Orang-orang semakin sadar tentang bahan-bahan dan penggabungannya satu sama lain. Tentu saja, ada beberapa ramuan pahlawan yang tampaknya lebih banyak digunakan untuk manfaat luar biasa pada kulit dan salah satunya adalah asam salisilat. Jadi, apa itu sebenarnya? Ini adalah bentuk asam beta hidroksi (BHA) yang secara alami terjadi pada tanaman dan mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Ini berfungsi sebagai exfoliant dengan mengangkat sel kulit mati untuk menghilangkan jerawat dengan mengeringkannya dan mengurangi minyak di wajah kita. Jadi, mari kita pelajari lebih dalam tentang manfaatnya dan ketahui cara memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit kita untuk kulit yang lebih bersih, cerah, dan sehat!

Manfaat asam salisilat untuk jerawat

  1. Eksfoliasi

Asam salisilat berfungsi sebagai peeling agent yang mengelupas sel kulit mati pada kulit. Ini juga membantu mempercepat pembaruan sel dengan pengelupasan kulit secara menyeluruh.

  1. Antiinflamasi

Jika Anda memiliki kulit berminyak atau jerawat yang dipicu lebih cepat daripada orang-orang di internet akhir-akhir ini dengan memerah dan meradang, asam salisilat akan menjadi bae Anda! Karena bahan kimia yang disebut salisin di dalamnya, asam salisilat memiliki kemampuan untuk menenangkan iritasi dan kulit yang meradang sekaligus membantu mengatasi kemerahan, nyeri, dan bengkak.

  1. Mengecilkan Pori-pori

Masalah jerawat biasanya terkait erat dengan komedo dan whiteheads dan asam salisilat membantu mengatasi hal itu dengan membuka pori-pori Anda. Kedengarannya luar biasa bukan? Ini melarutkan kotoran yang mungkin menyumbat pori-pori Anda, dan mengatur sel-sel kulit dengan benar sehingga mencegah jerawat di masa depan untuk sebagian besar!

  1. Mengatur minyak

Asam salisilat berada di bawah lapisan superfisial minyak pada kulit dan membersihkan pori-pori secara mendalam dengan menekan produksi sebum berlebih. Ini juga bertindak sebagai larut dalam minyak untuk mengurangi penumpukan minyak yang berlebihan. Jadi ucapkan selamat tinggal pada kertas blotting dan halo untuk membersihkan cahaya yang sehat!

Bagaimana cara menggunakan asam salisilat?

  • Uji tempel

Uji tempel dengan produk asam salisilat pada tambalan kecil di pergelangan tangan Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami reaksi alergi. Jika setelah 24 jam Anda tidak mengalami kemerahan, kesemutan, atau kekeringan, uji sedikit asam pada sepetak kecil kulit di wajah Anda. Jika berjalan dengan baik, maka lanjutkan untuk memasukkannya ke dalam rutinitas Anda!

  • Hindari melapisi dengan retinol

Kombinasi retinol dan asam salisilat berpotensi mengiritasi atau membuat kulit kering, lebih baik jika tidak digunakan bersama-sama.

  • Gunakan sebagai spot treatment untuk jerawat

Jika Anda ingin menggunakan asam salisilat terutama untuk jerawat atau jerawat, yang terbaik adalah menggunakannya sebagai perawatan spot. Catatan: Ini hanya berlaku jika Anda menggunakan asam salisilat konsentrasi tinggi karena dapat mengeringkan wajah Anda.

  • Gunakan dengan niacinamide

Asam salisilat dan niacinamide bersama-sama adalah duo suci terutama untuk kulit berjerawat. Sementara asam salisilat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi peradangan dan bekerja sangat baik ketika dilapisi dengan niacinamide. Niacinamide adalah antioksidan yang mengurangi peradangan dan membantu mengatasi jerawat. Ketika digunakan bersama-sama mereka dapat melembabkan dan membersihkan kulit Anda tidak seperti yang lain! 

Baca Juga :

Ini 3 Cara Alami Hilangkan Jerawat di Wajah

Berbagai Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

6 Makanan Ini Akan Mengurangi Bekas Jerawat Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

3 Produk Perawatan Kulit dan Makeup Untuk Mengurangi Kerutan Dahi

Dahi yang berkerut dapat terjadi karena berbagai alasan;