Jerawat adalah kejutan yang sangat tidak menyenangkan. Semua orang di dunia ini pasti pernah berjerawat. Bahkan, selebriti yang harus selalu menjaga penampilan tetap sempurna pun masih diadapkan dengan masalah yang sama. Tak jarang, jerawat muncul di bagian tubuh lain selain wajah, seperti di dada, kulit kepala, punggung, leher, bahkan di kaki.

Namun, tahukah kamu? Sering kali jerawat disebabkan oleh faktor eksternal dan dapat sebenarnya masalah ini bisa diobati dengan mudah. Berikut adalah penyebab dari timbulnya jerawat di berbagai bagian tubuh dan bagaimana cara menghilangkannya:

  1. Jerawat di punggung dan bahu

Jerawat punggung dan bahu bisa disebabkan oleh tali ransel atau pakaian sintetis yang ketat. Jika kamu mendapati jerawat merah kecil, kemungkinan itu adalah reaksi terhadap bahan pembersih atau bahan kimia rumah tangga yang kamu gunakan. Selain itu, hobi makan makanan berlemak dan gorengan juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Jerawat yang muncul di punggung atau bahu bisa diatasi dengan cara mandi air asin seminggu sekali atau mandi dengan air cuka sari apel dengan perbandingan 1 (untuk cuka) dan 2 (untuk air).

  1. Jerawat di dada

Penyebab paling umum dari jerawat di dada adalah reaksi alergi terhadap bedak, sabun, lulus, atau shower gel. Selain itu, ada juga kemungkinan jerawat timbul akibat reaksi terhadap minuman dingin, rempah-rempah, dan atau makanan laut.

Cara mengatasi jerawat di dada tidaklah sulit. Cukup campurkan sedikit soda kue dengan air hingga membentuk pasta, lalu pijat lembut pasta tadi ke kulit kamu. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

  1. Jerawat di leher

Salah satu penyebab dari jerawat di leher adalah kerah baju yang terlalu ketat. Hal ini bisa membuat kulit kamu lecet dan menyebabkan jerawat. Selain itu, jerawat di leher juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap sampo atau produk kosmetik lain yang mengenai leher kamu. 

Cara mengatasinya adalah dengan mengusap leher menggunakan kapas yang dibasahi air lemon atau jeruk nipis, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Jerawat di lengan

Masalah sistem pencernaan, reaksi alergi terhadap detergen, dan antibiotik dapat menyebabkan munculnya jerawat di lengan kamu. Jika kamu sering pergi ke kolam renang, sauna, atau gym, ada kemungkinan kamu terkena infeksi jamur hingga meradang. Itulah yang menyebabkan jerawat muncul di lengan kamu. 

Jika jerawat yang timbul bukan disebabkan oleh jamur, kamu bisa merawatnya dengan mudah. Caranya adalah menggunakan kentang. Kamu bisa potong kentang mentah menjadi dua, lalu gosokkan pada area yang berjerawat dengan pelan. Diamkan selama setengah jam, lalu bilas sampai bersih. 

  1. Jerawat di kaki

Tidak menjaga kebersihan dan menggunakan pakaian sintetis yang ketat adalah alasan paling umum dari munculnya jerawat di kaki kamu. Jerawat juga bisa muncul setelah kamu bercukur. Ketika kamu mencukur bulu kaki menggunakan pisau cukur yang tumpul, maka ini bisa menyebabkan jerawat. Jika kamu mencukur dengan arah berlawanan dari arah tumbuhnya rambut, ini juga bisa memicu jerawat. 

Untuk mengatasi jerawat di kaki, gunakanlah tea tree oil. Caranya, tambahkan 5 sampai 6 tetes tea tree oil ke sabun mandi kamu, dan mandilah seperti biasa. 

Baca Juga :

Hati-hati Ladies! Ini Beberapa Kesalahan Make Up Yang Bisa Menyebabkan Jerawatan

Muka Berminyak Dan Jerawatan? Ikutin Cara-cara Mencegah Bertambahnya Jerawat Di Muka Kamu

Lagi Jerawatan Tapi Harus Pakai Make Up? Gimana Yah Caranya Supaya Jerawat Gak Tambah Parah?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Agar Awet Muda ala Wanita Indonesia

Setiap negara memiliki tips dan rahasia kecantikannya sendiri