Semua orang pasti pernah berbohong, meskipun hanya sekali seumur hidup. Entah itu berbohong demi kebaikan, berbohong untuk basa-basi, berbohong sebagai bahan untuk bercanda, atau benar-benar berbohong untuk menyembunyikan sesuatu. Karena hampir semua orang pernah berbohong, maka hampir semua orang juga pernah tertipu. 

Menariknya, ada beberapa contoh tipuan yang akibat terlalu sering terjadi, sampai-sampai dianggap normal bagi masyarakat. Mungkin kamu pun menganggap hal ini sebagai sesuatu yang normal.

Berikut adalah daftar tipuan yang sering sekali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari dan dianggap normal : 

  1. Gadget melacak minat

Tanpa sadar, gadget yang kita gunakan, seperti smartphone dan laptop, dapat melacak minat atau keinginan kita. Gadget akan melacak ketika kamu membicarakan tentang sepatu atau handphone baru dengan teman lewat aplikasi chatting. Gadget juga akan melacak aktivitas kamu di internet, misalnya saat kamu mencari tahu tentang sebuah produk, entah itu mencari gambar atau videonya. 

Nah, saat itulah akan bermunculan iklan atau konten rekomendasi di gadget, tentang produk yang kamu cari atau kamu inginkan.

Sebagian orang sudah mengetahui fakta bahwa minat mereka terlacak di gadget, tetapi tipuan ini sudah dianggap normal dan bukan menjadi masalah bagi kebanyakan orang.

  1. Mitos tentang pekerjaan impian

Banyak orang menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan hobinya. Karena dengan demikian, bekerja bisa terasa seperti bermain. Masalanya, di dunia ini tidak ada pekerjaan yang tanpa risiko atau tantangan. 

Sebesar apa pun rasa suka kamu terhadap pekerjaan yang kamu jalani, akan ada saatnya kamu merasa tertekan akan sesuatu, atau mengeluh akan sesuatu. Pekerjaan impian juga membutuhkan pengorbanan dan usaha seperti pekerjaan lainnya.

  1. Membuat pesta ulang tahun yang tidak dibutuhkan anak

Banyak orang tua yang berusaha menggelar pesta besar untuk merayakan ulang tahun anaknya, bahkan ketika anak masih berusia di bawah lima tahun. 

Coba kamu perhatikan, apakah anak kamu nyaman dengan pesta yang kamu adakan? Mereka bahkan belum bisa berbicara, belum bisa meniup lilin, memotong kue, atau membuka kado. 

Justru, saat pesta berlangsung, akan ada kemungkinan anak menjadi rewel lantaran tidak terbiasa dengan suasana ramai dan berisik di rumah. Akibatnya, anak sulit tidur dan orang tualah yang akan kesusahan.

  1. Terbiasa dengan stereotip tentang bentuk tubuh ideal 

Beberapa orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda dari mayoritas. Misalnya, jauh lebih tinggi, jauh lebih gemuk, jauh lebih pendek, atau jauh lebih kurus.

Sedangkan, rata-rata toko pakaian dan aksesoris hanya menyediakan produk bagi ukuran tubuh yang dianggap “normal” atau “ideal” di masyarakat. Mereka kerap menyebut ukuran normal tersebut sebagai “all size”.

Meskipun merasa kesal dan kecewa karena tidak dapat menemukan ukuran pakaian yang sesuai, namun orang-orang sudah mulai terbiasa dengan hal ini dan tidak mempermasalahkannya. Pada akhirnya, tidak ada pilihan lain selain batal membeli produk yang diinginkan.

  1. Makanan dan barang berharga selangit di bandara atau tempat wisata

Sudah bukan rahasia lagi jika barang-barang yang dijual di tempat strategis, seperti bandara, tempat wisata, stasiun, terminal, dan lainnya, memiliki harga yang fantastis.

Meskipun sudah tahu bahwa makanan, minuman, atau barang yang akan dibeli berharga tidak wajar, tapi banyak orang masih tetap membelinya. Tipuan ini sudah dimaklumi oleh sebagian besar orang.

  1. Menjadi korban diskon

Potongan harga atau diskon diberikan oleh para penjual agar semakin banyak pelanggan membeli produknya. Nah, trik potongan harga ini cenderung selalu berhasil untuk menaklukkan pelanggan.

Misalnya, saat kamu sedang belanja di supermarket, atau mencari produk secara online, kebetulan kamu melihat ada barang yang sedang diskon, kamu mungkin akan tertarik untuk membelinya.

Meskipun barang itu tidak kamu butuhkan, kamu tetap akan membelinya dengan alasan agar lebih hemat. Mungkin kam berpikir, “Kapan lagi dapat diskon segini”. Padahal, jika kamu tidak membelinya, kamu tidak akan mengeluarkan uang sepeser pun.

Baca Juga :

Perhatikan 5 Hal yang Dapat Menjauhkan Kamu dari Kesuksesan

Hacks Sederhana Untuk Mendapatkan Gaya Eyeliner yang Sempurna

Trik Makeup Setiap Wanita yang Harus Kamu Ketahui

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

HP Lemot? Coba 5 Trik Ini Agar HP Makin Gesit

Handphone (HP) yang lemot alias lambat, bukan berarti