Jerawat adalah musuh semua orang. Tidak hanya membuat penampilan jadi tidak oke, tapi jerawat juga bisa sangat menyakitkan. Saat kamu mencuci wajah atau mengaplikasikan make up, jerawat bisa sangat menyiksa. Terlepas dari banyaknya produk anti jerawat yang dijual di pasaran, sebenarnya kebiasaan dan gaya hidup memegang peranan penting dalam hal ini.

Ada beberapa kebiasaan yang harus kamu hilangkan dari hidupmu jika kamu ingin jerawat juga hilang. Coba lakukan kebiasaan ini mulai sekarang, agar kamu terhindar dari masalah jerawat :

  1. Jauhkan tangan dari wajah kamu

Jika memeriksakan diri ke dokter kulit, kemungkinan besar saran dari mereka adalah “Jangan memencet jerawat” dan itulah hal benar yang harus kamu lakukan. Segatal apa pun kamu terhadap jerawat, usahakan untuk selalu menjauhkan tangan dari wajah. Jangan memencet jerawat karena ini akan membuatnya lebih parah, apalagi ketika tangan kamu kotor. 

  1. Lakukan dengan hati-hati jika ingin mengobati jerawat dengan bahan rumahan 

Banyak yang menyebutkan bahwa pasta gigi dan air lemon adalah obat terbaik untuk jerawat. Tapi, kamu tidak boleh menggunakannya secara asal. Hati-hatilah saat mengaplikasikan produk rumahan untuk mengobati jerawat. Belum tentu produk yang disebutkan di internet efektif untuk mengobati jerawat di wajah kamu.

Jika ingin menggunakan pasta gigi, sebaiknya kamu urungkan lagi niat kamu. Karena, pasta gigi tidak akan efektif untuk membersihkan jerawat. Dahulu, pasta gigi mengandung bahan yang disebut triclosan. Bahan ini memiliki sifat anti mikroba dan disebut dapat menurunkan tingkat bakteri penyebab jerawat. Untuk itu, pasta gigi dijadikan salah satu bahan untuk mengurangi peradangan dan mengobati jerawat.

Namun, ketika triclosan diketahui menjadi penyebab alergi kulit, maka bahan ini dihilangkan dari sebagian besar pasta gigi, sehingga tidak lagi berguna dalam mengobati jerawat.

Jika kamu ingin mencoba jus lemon untuk mengobati jerawat, coba pikirkan lagi. Karena, jus lemon juga bisa mengiritasi kulit dan mungkin tidak berpengaruh pada jerawat kamu. 

  1. Kompres hangat dan dingin

Panas adalah cara sederhana untuk menenangkan kulit yang sedang teriritasi. Jadi, jika kamu menemukan ada bagian kulit yang meradang, coba gunakan kompres hangat dengan handuk bersih atau coba uap air panas untuk menenangkan kulit. 

Sebagai cara alternatif, jika tidak ingin menggunakan kompres panas, kamu juga bisa memakai kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan akibat jerawat besar. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit dari iritasi jerawat.

  1. Cuci muka secara teratur

Kelenjar minyak pada kulit wajah akan tetap aktif sepanjang hari. Kelenjar minyak kan bercampur dengan debu, kotoran, make up, dan lain-lain. Senua partikel ini akan meresap ke pori-pori dan pada akhirnya menyebabkan jerawat. 

Kamu perlu membersihkan muka secara berkala. Pastikan kamu mandi dua kali dalam sehari dan cuci muka setiap sebelum tidur. Jangan sampai kamu tidur dengan kondisi wajah kotor dan berminyak. Hal ini hanya akan memperparah jerawat kamu. 

  1. Atur pola makan

Jerawat tidak hanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti produk kosmetik atau wajah kotor, tetapi juga disebabkan oleh faktor internal yaitu makanan. Jika kamu mengonsumsi banyak makanan yang tinggi gula dan protein secara berlebihan, maka kamu akan berisiko memunculkan jerawat atau memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada. 

Untuk itu, cobalah mengatur pola makan, meminimalkan stres, dan rajinlah berolahraga. Konsumsi banyak buah dan sayuran hijau dan hindari makanan berminyak dan tinggi gula.

Baca Juga :

5 Bagian Tubuh Ini Sering Jerawatan? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

5 Bagian Tubuh Ini Sering Jerawatan? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

6 Posisi Jerawat Ini Bisa Menandakan Masalah Kesehatan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Buang-buang Uang Untuk 6 Produk Kecantikan Ini

Wanita kerap tergiur dengan produk kecantikan baru yang