Bekerja di depan komputer selama berjam-jam dalam sehari dengan postur yang tidak baik, dapat berbahaya bagi kesehatan. Jika salah posisi, bisa-bisa badan kamu jadi sakit, seperti nyeri otot misalnya.

Nah, demi menjaga kesehatan, ada postur tertentu yang perlu kamu pelajari agar dapat bekerja dengan nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan. 

  1. Pastikan kamu duduk di kursi yang pas 

Seperti halnya memilih ukuran sepatu, kamu juga perlu memilih ukuran kursi yang sesuai dengan bentuk tubuh. Kursi dengan ukuran yang pas, akan membuat perbedaan dalam hal kesehatan dan kenyamanan selama bekerja. 

Pilihan terbaik adalah memilih kursi yang dapat disesuaikan kebutuhan. Misal, dapat disesuaikan saat kamu ingin bekerja tegak, dan dapat disesuaikan saat kamu ingin bersantai dan bersandar. 

Pilihlah kursi dengan ukuran satu inci lebih lebar dari pinggul kamu pada setiap sisinya. Hal ini akan memungkinkan kamu duduk dengan nyaman. Selain itu, periksa juga apakah ada celah setidaknya setengah inci antara tepi kursi dan bagian belakang lutut kamu. 

  1. Pilih kursi dengan penyangga atau buat penyangga sendiri

Kursi yang ramah postur harus memiliki penyangga punggung yang baik. Ini artinya, kursi harus berkontur mengikuti kurva alami berbentuk S dari tulang belakang kita. Kursi yang tidak menopang daerah pinggang atau punggung bawah degan baik, bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tulang belakang.

Tentu saja kursi dengan fitur baik memiliki harga yang tak murah. Namun, ada alternatif agar kamu bisa mendapatkan kursi yang baik dengan biaya yang lebih terjangkau. Caranya, manfaatkan gulungan handuk atau bantal kecil sebagai bantalan untuk punggung kamu. Tetapi ingat, ukuran handuk atau bantal harus tepat, agar posisi tulang belakang tetap terjaga.  

  1. Coba ikuti langkah sederhana ini untuk mendapat postur duduk yang benar

Sekarang setelah kamu mendapatkan kursi yang ideal, cobalah duduk dengan cara yang benar.

Caranya, mulai duduk di ujung kursi dan membungkuk penuh, dengan posisi leher dan bahu digulung ke depan.

Kemudian, perlahan-lahan luruskan tulang belakang kamu dengan menarik kepala dan bahu ke atas, dan mendorong punggung bawah ke depan. 

Tahan pose ini selama beberapa detik sebelum melepaskannya sedikit demi sedikit, lalu geser ke belakang hingga kamu mencapai sandaran kursi. Nah, inilah posisi duduk yang baik dan benar.

  1. Pastikan kaki kamu tetap rata di lantai

Saat duduk di kursi, sebaiknya kamu tidak menyilangkan kaki. Karena, kaki yang disilangkan dapat mengurangi aliran darah dan dapat menyebabkan nyeri otot. Usahakan kaki tetap lurus dan tertanam kuat di tanah. 

Para ahli menyarankan untuk mempertimbangkan melepas sepatu hak tinggi saat kamu sedang duduk dan bekerja. Sebagai gantinya, gunakan sandal yang rata, seperti slipper atau sandal jepit. 

  1. Perhatikan sudut duduk

Siku dan lutut kamu, idealnya harus ditekuk pada sudut 90°, sedangkan pinggul dapat sedikit melampaui sudut untuk mendukung sandaran. 

Nah, selanjutnya, layar komputer harus diatur setinggi mata atau eye level untuk menghindari ketegangan pada leher dan mata. 

Selain itu, keyboard juga harus ditempatkan sekitar 4 hingga 6 inci dari tepi meja sehingga pergelangan tangan memiliki ruang untuk beristirahat.

Perlu diingat, artikel ini hanya sebatas informasi umum, jika kamu memiliki keluhan tertentu terkait postur duduk dan gangguan kesehatan lainnya, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi.

Baca Juga :

Bahayanya Duduk Terlalu Lama Saat Kerja

5 Alasan Mengapa Berat Badan Naik Setelah Mulai Bekerja

Wifi di Rumah Lemot? Coba 7 Tips Ini untuk Memperbaikinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Anak Lebih Suka pada Pasangan Kamu? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Peristiwa di mana anak lebih dekat atau lebih