Kurang tidur atau tidur tidak nyenyak, bisa membuat kita merasa lelah dan lesu saat bangun tidur. Padahal, setelah bangun dari istirahat panjang di malam hari, seharusnya badan lebih segar dan siap untuk menjalani aktivitas. 

Nah, untuk mengatasi masalah tidak bisa tidur nyenyak atau kurang tidur di malam hari, simak terlebih dahulu kemungkinan alasan mengapa kamu tidak bisa tidur nyenyak berikut ini:

  1. Suhu udara yang kurang tepat di dalam kamar 

Tidur dalam suhu yang hangat memang menyenangkan. Tetapi, sebenarnya suhu yang terlalu hangat itu kurang tepat untuk memicu tidur. Suhu optimal untuk tidur adalah 15°C sampai 23°C. Jika kamu merasa suhu optimal tersebut terlalu dingin, maka solusinya kamu bisa tidur dengan selimut dan jaket. 

  1. Olahraga pada malam hari

Latihan fisik pada malam hari dapat merangsang sistem saraf kamu, sehingga membuat kamu sulit untuk tidur. Jika ingin tidur lebih nyenyak, hindari pergi ke gym atau olahraga apa pun setidaknya 3 jam sebelum tidur. 

  1. Jadwal tidur berantakan

Demi mendapatkan istirahat penuh yang berkualitas, tubuh kamu membutuhkan waktu tertentu. Mulai sekarang, coba buat jadwal tidur dan biasakan tubuh kamu untuk mengikuti jadwal tidur tersebut. Caranya, usahakan untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam. Sebaiknya kamu tidur antara pukul 22.00 dan 01.00.

  1. Pencahayaan yang salah di dalam kamar

Untuk dapat tidur dengan nyenyak, semakin gelap ruangannya akan semakin baik untuk kamu. Karena, cahaya terkecil sekalipun dapat mengacaukan tidur kamu. Oleh karena itu, singkirkan semua sumber cahaya atau gunakan penutup mata untuk tidur.

  1. Suara bising

Suara bising di malam hari, baik itu suara mobil di jalan atau suara keras dari rumah tetangga, dapat menghalangi tubuh untuk beristirahat. Jika suara-suara mengganggu tersebut tidak dapat kamu atas, maka tutup telinga kamu dengan penyumbat telinga untuk membantu mengurangi polusi suara.

  1. Kamu memakai kamar untuk keperluan lain

Kamar tidur didesain untuk istirahat. Jadi, jika kamu menggunakannya untuk keperluan lain seperti bekerja, misalnya, maka kualitas tidur kamu akan menurun. Hal ini terjadi karena suasana kamar membuatmu sulit untuk rileks. Kamu masih akan berkutat dengan pekerjaan atau aktivitas lain meskipun sudah saatnya tidur. 

Jika kamu memang tidak memiliki pilihan lain selain bekerja dari kamar, maka cobalah untuk menyingkirkan atau mematikan perangkat bekerja saat jam tidur sudah tiba. Jangan lupa juga untuk mematikan lampu agar suasana bekerja berubah jadi suasana istirahat.

  1. Kamu mengonsumsi kafein

Produk makanan atau minuman yang mengandung kafein tentu akan mencegah kamu  untuk tidur. Tidak hanya kopi, namun cokelat dan teh juga mengandung kafein. Untuk itu, kurangi konsumsi produk makanan dan minuman yang berkafein terutama saat sore atau malam hari. 

  1. Berusaha untuk tidur

Pada praktiknya, kerap kali seseorang berusaha untuk tidur tapi justru tidak bisa tidur sama sekali. Ketika hal ini terjadi, cobalah lakukan aktivitas yang bisa membuatmu mengantuk. Misalnya, kamu bisa membaca buku dengan penerangan yang minim. Tapi ingat, jangan membaca e-book di handphone, tapi bacalah buku fisik. Pasalnya, membaca e-book di handphone akan membuat kamu semakin sulit tidur. 

Banyak yang pergi tidur tanpa ingin tidur, berharap keinginan itu akan datang dengan sendirinya. Namun, dalam sebagian besar kasus, itu tidak akan terjadi.

  1. Kamu mengonsumsi alkohol

Minuman beralkohol memang bisa membuat kamu tertidur lebih cepat. Tetapi, alkohol akan membuat kamu bangun dengan kondisi pusing dan lemah di pagi hari. Beberapa orang bahkan masih mengalami mual saat bangun pagi akibat mengonsumsi alkohol pada malam hari. 

  1. Kamu terlalu banyak pikiran

Manusia sering kali tidak memberikan kesempatan bagi otak untuk “istirahat” dari masalah sehari-hari. Jika kamu terlalu banyak pikiran, maka kualitas tidurmu akan menurun karena kamu kesulitan tidur. 

Coba biasakan untuk menghentikan pikiran yang mengganggu dengan cara mengalihkan perhatian kamu ke hal lain. Misalnya, kamu bisa mengingat-ingat hal lucu, membayangkan sesuatu yang menyenangkan, menghitung, mengingat nama negara, dan lainnya. 

Baca Juga :

Susah Tidur? Ini 3 Teh Herbal Terbaik yang Dijamin Akan Membuat Kamu Tidur Nyenyak

Susah Tidur? Ini Cara-Cara Agar Kamu Lebih Mudah Tidur Nyenyak Menurut Sains

Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Bisa Jadi Karena Ini Nih Alasannya!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

HP Lemot? Coba 5 Trik Ini Agar HP Makin Gesit

Handphone (HP) yang lemot alias lambat, bukan berarti