Ingin tahu cara melunasi hutang dengan cepat? Baik Anda memiliki hutang yang besar atau memiliki tagihan besar pada kartu kredit Anda yang tidak mampu Anda bayar, ikuti tips berikut untuk menjadi bebas utang

Mengetahui cara melunasi hutang dengan cepat akan menjadi prioritas utama bagi mereka yang mungkin terdorong untuk meminjam dengan krisis biaya hidup yang menggerogoti sebagian besar anggaran keluarga. Entah itu kenaikan harga energi, atau kenaikan biaya kesehatan, jutaan keluarga merasakan kesulitan. 

Ketika keuangan Anda menipis, terlalu mudah untuk menunda pembayaran hutang. Tetapi justru dengan membayar hutang Anda dengan tertib akan menghemat pengeluaran Anda karena bunga dan biaya hutang hanya akan menambah hutang Anda semakin lama Anda meninggalkannya. Anda tidak harus melunasi semuanya sekaligus. Tapi buatlah rencana untuk melunasi hutang-hutang itu, satu per satu.

1. Terorganisir

Langkah pertama untuk melunasi hutang adalah mengaturnya. Lagi pula, semakin cepat Anda dapat melunasi hutang, semakin sedikit bunga yang akan Anda bayar. Sisihkan waktu yang cukup untuk melunasi hutang Anda dan catat hutang Anda kepada siapa dan tingkat bunga yang dikenakan, dan berapa bulan lagi yang harus dibayar. 

2. Fokus pada hutang terbesar Anda terlebih dahulu

Masuk akal secara finansial untuk membayar hutang paling besar terlebih dahulu untuk mengurangi jumlah pembayaran bunga yang Anda lakukan sebanyak mungkin. Penting bagi Anda untuk mengetahui secara detail jumlah bunga dari hutang Anda, sehingga Anda dapat membuat list prioritas hutang mana yang harus Anda lunasi terlebih dahulu.

3. Pertimbangkan pinjaman pribadi tingkat rendah untuk melunasi hutang Anda

Anda bisa mengambil pinjaman pribadi untuk melunasi hutang Anda. Dengan suku bunga yang masih relatif rendah, pinjaman cukup murah dengan suku bunga pinjaman terbaik yang ditawarkan sekitar 4%. Membayar suku bunga yang lebih rendah akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang, yang berarti Anda dapat menghapus hutuang Anda lebih cepat dan membayar lebih sedikit bunga ke bank. Jangan lupa untuk membandingkan pinjaman untuk memastikan Anda mengajukan pinjaman dengan tarif termurah.

4. Lacak kemajuan Anda dengan catatan mingguan

Buat catatan mingguan atau menggunakan aplikasi online untuk memantau kinerja Anda. Hal iIni mungkin tampak tidak peenting pada awalnya, tetapi Anda akan benar-benar merasa membuat perbedaan ketika Anda melihat jumlah hutang Anda mengalami penurunan.

5. Perhatikan tagihan yang tidak perlu

Cek kembali tagihan Anda. Jangan-jangan ada tagihan yang sebenarnya tiidak Anda perlukan, namun Anda terlanjur berlangganan. Seperti misalnya langganan aplikasi tertentu yang sudah jarang Anda gunakan. Tagihan-tagihan ini bisa Anda minimalisir sehingga pengeluaran Anda menjadi berkurang. Dengan berkurangnya tagihan Anda, beban Anda pun menjadi berkurang dan dana yang digunakan untuk membayar tagihan dapat Anda gunakan untuk membayar hutang.

6. Periksa pembayaran kartu otomatis

Memeriksa pembayaran kartu – baik debit maupun kredit – penting untuk menemukan komitmen “otoritas pembayaran berkelanjutan” yang dapat menghemat uang Anda. Hal ini berbeda dari debit langsung atau pesanan tetap dan – tidak membantu – tidak ada daftar yang tersedia untuk Anda yang telah mendaftar. Pembayaran yang dilakukan untuk layanan berlangganan melalui metode pembayaran ini diperbarui secara otomatis – biasanya setiap tahun – tetapi Anda mungkin tidak memiliki jejak kertas (atau email) dari pendaftaran semacam itu.

Baca Juga:

5 Tanda Vampir Energi Ada di Sekitarmu dan Cara Menghadapinya

Jangan Mau Tertipu, Ini 8 Tanda Orang Sedang Berbohong Padamu

Lakukan 7 Hal Ini Agar Pernikahan Langgeng Sampai Kakek Nenek

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita