Warna kulit yang gelap dalam kaya akan melanin dan dapat merespons dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan warna kulit yang lebih terang atau putih. Hal ini terutama benar ketika Anda berurusan dengan asam kuat yang menembus jauh ke dalam kulit Anda dan bekerja untuk mengubah tekstur dan tampilannya. Anda harus berhati-hati saat menggunakan asam untuk kulit yang kaya melanin; penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan iritasi. Bagi Anda yang menginginkan kulit lebih terang, Anda bisa menggunakan perawatan kulit dengan asam. Berikut adalah panduan menggunakan 5 asam perawatan kulit paling trendi untuk warna kulit yang lebih gelap.

1. Asam salisilat

Salicylic adalah asam yang aman digunakan untuk jenis kulit berjerawat dan berminyak. Bahan ini berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan antibakteri untuk mengendalikan jerawat. Ini juga merupakan exfoliator dan penyeimbang sebum yang sangat baik yang dapat digunakan dalam berbagai tahap rutinitas Anda – pembersih, serum atau bahkan pelembab. Produk dengan kekuatan asam salisilat 2% ideal untuk warna kulit yang lebih dalam.

2. Asam glikolat

Asam glikolat merupakan bahan pengelupasan yang ampuh. Asam glikolat adalah AHA (asam alfa hidroksi) yang digunakan dalam pengelupasan kimia, toner, dan pembersih untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit Anda. Asam ini memiliki berat molekul paling rendah di antara semua AHA dan dengan demikian memiliki sifat penetrasi yang tinggi. Hal ini terkadang dapat menyebabkan masalah hiperpigmentasi pasca-inflamasi untuk jenis kulit yang lebih dalam. Itulah mengapa dianjurkan untuk menggunakan asam mandelic yang jauh lebih lembut untuk menghindari kejadian seperti itu.

3. Asam laktat

Asam laktat adalah eksfoliator lembut lainnya yang membantu menghaluskan kulit Anda tetapi tanpa mengganggu penghalang kelembapannya. Bersumber dari susu, asam laktat juga ditemukan secara alami di kulit Anda dan membantu memperbaiki teksturnya dengan penggunaan teratur. Untuk penggunaan sehari-hari, carilah produk dengan konsentrasi maksimal 10% dengan pH 3,4 hingga 5.

4. Asam hialuronat

Asam hialuronat adalah anugerah untuk kulit kering yang kaya melanin. Bahan yang kuat juga terjadi secara alami di kulit dan bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan kelembaban penghalang lipid. Carilah formulasi yang dibuat dengan bahan pendukung, seperti asam laktobionat dan lumikol, yang dapat membantu mengontrol hiperpigmentasi dan mengurangi munculnya bintik hitam dan garis halus dengan penggunaan rutin.

5. Asam askorbat

Ada kesalahpahaman dalam komunitas perawatan kulit bahwa bahan pencerah dan pencerah asam askorbat (vitamin C) dapat mengganggu warna kulit alami Anda. Hal ini tidak benar karena vitamin C menargetkan hiperpigmentasi secara khusus dan tidak membahayakan warna kulit alami Anda. Pastikan untuk memakai tabir surya setiap hari agar kulit Anda tetap terlindungi dari sinar matahari dan tidak membuat kulit Anda menjadi gelap. Gunakan tabir surya baik dalam kondisi panas atau mendung, di dalam atau di luar ruangan agar perlindungannya terhadap kulit Anda tetap maksimal. Jangan lupa untuk menggunakannya kembali setiap 3 jam.

Baca Juga :

Inilah Bagaimana Anda Dapat Menggunakan Asam Salisilat Untuk Jerawat Anda

Walaupun Rasanya Asam, Tetapi Buah Asam Memiliki Manfaat yang Menakjubkan Lho

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Manfaat dan Pentingnya Rutinitas CTM

Rutinitas CTM mengacu pada proses pembersihan, pengencangan dan