Semut menginginkan hal yang sama seperti yang diinginkan semua makhluk: air, makanan, dan tempat berteduh. Itulah sebabnya serangga berukuran gigitan ini memiliki kebiasaan menyerang rumah kita. Dan meskipun serangga kecil ini tidak berbahaya atau berbahaya bagi kesehatan, mereka sering kali menjadi pemandangan yang tidak menyenangkan, atau lebih buruk lagi, mengunyah kabel listrik yang penting.

Meskipun kita dapat melakukan segala upaya untuk menjaga rumah kita tetap bersih dan rapi, bahkan membersihkan area yang terlupakan itu, terkadang tidak cukup untuk menjauhkan makhluk-makhluk itu. Saat itulah solusi untuk menghilangkan semut berikut ini akan sangat berguna. 

1. Lemon

Buah jeruk seperti lemon, limau dan jeruk adalah pengusir semut alami yang hebat. Lemon beracun bagi jenis jamur tertentu yang dimakan semut, oleh karena itu menempatkan kulit lemon atau jus lemon di sekitar rumah Anda akan membuat semut tetap bersih. Anda juga dapat menggunakan pembersih beraroma jeruk di sekitar rumah Anda, namun hindari larutan beraroma sintetis karena tidak akan berpengaruh.

2. Minyak pepermin

Tesis Universitas Georgia menemukan bahwa minyak esensial yang diekstraksi dari tumbuhan seperti spearmint dan peppermint dapat mengusir semut Argentina. Jenis semut ini dianggap tidak berbahaya, seperti semut hitam dan semut taman hitam yang umum di Inggris.

Masukkan beberapa tetes ke dalam pembakar dupa minyak dan letakkan di dekat sumber infestasi semut Anda. Atau encerkan sedikit minyak dalam air dan semprotkan ke area yang terkena. Alternatif yang layak untuk pengusir semut kimia, minyak peppermint aman digunakan di sekitar anak-anak dan membuat rumah Anda juga harum.

3. Tea tree oil

Minyak esensial lain yang berfungsi ganda sebagai pengusir serangga dapat ditemukan di lemari kamar mandi Anda. Satu studi menemukan bahwa tea tree oil memiliki “anti insektisida”.

Tea tree oil juga baik untuk kulit dan karena itu merupakan obat alami yang aman dan bagus untuk menyingkirkan semut di rumah. Seperti halnya peppermint, semprotkan tea tree oil yang diencerkan pada kawanan semut.

4. Bedak talek

Bedak talek bisa digunakan dan semut tidak akan melewatinya. Plus, bedak atau bedak bayi lebih aman untuk hewan peliharaan dan anak-anak juga. Bedak talek bekerja dengan memutus jejak feromon semut. Selain itu bedak diserap melalui kulit mereka dan menyumbat saluran udara mereka, membunuh mereka untuk selamanya.

5. Pembersih kaca

Anti semut umum lainnya adalah botol pembersih kaca bekas yang bagus. Anda dapat menyemprotkan langsung ke sumbernya atau mengencerkannya dengan sabun cair dan menyemprotkan ke area yang bermasalah. Pembersih kaca bekerja dengan menghilangkan jejak feromon beraroma yang ditinggalkan semut dan diandalkan untuk menemukan jalan kembali.

6. Kayu Manis

Satu penelitian menunjukkan bahwa trans-cinnamaldehyde – senyawa yang ditemukan dalam kayu manis – efektif untuk membunuh dan mengusir semut, termasuk menggigit semut merah. Kayu manis tidak hanya mengusir semut, tetapi juga membuat rumah Anda harum dan segar. 

Letakkan kayu manis di dekat pintu masuk rumah Anda dan itu akan bertindak seperti pengusir alami karena baunya yang kuat. Anda juga bisa menambahkan beberapa minyak esensial ke kayu manis untuk meningkatkan aromanya. Trik lain adalah untuk melapisi bola kapas dengan bubuk kayu manis atau minyak kayu manis dan meninggalkan dekat penampakan semut.

7. Cuka

Begitu Anda melihat semut yang tidak diinginkan, campurkan larutan 50% cuka biasa atau cuka putih dan 50% air dan tuangkan ke area yang Anda lihat. Jika Anda mau, Anda bahkan dapat menggunakan larutan cuka 100%. Meskipun cuka membunuh semut, cuka dapat mengusir mereka terlebih dahulu. Semut bisa mencium bau cuka bahkan setelah mengering – oleh karena itu, metode ini adalah solusi jangka panjang untuk masalah Anda.

Baca Juga :

6 Tips Sederhana Untuk Mengurangi Kesemutan dan Varises

Bagaimana Cara Mengusir Semut di Dapur Tanpa Menggunakan Bahan-Bahan Kimiawi

Simak 7 Tanda di Tangan yang Dapat Menunjukkan Masalah Kesehatan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita