Kita semua ingin terlihat lebih muda dan ingin panjang usia. Meskipun warisan genetik berperan besar dalam proses penuaan, tapi sebenarnya pola makan kita juga memainkan peran penting dalam membantu kita mempertahankan kecantikan kulit dan tampil awet muda. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat kita terlihat jauh lebih muda dari usia sebenarnya :

  1. Alpukat

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa alpukat membuat berat badan bertambah karena kandungan lemaknya yang tinggi. Tapi mungkin kamu tidak tahu bahwa lemak itu sangat menyehatkan. Makan satu buah alpukat sehari dapat mengurangi kadar kolesterol dan mendukung proses regenerasi kulit. Alpukat dapat memberi tubuh kamu vitamin C, kalium, dan antioksidan, dan asam folat.

  1. Berries

Stroberi, blackberry, blueberry, anggur, buah-buah kecil ini mengandung sifat antioksidan yang mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel dan dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi. Sebaiknya kamu rajin mengonsumsi blueberry karena selain menunda penuaan, blueberry meningkatkan kemampuan kognitif dan membantu mencegah penyakit saluran kemih, Alzheimer, dan demensia.

  1. Wortel

Sayuran ini dikenal dapat melindungi mata berkat beta-karoten di dalamnya, yaitu zat yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Wortel dapat membantu retina dan bagian mata lainnya berfungsi dengan lancar. Selain manfaat untuk mata, ternyata wortel juga mampu melindungi kulit dari photoaging, yaitu kerutan dini pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Tapi ingat, kamu tidak boleh terlalu lama memasak wortel karena itu dapat mengurangi jumlah nutrisi dan vitamin penting di dalamnya.

  1. Buah jeruk

Buah jeruk merupakan sumber utama vitamin C dan asam folat. Jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam darah. Jika kamu mengonsumsinya secara teratur, jeruk akan membantu kamu mencegah masalah peredaran darah, masalah jantung, dan penyakit seperti asam urat yang menyebabkan nyeri hebat pada persendian.

Minum jus jeruk atau lemon saat perut kosong dapat membersihkan usus besar dan mendetoksifikasi tubuh. Selain itu, tubuh kamu akan menyerap nutrisinya terlebih dahulu, dan kamu akan merasa sehat dan bugar.

  1. Bawang putih

Bawang putih adalah senjata ampuh untuk membunuh sebagian besar infeksi jika digunakan dengan benar. Kita tahu bahwa nafas kita bisa sangat kuat jika mengonsumsi bawang putih dan baunya juga susah untuk dihilangkan, tetapi manfaat luar biasa yang ditawarkan bawang putih tidak dapat disepelekan juga, loh.

Sifat fungisida dan bakterisidanya menjadikan makanan ini salah satu antibiotik alami terbaik. Bawang putih juga dapat menyeimbangkan kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah dan hipertensi, serta membantu mengurangi risiko kanker tertentu.

  1. Dark chocolate

Kamu penggemar cokelat? Nah, kabar baik ini untuk kamu. Dark chocolate memiliki banyak manfaat kesehatan dan mengandung antioksidan seperti flavonoid yang dapat membantu melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar UV, melawan radikal bebas, dan meningkatkan kelembapan kulit. Tapi jangan terlalu senang dulu ya… Hanya coklat yang mengandung setidaknya 75% coklat murni yang akan memberi kamu semua manfaat antioksidan. Jadi, bukan cokelat yang manis-manis ya!

Baca Juga :

5 Fashion Tips Untuk Membuat Kamu Terlihat 5 Tahun Lebih Muda

5 Rahasia Membuat Tangan Kamu Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Alasan Mengapa Sebagian Wanita Terlihat Lebih Muda Sementara Wanita Lain Terlihat Lebih Tua

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Hilangkan Jerawat? Coba Ubah Kebiasaan Kamu dengan Cara Berikut!

Jerawat adalah musuh semua orang. Tidak hanya membuat