dari situasi dan mengatasi emosi dan rasa sakit Anda dengan cara yang lebih baik. Ini memberi Anda waktu dan ruang yang Anda butuhkan untuk mengakui akhir dari hubungan, berduka atas kehilangan Anda, dan melanjutkan hidup Anda.

Aturan ini juga membantu Anda memproses perasaan dan memutuskan apakah Anda ingin kembali ke mantan. Pada saat yang sama, hal itu juga dapat menarik mantan kembali kepada Anda saat faktor bermain-sulit-untuk-mendapatkan mulai berlaku.

Jenis Aturan Tanpa Kontak

Setiap manusia berbeda, begitu pula hubungan yang mereka pertahankan. Oleh karena itu, hampir tidak mungkin untuk memiliki aturan tanpa kontak satu ukuran untuk semua. Berikut adalah berbagai jenis aturan tanpa kontak yang dapat Anda ikuti berdasarkan situasi khusus Anda.

  • Aturan Tanpa Kontak Standar: Aturan tanpa kontak standar adalah aturan tanpa kontak biasa setelah putus, seperti yang dibahas di atas. Dalam aturan ini, Anda dilarang melakukan kontak dengan mantan Anda melalui cara atau media apa pun untuk jangka waktu tertentu.
  • Aturan Tanpa Kontak Terbatas: Aturan tanpa kontak terbatas adalah saat Anda berinteraksi sebentar dengan mantan pasangan Anda dalam keadaan yang tak terhindarkan. Keadaan seperti itu dapat muncul jika Anda berdua bekerja sama atau terlibat dalam menjalankan usaha bisnis bersama. Anda dapat mengikuti aturan ini jika Anda berdua memiliki komitmen keuangan yang sama, seperti pinjaman bersama. Aturan ini juga berlaku jika Anda memiliki anak bersama.
  • Di bawah aturan ini, Anda berinteraksi dengan mantan pasangan Anda hanya jika sangat diperlukan. Anda perlu menjaga interaksi sesingkat mungkin dan benar-benar bisnis. Setelah interaksi selesai, Anda kembali ke komitmen Anda untuk tidak berhubungan.
  • Anda tidak boleh menggunakan versi aturan tanpa kontak ini untuk menghubungi pasangan Anda saat Anda merindukannya atau sedang mencari alasan untuk berbicara dengannya.
  • Aturan Tanpa Kontak Tanpa Batas: Seperti namanya, aturan tanpa kontak tanpa batas adalah aturan di mana Anda tidak pernah kembali mempertahankan kontak dengan mantan pasangan Anda. Yang menarik untuk diperhatikan adalah bahwa banyak orang memulai dengan aturan standar tanpa kontak dan kemudian terus tidak berhubungan karena mereka tidak ingin kembali dengan mantan pasangannya lagi. Dengan demikian, mereka akhirnya beralih ke versi aturan tanpa kontak ini untuk melanjutkan.
  • Aturan tanpa kontak yang tidak terbatas adalah apa yang perlu Anda ikuti jika Anda pernah berada dalam hubungan yang kasar secara fisik atau emosional. Anda juga perlu mempertahankan aturan ini jika mantan pasangan Anda adalah seorang narsisis atau orang gila kontrol yang ingin mengatur setiap langkah dalam hidup Anda.

Manfaat Aturan Tanpa Kontak

Tidak diragukan lagi bahwa aturan tanpa kontak menawarkan beberapa manfaat bagi mereka yang mengikutinya dengan rajin. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari aturan tanpa kontak setelah putus cinta. 

1. Menjadi “Wadah” Untuk Emosi Terpendam

Lebih sering daripada tidak, putus cinta membuat orang berada dalam kekacauan emosional. Anda mungkin merasakan beragam emosi, seperti kemarahan, depresi, kesedihan, dan frustrasi. Tetapi ketika Anda memutuskan setiap kontak dengan mantan pasangan Anda, Anda mendapat kesempatan untuk duduk santai dan mengatasi emosi Anda dengan sungguh-sungguh.

Anda bisa menangis dan membiarkan emosi yang terpendam mengalir. Setelah Anda melakukannya, Anda dapat mengakhiri bab hidup Anda ini dan mulai menantikan awal yang baru. Dengan kata lain, Anda punya waktu untuk sembuh.

2. Memberikan Kebebasan Untuk Memutuskan Sendiri

Salah satu alasan aturan tanpa kontak hampir selalu berhasil adalah karena orang mendapatkan kebebasan untuk memutuskan sendiri. Mereka mulai sangat menghargai kebebasan ini sehingga mudah bagi mereka untuk keluar dari perpisahan.

Saat Anda menjalin hubungan, Anda cenderung menempatkan impian, aspirasi, dan harapan pasangan Anda di atas impian Anda. Bahkan aspek reguler seperti membuat rencana perjalanan atau kencan makan malam mungkin bergantung pada kenyamanan pasangan Anda. Tetapi begitu Anda bebas dari hubungan tersebut, Anda mendapatkan kebebasan untuk membuat rencana sesuai keinginan Anda dan mengikutinya tanpa batasan apa pun.

3. Menyelamatkan Anda Dari Terlihat Putus Asa

Terkadang, rasa sakit karena putus cinta begitu kuat sehingga orang siap melakukan apa saja untuk melepaskannya. Saat itulah mereka bahkan rela berkompromi dan kembali ke mantan pasangannya. Meskipun langkah ini dapat memberi Anda kelegaan sementara, ini mungkin terbukti menjadi keputusan yang salah dalam jangka panjang.

Jika Anda menghubungi mantan dengan permintaan berulang kali untuk berdamai, Anda mungkin terlihat putus asa. Dengan tidak berhubungan dengan mantan pasangan Anda, Anda dapat mempertahankan martabat, rasa hormat, dan tekad Anda untuk terus maju.

4. Membantu Anda Mendapatkan Perspektif Baru

Saat putus cinta, Anda mungkin tidak berada dalam kondisi mental untuk menahan emosi dan mulai melangkah maju. Tetapi menjauh dari mantan pasangan Anda dapat membantu Anda melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Anda akan dapat mencapai kejernihan mental dan memutuskan berbagai hal secara netral.

Apakah itu tentang memahami apa yang salah dalam hubungan atau menemukan sisi positif dari mengakhiri perselingkuhan, aturan tanpa kontak selalu berhasil untuk membantu Anda menilai berbagai hal dengan cara baru dan memutuskan tindakan di masa mendatang.

5. Membuka Jalan Untuk Jatuh Cinta Lagi

Hubungan yang gagal atau putus cinta tidak berarti Anda harus menyerah sama sekali pada cinta. Tetapi tetap berhubungan dengan mantan setelah putus cinta dapat menggagalkan upaya Anda untuk jatuh cinta sekali lagi. Anda mungkin tidak dapat meninggalkan hubungan lama dan terjun ke hubungan baru dengan penuh keyakinan.

Dengan mengikuti aturan tanpa kontak, Anda dapat mempersiapkan diri secara mental untuk pengalaman baru dan pertemanan baru.

Baca Juga :

7 Tanda Kamu Sudah Move On

6 Cara Paling Efektif Untuk Move On Dari Gebetan

Ini Alasan Mengapa Kamu Susah Move On, Iya Apa Iya?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kaum Pria Harus Baca Ini, 9 Cara Membuat Pacar Merasa Dicintai Dan Istimewa

Orang spesial dalam hidup Anda memberi Anda kegembiraan