Kamu akan terkejut betapa banyak manfaat yang bisa didapat dari bermain role-play dengan anak-anak dan betapa hal itu membantu perkembangan mereka. Misalnya, jika anak kamu suka bermain dokter-dokteran, mereka mungkin akan menunjukkan lebih banyak empati kepada anak lain. Atau jika mereka suka bermain-main dengan make up, itu bisa meningkatkan harga diri mereka ketika mereka mencapai usia remaja.

Berikut adalah daftar permainan yang akan meningkatkan kecerdasan anak :

  1. Bermain Dokter-Dokteran

Permainan pura-pura atau role-play bisa menjadi sarana yang hebat untuk perkembangan otak serta perkembangan sosial dan kognitif anak. Ini dapat membantu melatih keterampilan sosial, bahasa, imajinasi, dan memperluas pengetahuan anak tentang dunia.

Berpura-pura menjadi dokter adalah salah satu dari banyak permainan peran yang dapat dinikmati anak-anak kita, dan dengan cara merawat boneka-boneka atau mainan favorit anak, maka kegiatan ini membantu membuat anak lebih berempati ketika mereka besar nanti.

Manfaat lain dari permainan role-play termasuk pengembangan:

  • Kreativitas dan imajinasi
  • Kepercayaan dan harga diri yang lebih baik
  • Empati
  • Kemampuan berpikir
  • Keterampilan sosial
  • Kesehatan mental yang baik
  • Keterampilan bahasa dan komunikasi
  1. Bermain Tebak-tebakan

Permainan Tebak-tebakan memiliki banyak manfaat pendidikan penting bagi anak-anak kita. Berikut adalah manfaat dari bermain tebak-tebakan :

  • Melatih anak cara membedakan warna
  • Melatih anak-anak cara mengidentifikasi hal yang berlawanan, seperti “mata besar” dan “mata sipit”
  • Melatih anak keterampilan deskriptif, seperti mendeskripsikan fitur wajah dan rambut
  • Meningkatkan artikulasi
  • Mengembangkan pemikiran logis
  1. Bermain dengan make up

Bermain dengan make up terbukti bisa menjadi sangat penting untuk meningkatkan harga diri anak kamu di masa mendatang. Bermain dengan make up dapat menumbuhkan kepercayaan diri karena anak kamu akan merasa dilibatkan dalam apa yang kamu lakukan. Anak kamu akan bersenang-senang dalam suatu aktivitas dengan orang favoritnya, mendapatkan banyak perhatian, dan mendapatkan pujian atas pekerjaan yang mereka lakukan dengan baik.

  1. Bermain Jenga

Jenga membutuhkan banyak konsentrasi, meningkatkan koordinasi mata, tangan dan juga melatih pengambilan keputusan. Ide utama dari permainan ini adalah mengajari anak-anak kita tentang kesabaran. Tidak hanya itu, menurut penelitian, jenga baik untuk melatih otak serta dapat meningkatkan dan meningkatkan kinerja kognitif.

  1. Bermain Puzzle

Puzzle adalah salah satu permainan terbaik untuk dimainkan bersama anak. Tidak hanya menyenangkan, tetapi aktivitasnya juga dapat sangat memengaruhi kemampuan kognitif. Mereka juga mengurangi risiko penyakit mental, seperti hilang ingatan, demensia, atau penyakit Alzheimer.

  1. Bermain Catur 

Catur adalah permainan yang sangat bermanfaat. Tentu saja, ini membutuhkan banyak strategi, pemecahan masalah, dan pemikiran kritis, tetapi menurut penelitian, catur juga dapat membantu memproses informasi lebih cepat. Kamu bisa mengajari anak bermain catur saat mereka sudah mampu memahami aturan main dan memiliki kesabaran yang cukup.

  1. Bermain Scrabble

Scrabble dapat memperkaya kosakata anak, meningkatkan daya ingat, dan menurut penelitian, orang yang sering bermain Scrabble banyak menggunakan bagian otak yang berbeda saat membuat keputusan leksikal.

Baca Juga :

4 Alasan Mengapa Orang Tua Harus Membiasakan Anak Mengucapkan “Terima Kasih” dan “Tolong”

Wah, Ternyata Ini Tanda-Tanda Orang Yang Memiliki Kecerdasan Super! Apakah Kamu Seperti Ini Juga?

Kecerdasan Adalah Hak Semua Orang, Terapkan Hal-Hal Ini Agar Kecerdasanmu Terus Terasah!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Rahasia Tersembunyi di Bioskop Film

Siapa sih yang tidak suka menonton film di