Hampir semua orang sudah paham bahwa tidur malam yang tidak berkualitas dapat mempengaruhi kesehatan, suasana hati, dan penampilan. Mereka memahami hal itu karena telah mengalaminya sendiri. Kamu pun pasti pernah mengalami tidur yang tidak nyenyak, bukan?

Meskipun banyak yang sudah paham tentang pentingnya tidur nyenyak di malam hari, tapi nyatanya masih banyak orang yang tidur kurang dari 7 jam pada malam hari. Tidurnya pun tidak berkualitas alias tidak nyenyak.

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu kualitas tidur yang buruk. Berikut adalah kebiasaan yang bisa membuat tidurmu tidak nyenyak :

  1. Langsung ke tempat tidur setelah lelah bekerja

Pada malam hari, setelah selesai dengan pekerjaan menumpuk yang membuatmu lelah, kamu pasti tergoda untuk segera meletakkan kepala di atas bantal dan istirahat. Tapi, sebenarnya jika kamu langsung ke tempat tidur, maka tidur malam kamu akan kurang berkualitas.

Ada hal yang harus kamu lakukan sebelum merebahkan badan ke tempat tidur, yaitu mandi air hangat, mengonsumsi camilan ringan yang sehat, membaca buku, atau meminum susu. Ritual malam seperti ini akan membuat tidur kamu lebih nyenyak dan sehat. 

  1. Minum teh hitam sebelum tidur

Selama bertahun-tahun, teh herbal banyak dikenal sebagai obat insomnia. Meskipun beberapa jenis teh seperti chamomile atau lavender dapat membantu kamu agar lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur, tetapi teh hitam tidak demikian. Teh hitam mengandung kafein tinggi yang justru dapat memicu insomnia. 

Jadi, jika ingin tidur pada malam hari, usahakan untuk tidak mengonsumsi teh hitam, ya.

  1. Tidur dengan selimut yang salah

Ada sebagian orang yang tidak bisa tidur tanpa selimut. Mungkin kamu salah satunya. Namun, kebiasaan tidur dengan selimut juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kamu memilih selimut yang salah. 

Hindari selimut yang berbahan polister. Karena, poliester adalah bahan sintetis, yang membuat tubuh tidak bisa bernapas lega saat kamu menggunakannya. Pada akhirnya, kamu akan kepanasan dan berkeringat. Tentu hal ini membuat tidur jadi tidak nyaman.

  1. Pergi ke gym di malam hari

Beberapa orang suka olahraga malam, pergi ke gym saat malam hari, misalnya. Tetapi tahukah kamu? Berolahraga terlalu larut mungkin lebih berbahaya daripada yang kamu kira. Pergi ke gym dalam waktu satu jam sebelum tidur, tidak akan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk menurunkan suhu. Kebiasaan ini justru membuat kamu sulit tidur atau selalu terbangun di tengah malam. 

Jika kamu memang suka berolahraga di malam hari, lakukan olahraga berintensitas rendah setidaknya 4 jam sebelum tidur.

  1. Tidak sarapan

Sarapan adalah makanan terpenting bagi tubuh. Meskipun kamu mungkin tidak punya waktu untuk menyiapkan sarapan, atau kamu sengaja melewatkan sarapan demi penurunan berat badan, namun tanpa sarapan kamu justru harus mengorbankan tidur berkualitas pada malam hari. 

Orang yang sering melewatkan sarapan cenderung kurang tidur dan bangun pagi dengan suasana hati yang tidak baik.

Baca Juga :

Susah Tidur? Ini 3 Teh Herbal Terbaik yang Dijamin Akan Membuat Kamu Tidur Nyenyak

Susah Tidur? Ini Cara-Cara Agar Kamu Lebih Mudah Tidur Nyenyak Menurut Sains

Tidak Bisa Tidur Nyenyak? 10 Hal Ini Bisa Jadi Alasannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan