Tidak dipungkiri jika di era sekarang ini kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Terutama ketika pandemi, kebutuhan akan pangan dan kesehatan seolah menjadi perhatian yang dinomorsatukan. Sedangkan pada prakteknya justru banyak karyawan yang harus dirumahkan ataupun perusahaan yang bangkrut akibat roda perekomonian yang tidak stabil. Hal ini tentunya memacu masyarakat untuk mencari pinjaman dan berhutang.

Akibatnya, banyak orang mempunyai beban hutang yang harus mereka bayarkan. Kini roda perekomonian nasional sudah mulai bergerak dan membaik. Sudah saatnya Anda melunasi beban hutang Anda. Berikut beberapa tips cara cepat melunasi hutang.

7. Jual barang lama Anda untuk mendapatkan uang

Lihat apa yang dapat Anda temukan di garasi, kamar cadangan, atau ruang loteng Anda yang layak untuk dijual. Jual di marketplace yang memungkinkan Anda menjual barang bekas. Selain mengurangi isi rumah Anda dan menjadikan rumah menjadi leih rapi, Anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan untuk membayar hutang Anda.

8. Dapatkan bayaran untuk berpartisipasi dalam survei

Hasilkan uang untuk pendapat Anda di situs web survei. Situs ini bisa tentang apa saja dari pariwisata, makanan, media, belanja atau urusan publik dan politik. Survei sering memakan waktu 30 menit. Sementara beberapa beroperasi di bawah skema hadiah di mana Anda mendapatkan poin untuk survei yang diselesaikan yang dapat ditukar dengan pulsa atau uang digital yang bisa Anda tarik tunai. Meski tidak terlalu besar, Anda dapat menggunakan hasilnya untuk mengurangi beban hutang Anda. Tipsnya jangan pernah membayar untuk mendaftar dan menyiapkan alamat email baru agar akun pribadi Anda tidak kelebihan beban.

9. Dapatkan bayaran untuk mendaur ulang dan mengurangi hutang

Beberapa aplikasi menawarkan imbalan bagi mereka yang mau memberikan sampah plastik atau minyak goreng sisa penggorengan untuk didaur ulang. Meski hasilnya tidak terlalu besar, namun bisa membantu membersihkan rumah Anda dan mendapatkan tambahan penghasilan untuk mengurangi hutang Anda.

10. Affiliate

Marketplace sekarang dilengkapi dengan fitur afiliate. Fitur ini memungkinkan Anda mendapat penghasilan dengan cara  mereferensikan suatu produk di marketplace pada teman-teman Anda melalui link sosial media Anda. Jika teman-teman Anda membeli produk yang Anda share, maka Anda akan mendapatkan imbalan dari marketplace, tempat dimana produk itu dijual.

11. Hindari pinjaman online

Pinjaman online adalah cara yang mahal untuk meminjam – dan tidak pernah menjadi solusi yang baik dalam hal cara melunasi hutang dengan cepat. Pinjaman online dirancang untuk mendorong orang meminjam dengan syaratnya yang mudah. Namun jika Anda tidak dapat membayar tepat waktu, tagihan, dan hutang, dapat lepas kendali. Jauhi pinjaman online apapun situasinya. Terutama pinjaman online yang tidak terdaftar OJK.

12. Tahu kapan harus mendapatkan bantuan untuk hutang Anda

Jika Anda tidak mampu membayar hutang dan bahkan meminjam lebih banyak untuk melunasi, inilah saatnya untuk berbicara dengan seorang profesional. Mendapatkan bantuan dari badan amal utang adalah gratis dan mereka dapat memeriksa keuangan Anda dan memberi tahu Anda jalan terbaik tentang cara melunasi uhtang dengan cepat. Mereka juga dapat berurusan dengan bank atas nama Anda dalam beberapa kasus, terkadang membuat mereka membekukan biaya bunga.  

Baca Juga L:

Cara Cepat Melunasi Hutang , 12 Tips Praktis Dari Ahli Keuangan – Bag 1

https://www.tampilcantik.com/khusus-untuk-5-barang-ini-mending-beli-mahal-tapi-aman-daripada-beli-murah-tapi-kecewa-kemudian-%ef%bf%bc/

Hati-hati, 6 Kesalahan Renovasi Ini Bisa Membuatmu Over Budget

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cara Cepat Melunasi Hutang , 12 Tips Praktis Dari Ahli Keuangan – Bag 1

Ingin tahu cara melunasi hutang dengan cepat? Baik