Tahukah kamu? Ternyata banyak orang masih percaya bahwa rambut manusia memutih begitu saja dalam semalam. Seperti seorang pengacara asal Inggris, Sir Thomas More misalnya. Dia mengaku rambutnya menjadi kelabu dalam semalam. Meskipun demikian, para ilmuan tidak membenarkan hal tersebut, atau setidaknya ragu untuk membenarkannya.

Jadi sebenarnya apa yang menyebabkan rambut beruban, kapan perubahannya dan bagaimana cara pencegahannya? Simak empat fakta tentang uban berikut ini :

  1. Alasan mengapa beberapa orang lebih cepat beruban 

Sama seperti warna kulit kamu, bahan kimia juga andil dalam menentukan warna rambut. Bahan ini disebut melanin. Seiring berjalannya waktu, sel-sel pigmen di rambut kamu akan mati, sehingga uban pun muncul. 

Menurut penelitian, proses ini biasa dimulai saat seseorang berusia pertengahan tiga puluhan (bagi orang Kaukasia). Kemudian bagi orang Asia, proses kematian pigmen rambut ini biasa terjadi pada usia akhir tiga puluhan, sedangkan orang Afrika cenderung mulai beruban saat mencapai usia pertengahan empat puluhan.

Namun, di luar sama banyak orang yang mengalami rambut berubah jauh sebelum usia umum. Hal tersebut bisa terjadi karena matinya pigmen rambut bergantung pada gen kamu, terutama gen IRF4 yang mengatur produksi melanin serta penyimpanannya.

  1. Ilmuan menemukan bahwa stres dapat mempercepat rambut beruban

Sebuah penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa stres dapat memicu rambut beruban sebelum waktunya. Para ilmuwan mengukur kadar protein di rambut para peserta penelitian dan menemukan fakta bahwa stres psikologis memengaruhi mitokondria (penghasil energi di dalam sel). 

Ada pula beberapa faktor lain yang memiliki efek mempercepat tumbuhnya uban, seperti menjadi vegetarian, kekurangan Vitamin B12, dan menderita kondisi kesehatan lainnya.

  1. Uban bisa dikembalikan ke warna semula

Tidak hanya menemukan fakta bahwa stres secara psikis memengaruhi uban, tetapi para peneliti pun menemukan bahwa seseorang bisa mendapatkan warna rambut mereka kembali jika stresnya berkurang. 

Nah, salah seorang peserta penelitian terbukti dapat mengembalikan sebagian warna rambut asli mereka setelah berlibur. Namun, ada beberapa batasan pada metode ini, yaitu tidak akan berhasil bagi orang yang rambutnya sudah beruban selama bertahun-tahun.

Jika kamu tak ingin beruban lebih cepat, carilah cara untuk meredakan stres yang kamu derita dan temukan hobi menyenangkan yang akan menghibur kamu ketika stres datang melanda.

  1. Rawat rambut dengan baik agar tak cepat beruban

Jika kamu ingin mempertahankan warna rambut kamu tanpa mewarnainya, pastikan kamu mendapatkan cukup Vitamin B12, Vitamin E, Vitamin D, dan Vitamin A. Pastikan pula kamu mendapat asupan mineral yang cukup, seperti seng, besi, dll. 

Selain nutrisi dari dalam, perawatan dari luar juga penting. Cobalah untuk menghindari sinar matahari secara langsung bagi rambut kamu dan bijaklah dalam memilih sampo. 

Kamu juga bisa menjalani perawatan rumahan untuk mempertahankan kesehatan rambut dan menghindari timbulnya uban. Ada beberapa perawatan alami yang bisa kamu coba di rumah : 

  • Minyak Kelapa

Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke akar rambut sampai ujung rambut pada malam hari sebelum keramas.

  • Teh Jahe Segar dan Madu

Campurkan satu sendok teh jahe segar dan satu sendok makan madu, dan makan ini setiap hari.

  • Jus Wortel

Konsumsi sekitar 8 ons (240 mililiter) jus wortel setiap hari.

  • Jus Lemon dan Minyak Almond

Ambil jus lemon dan minyak almond dalam jumlah yang sama. Campurkan dan gunakan pada rambut dan kulit kepala. Lakukan dua kali sehari selama 3 bulan.

Baca Juga :

Mengapa Rambut Kamu Beruban di Usia Muda?

Perawatan Alami Untuk Mengatasi Uban yang Tumbuh Sebelum Waktunya

Sudah Mulai Beruban? Ini yang Wajib Kamu Tahu Untuk Styling Gray Hair

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Ide Nail Arti Untuk Sambut Musim Gugur 2021

Setiap momen musim gugur, selalu ada warna yang