Banyak orang mengalami kenaikan berat badan yang signifikan setelah terjun ke dunia kerja. Bagaimana tidak? Saat ini para karyawan cenderung menghabiskan waktu dengan duduk di meja selama berjam-jam sambil menatap layar komputer. Kebiasaan kerja tersebut bisa memiliki efek fisiologis yang buruk pada tubuh kamu.

Coba perhatikan beberapa alasan mengapa berat badan kamu bisa bertambah setelah mulai bekerja dan bagaimana cara mengatasinya : 

  1. Kamu ikut makan-makan dengan rekan kerja bahkan saat kamu masih kenyang 

Ulang tahun rekan kerja, pesta bersama rekan kerja, mencicipi makanan yang dibawa rekan kerja, adalah beberapa alasan utama mengapa kamu terus mengalami kenaikan berat badan di tempat kerja. Kamu mungkin bahkan tidak menyadari bagaimana irisan kecil kue tart berubah menjadi lemak ekstra di pinggang kamu.

Bagaimana cara mengatasinya?

Ketika sepotong makanan lezat dipajang di tempat kerja, orang cenderung akan lebih sering makan, apalagi sambil kerja. Nah, kamu bisa membawa toples untuk menyimpan makanan-makanan itu di dalam laci, atau kamu bisa menolak makanan dari rekan kerja dengan cara yang sopan. 

  1. Kamu asal makan 

Saat bekerja, kamu mungkin akan merencanakan waktu makan dengan klien atau rekan kerja lain di kantor. Nah, salah satu keputusan yang sering dilakukan adalah memesan makanan cepat saji, atau makan di kafe dan berujung memesan banyak makanan dan minuman yang tinggi gula. 

Apalagi jika kamu dan rekan kerja harus lembur sampai malam, kemungkinan untuk memesan makanan lewat layanan pesan antar pun lebih besar. Pada malam hari, bisa jadi kamu dan rekan kerja tiba-tiba ingin pizza dan pasta yang penuh lemak. 

Bagaimana cara mengatasinya?

Buatlah daftar semua yang akan kamu makan selama satu minggu. Metode ini akan membantu kamu mengontrol kalori masuk dan mengontrol makanan sehat yang harus dikonsumsi.

  1. Suhu dan pencahayaan di ruang kerja mempengaruhi nafsu makan

Penelitian menunjukkan bahwa ruangan yang remang-remang dapat meningkatkan nafsu makan. Pengaruh pencahayaan ini akan sangat terasa ketika kamu lembur sampai malam. Aturan yang sama berlaku untuk suhu ruangan. Semakin rendah suhu ruangannya, maka semakin kamu ingin makan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Keluarlah untuk mencari udara segar dan jalan-jalan sebentar saat cuaca sedang cerah. Hal ini memberikan keajaiban bagi tubuh dan jiwa. Selain itu, jika kamu kedinginan di dalam ruang kerja,  bawalah sweter yang nyaman. 

  1. Bekerja lembur

Bekerja lebih lama alias lembur dapat memengaruhi berat badan seseorang. Jika kamu kurang waktu luang, maka kamu pun akan lebih sering melewatkan olahraga. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan. Makin kamu kurang tidur, maka hormon yang menyebabkan rasa lapar juga meningkat.

Bagaimana cara mengatasinya?

Gerakkan badan kamu! Ketika kamu tidak punya waktu untuk berolahraga, cobalah untuk lebih sering menggunakan tangga dan berjalan jauh daripada naik lift atau naik bus. Jangan lupa untuk menjaga kualitas tidur juga.

  1. Stres

Tingkat stres yang konsisten di tempat kerja atau bekerja di bawah tekanan, dapat menjadi salah satu alasan utama mengapa kamu mengalami kenaikan berat badan. Karena, tingkat stres yang tinggi meningkatkan kadar hormon kortisol, yang memicu keinginan untuk makan makanan manis dan berlemak.

Bagaimana cara mengatasinya?

Aktivitas fisik dan durasi tidur yang baik adalah solusinya. Kamu juga harus ingat, bahwa makanan bukanlah jalan untuk menyelesaikan masalah kamu. Ada banyak cara untuk mengurangi tingkat stres, misalnya latihan pernapasan dan relaksasi. 

Baca Juga :

Konsumsi 4 Sumber Probiotik Ini Untuk Bantu Turunkan Berat Badan

12 Tips Penurunan Berat Badan Yang Benar-Benar Ampuh!

5 Latihan Penurunan Berat Badan Terbaik, Berdasarkan Pembakaran Kalori

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan