Semua orang pasti ingin tetap awet muda selama mungkin, baik untuk kesehatan maupun penampilan. Menariknya, menurut sebuah penelitian, genetika hanya menyumbang sekitar 20% dari penuaan orang, sementara faktor lingkungan dan gaya hidup memainkan peran yang jauh lebih besar.

Tidak cukup dengan perawatan kulit alias skincare saja, berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat jiwa dan raga tetap awet muda:

  1. Kontrol tingkat stres kamu

Telomer (ujung kromosom) bertanggungjawab atas proses penuaan dalam sel kita. Semakin pendek telomer kita, semakin cepat kita menua. Nah, dalam hal ini stres kronis bisa menyebabkan telomer lebih pendek, itulah sebabnya penting untuk mengelola tingkat stres kamu jika ingin awet muda. 

Meditasi adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tingkat stres dan membuat tubuh lebih rileks. Meditasi juga membantu mencegah pemendekan telomer. 

  1. Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang kamu sukai

Penelitian juga membuktikan bahwa orang yang tinggal di komunitas yang aman, nyaman, ramah, dan menyenangkan, memiliki telomer yang lebih panjang. Jadi, berinvestasi di lingkungan yang demikian.

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang menikah dan mempertahankan persahabatan yang lama juga memiliki telomer yang lebih panjang. Itu artinya, mereka mengalami penuaan yang sedikit lebih lambat daripada yang lain. 

  1. Makan lebih sedikit untuk hidup lebih lama

Pembatasan kalori (makan lebih sedikit) tanpa mengurangi kandungan gizi, dapat memperlambat metabolisme manusia dan membantu kita awet muda lebih lama. Peneliti mengamati dua kelompok monyet selama dua tahun. Ternyata, monyet yang menjalani diet rendah kalori hidup lebih lama dan tetap sehat.

Nah, kamu juga bisa mengatur pola makan kamu untuk tetap awet muda dan hidup lebih lama. Caranya, hindari semua jenis makanan olahan karena fosfat yang ditambahkan ke makanan olahan bisa mempercepat proses penuaan. 

Sebaliknya, pastikan untuk memasukkan makanan anti-penuaan dalam menu makan kamu, seperti blueberry, cokelat hitam, kacang-kacangan, buah ara, salmon, alpukat, kunyit, dll. Dengan demikian, kamu akan menurunkan risiko penyakit jantung, melindungi kulit dan penglihatan, mendukung fungsi kognitif, dan meningkatkan kesehatan usus.

  1. Jangan cuma olahraga, otak juga harus diolah

Berolahraga memang penting, tapi jangan lupa untuk melatih otak kamu. Cobalah untuk membaca buku, belajar bahasa asing, dan bermain game yang melibatkan aktivitas mental. Karena, dengan membuat otak kamu bekerja secara aktif, kamu dapat memperlambat proses penuaan. Studi terbaru menunjukkan bahwa belajar dapat meningkatkan jumlah neuron yang membantu otak tetap awet muda.

  1. Beralih ke kosmetik alami

Cobalah untuk memakai lebih sedikit kosmetik berbahan kimia karena kandungan di dalamnya bisa mengganggu estrogen dan mempengaruhi kesuburan wanita normal. Akibatnya, kamu malah berisiko mengalami penuaan dini. Untuk itu, cobalah beralih ke kosmetik yang lebih alami. 

Jika kamu memang pecandu make up yang tidak bisa menjalani hari tanpa make up, maka usahakan untuk terus membersihkan wajah dengan rutin setiap hari. Jangan sampai kamu tidur dengan wajah penuh make up semalaman. 

  1. Habiskan waktu 15 menit per hari di bawah sinar matahari

Saat ini, semua majalah wanita meyakinkan kita bahwa menggunakan tabir surya atau sun screen adalah sebuah kewajiban, bahkan di saat mendung dan musim dingin pun kita dianjurkan untuk menggunakannya.

Tapi, Cancer Research United Kingdom menyarankan kita untuk menghabiskan waktu sekitar 15 menit di bawah sinar matahari tanpa tabir surya. Disebutkan bahwa kebiasaan berjemur dalam waktu tertentu bisa membantu kamu mendapatkan vitamin D tanpa risiko terkena kanker kulit.

  1. Tidurlah satu jam lebih awal

Para ahli mengatakan bahwa tidur yang kita dapatkan antara jam 11 malam sampai jam 3 pagi, bertanggung jawab untuk nutrisi dan regenerasi. Itulah sebabnya kamu harus tidur pada jam 11 malam atau lebih awal.  Idealnya, seseorang harus tidur 7 sampai 8 jam di setiap malam. Karena, jika kamu kurang tidur, maka itu akan memengaruhi perasaan dan juga penampilan.

Penelitian Harvard Medical School menunjukkan bahwa orang yang biasanya tidur kurang dari 7 jam di malam hari, kemudian mulai membiasakan diri untuk tidur setidaknya satu jam lebih awal, mengalami perubahan positif pada tekanan darah. Tentu saja hal ini membantu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Baca Juga :

Inilah 7 Hal yang Dilakukan Wanita India untuk Tetap Cantik dan Awet Muda

4 Hormon Penting Untuk Kecantikan Wanita Agar Tetap Awet Muda

Skincare Para Wanita Jepang Untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan