Tidak semua produsen makanan jujur kepada konsumen. Ada kemungkinan makanan yang kamu beli setiap hari menyimpan fakta mengejutkan yang tak pernah terpikir olehmu sebelumnya. Berikut adalah beberapa fakta tentang produk makanan populer yang wajib kamu tahu : 

  1. Keripik Kentang

Kebanyakan keripik kentang tidak terbuat dari kentang. Pabrik biasa menggunakan tepung (baik tepung gandum atau jagung) dan campuran pati. Biasanya, adonan keripik hanya mengandung tidak lebih dari 42% kentang. Rasa kentang yang seakan alami itu berasal dari bantuan zat perasa. 

Tapi, ada juga produsen yang menggunakan kentang asli. Penting untuk diketahui bahwa produk yang asli semacam itu dikenakan pajak yang lebih besar, sehingga harga keripik kentangnya tidak murah. 

  1. Keju Sandwich

Kebanyakan keju baik tipe sandwich, keju parut, atau irisan tidak selalu mengandung keju. Untuk menghemat uang dan menyederhanakan proses, beberapa produsen mengganti susu dengan protein whey atau minyak sawit. Proses ini disebut pembuatan produk keju, bukan keju asli. Tapi tentu saja produsen tidak akan mencantumkannya pada label. 

  1. Makanan kaleng

Biasanya, pada label produk kalengan kamu bisa melihat informasi berat total produk dalam ukuran font yang lebih besar. Sedangkan berat produk yang sudah kering akan hadir dengan ukuran font yang lebih kecil atau bahkan tidak disebutkan.

  1. Cokelat dengan kacang

Coklat batang versi kacang biasanya hanya berisi 3 sampai 5 kacang yang dapat dihancurkan atau diganti varietas kacang yang lebih murah. Akan sulit melihat perbedaan kacang murah dan kacang mahal. Tapi, dengan mencantumkan kacang mahal pada kemasan, harga coklat batang kamu bisa 2 sampai 3 kali lebih mahal dari cokelat murah lainnya. 

  1. Chicken nugget

Ini adalah produk favorit masyarakat terutama anak-anak. Meskipun disebut “nugget ayam”, mereka tidak benar-benar mengandung banyak daging ayam, loh. Faktanya, campuran untuk nugget hanya terdiri dari 50% daging ayam cincang, kemudian 50% sisanya adalah kedelai dan sedikit daging sapi.

  1. Kopi instan

Apa pun yang dikatakan dalam iklan, kopi instan tidak akan mengandung 100% kopi alami. Pasalnya, itu terbuat dari kacang alami yang digiling dan diproses dengan air panas. Kemudian diolah menjadi bubuk kopi instan, butiran (granulated), atau dibekukan dan dikeringkan (freeze-dried). Namun sebagai akibat dari proses ini, kopi kehilangan sebagian besar rasa dan aromanya. Nah, kekurangan  ini diperbaiki dengan bantuan perasa kopi.

  1. Butter

Tidak semua produk mentega dengan tulisan “butter” benar-benar murni butter. Komposisi mentega alami sebenarnya cukup sederhana, yaitu susu murni dan krim. Jika bahan-bahan ini tidak tercantum pada kemasan, kemungkinan besar itu adalah margarin bisa. Butter asli tidak pernah hancur dan tidak menempel di pisau jika baru saja dikeluarkan dari lemari es.

  1. Frozen Food 

Saat menjual produk makanan beku dalam bentuk apa pun, entah itu udang, ikan, atau bahkan sayuran, berat produk sangatlah penting. Oleh karena itu, untuk menaikkan harga, beberapa produsen menambahkan air ke dalam kemasan, di mana air ini bisa mencapai 50% dari berat barang. Dalam beberapa kasus, selain air, kemasan dapat berisi bagian lain yang tidak dapat dimakan. Tentu saja kamu tidak akan menyadarinya karena kamu membeli produk dalam keadaan beku. Namun akibatnya, kamu hanya mendapatkan 25% sampai 35% dari produk asli.

  1. French Fries 

Penjual sering menggunakan teknik visualisasi dan perbandingan dengan memberikan pilihan ukuran small, medium, dan large. dan perbandingan. Padahal, dalam kebanyakan kasus, rata-rata dan besar french fries akan sama, terlepas dari kardus kemasannya yang berbeda. 

Di beberapa restoran cepat saji, perbedaan antara porsi besar dan kecil hanya terletak pada kemasan itu sendiri. Dan terkadang kemasan sedang bisa berisi lebih banyak kentang daripada yang besar. 

Baca Juga :

Lagi Diet? Hati-hati 6 Makanan Populer Ini Mengandung Banyak Gula

Ternyata 6 Makanan Populer Berikut Ini Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

10 Makanan Pembakar Lemak yang Akan Membantu Anda Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,