Tahukah kamu? Jerawat tidak hanya mengiritasi permukaan kulit, tetapi juga merusak jaringan kulit di bawahnya. Tubuh memang mencoba memperbaiki kerusakan ini dan memproduksi kolagen, tetapi ketika tubuh memproduksi terlalu sedikit atau terlalu banyak kolagen, maka bekas luka jerawat akan muncul. 

Tidak perlu pusing mencari produk kosmetik yang mampu menghilangkan bekas jerawat, karena ada cara mudah dan menyenangkan untuk menghilangkannya, yaitu dengan makan makanan sehat nan lezat seperti berikut :

  1. Labu

Labu merupakan sumber niasin, folat, Vitamin A, Vitamin B, dan seng. Dengan mengonsumsi labu, kamu akan mendapatkan nutrisi niasin dan folat yang mampu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan pembaruan sel, dan mengobati jerawat. 

Selain itu, biji labu mengandung seng yang dapat membantu mengontrol kadar hormon dan produksi minyak. Seng juga dan membantu penyembuhan kulit. Adapun Vitamin A akan membantu meminimalkan bekas jerawat.

  1. Kale

Kale kaya akan Vitamin C dan Vitamin K, juga merupakan sumber tembaga dan besi yang baik. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam kale mampu mengurangi hiperpigmentasi dan membantu meratakan warna kulit alami kamu. Vitamin K yang terkandung dalam kale berfungsi untuk mengurangi bintik hitam pada kulit. Sementara itu, zat besi mampumempercepat penyembuhan luka atau bekas luka, termasuk bekas jerawat.

  1. Lemon

Jus lemon adalah bahan makanan alami yang mampu mengencangkan kulit dan melawan noda. Hal ini terjadi karena lemon mengandung flavonoid yang memiliki efek protektif dan antikarsinogenik pada kulit. 

Memulai hari dengan segelas air hangat yang dicampur air lemon atau jus lemon, akan membuat kulit sehat dan bercahaya. Selain diminum, kamu juga bisa menjadikan air lemon sebagai dressing untuk salad buah atau salad sayur. 

  1. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung retinol dan beta-karoten. Nah, tubuh kita dapat mengubah beta-karoten menjadi vitamin A yang mampu menjadi pelindung agar kulit tidak mengalami perubahan warna, peradangan, pori-pori tersumbat, dan lain-lain.

Sedangkan, retinol adalah bahan utama yang ada pada produk kecantikan. Retinol mampu melawan hiperpigmentasi, jerawat, dan kerutan. Alih-alih membeli krim mahal yang mengandung retinol, kamu bisa menikmati makanan kaya retinol, yaitu ubi jalar. 

  1. Pepaya

Buah yang sangat populer dan mudah ditemukan di Indonesia ini kaya akan enzim pencernaan yang disebut papain. Nah, papain berfungsi membantu pengelupasan sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan memudarkan bekas jerawat. Untuk itu, pepaya dapat membuat kulit kamu tetap terhidrasi dan mencegah jerawat.  

  1. Kembang Kol

Tahukah kamu, bahwa kembang kol adalah sumber Vitamin C dan asam amino kuat yang disebut histidin?

Asam amino histidin akan melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Dengan demikian, kamu akan meringankan gejala bintik hitam atau noda hitam akibat sengatan sinar matahari. Sementara itu, Vitamin C akan membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu tubuh kamu menyerap zat besi. Hal ini pada gilirannya dapat membantu menyembuhkan luka dan bekas luka, termasuk jerawat. 

Dari keenam bahan makanan di atas, mana kah yang paling kamu suka? 

Baca Juga :

Ingin Hilangkan Jerawat? Coba Ubah Kebiasaan Kamu dengan Cara Berikut!

5 Bagian Tubuh Ini Sering Jerawatan? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kulit Kepala Jerawatan? Ini Cara Mengobati dan Mencegahnya!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Agar Awet Muda ala Wanita Indonesia

Setiap negara memiliki tips dan rahasia kecantikannya sendiri