Percaya atau tidak, sebagian besar sel-sel darah baru di tubuh kita diproduksi oleh sumsung tulang belakang. Bagi mereka yang menderita leukemia, salah satu sel-sel darah baru ini bermutasi dan menjadi berkanker.  Kemudian sel itu mulai mengkloning dirinya sendiri sebanyak-banyaknya. Begitulah penyakit ini berkembang.

Ada beberapa subtipe leukemia, yang masing-masing didefinisikan oleh jenis sel darah yang bermutasi, serta dari seberapa awal dalam tahap produksi mutasi itu terjadi. Namun yang jelas, tak ada satu gejala tunggal. Gejalanya bergantung pada smasing-masing subtipe. Namun ada beberapa gejala agak umum yang menyerang mereja yang menderita leukemia dewasa yang lebih umum.

Apa saja?

Kulit Pucat

Ketika leukemia terjadi, sel-sel darah baru yang dirusak oleh kanker bisa menguasai sumsum tulang belakang, sehingga membuat sel sehat susah tumbuh. Karena kamu memiliki jumlah sel sehat yang lebih sedikit, kamu bisa menderita anemia, yang membuat wajah terlihat pucat.

Kelelahan

Seperti penyakit lain kelelahan adalah gejala yang cukup umum pada segala tipe leukemia. Jika kamu merasa terus menerus lelah walaupun tidak habis melakukan pekerjaan berat, dan terutama jika kekurangan energimu adalah sebuah perubahan yang kamu perhatikan sangat berbeda dengan hari-harimu biasanya, maka kamu harus memberitahu doktermu. Anemia juga bisa jadi biang kerok rasa lelah tak biasamu.

Demam atau infeksi

Sel-sel darahmu adalah komponen penting dari sistem kekebalanmu. Jika sel-sel darah ini tidak sehat, seperti yang terjadi jika kamu mengalami leukemia, kamu bisa menjadi sakit lebih sering dari biasanya. Infeksi atau demam akan sering terjadi  karena sistem kekebalan tubuhmu memburuk. Ini juga gejala yang umum pada leukemia.

Napas pendek-pendek

Selain dengan merasa kekurangan energi terus menerus, kamu juga harus mewasapadai jika nafasmu berubah pendek-pendek. Napas yang pendek-pendek ini terutama akan sangat terlihat ketika kamu melakukan aktivitas fisik. Kamu akan memperhatikan bahwa kamu cepat kehabisan napas denganc ara yang berbeda dengan kebiasaanmu. Jika ini terjadi, segeralah berobat pada dokter.

Penyembuhan yang lama

Jika luka-luka ringan seperti goresan atau luka irismu butuh sembuh lama sekali, atau jika kamu menjadi mudah lebam, maka gejala-gejala ini bisa jadi mendindikasikan adanya perubahan sel-sel darah terkait dengan leukemia.  Jika kamu menemukan bintik-bintik kecil merah pada kulitmu, bisa jadi juga kamu mengalami leukemia.

Gejala lain

Walaupun tak seumum lima gejala yang disebutkan sebelumnya, ada juga beberapa gejala umum pada berbagai tipe leukemia. Jika kamu berkeringat pada malat haru serta merasa persendianmu sakit atau nyeri, maka kamu mungkin juga beresiko terserang leukemia. Selain itu, ada beberapa subtipe yang gejalanya adalah kehilangan berat badan. Beberapa orang juga mengalami gejala mimisan serta menggigil.

Jika doktermu mencurigaimu terserang penyakit ini dari gejala-gejalanya, maka ia akan memintamu untuk menjalani serangkaian tes darah untuk mengecek jumlah sel darah dan putih serta keping darahmu. Jika hasilnya mengkhawatirkan, dokter akan merujukmu ke ahli penyakit darah atau kanker.

Baca juga Yuk Rajin Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Mencegah Resiko Kanker

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mandi Tanpa Sabun Lebih Sehat? Simak 5 Manfaat Mandi Tanpa Sabun Berikut Ini!

Tahukah kamu? Ternyata menyabuni tubuh kita dari ujung