Jika kamu mengira kamu satu-satunya orang yang rambutnya beruban lebih awal, kamu salah! Beruban di usia muda adalah hal yang umum dan meskipun mungkin fenomena ini tidak menyenangkan, itu juga bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa kemungkinan dari penyebab rambut beruban di usia muda dan cara mencegahnya :

  • Kamu mungkin mengalami kekurangan Vitamin B12

Menurut para ahli, kekurangan Vitamin B12 adalah penyebab paling umum dari rambut beruban lebih dini. Ini juga dapat menyebabkan penipisan dan kerontokan pada rambut. Untuk menghindarinya, pastikan kamu memasukkan makanan seperti telur, daging sapi, tuna, dan salmon ke dalam menu makanan harian kamu. Jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi Vitamin B12 sebagai suplemen.

  • Mungkin kamu masih memiliki masalah tiroid

Menurut penelitian, masalah tiroid secara langsung dapat memengaruhi folikel rambut kamu. Jika kamu mengalami rambut beruban di usia muda atau kelainan seperti rambut rapuh atau rambut berminyak, itu mungkin akibat disfungsi tiroid. Kamu perlu memeriksakan kesehatan jika kamu mencurigai masalah tiroid. 

  • Kamu mengonsumsi lebih banyak junk food daripada makanan sehat

Tidak mengikuti pola makan sehat dapat berkontribusi pada munculnya rambut putih lebih dini. Berbagai penelitian yang dilakukan tentang masalah ini menemukan bahwa Feritin, Kalsium, Vitamin D-3, Tembaga, Seng, dan Zat besi dapat menjaga kesehatan rambut kamu, sedangkan kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut putih lebih awal.

  • Kamu terus-menerus khawatir tentang berbagai hal dan stres

Rambut beruban lebih awal telah dikaitkan dengan stres oleh para ahli. Ketika kamu banyak mengalami stres, itu akan memengaruhi sel induk yang bertanggung jawab untuk regenerasi rambut. Inilah yang menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya.

  • Kamu mungkin mewarisi rambut beruban dari orang tua

Ya, kamu mungkin mewarisi rambut putih itu dari orang tua atua kakek nenek kamu. Menurut ahli kulit, genetika memainkan peran besar dalam menentukan kapan kita akan beruban. Jika seseorang di silsilah keluarga kamu memiliki uban sejak usia dini, ada kemungkinan kamu mungkin akan mengalami hal yang sama.

  • Kamu menggunakan produk rambut dengan bahan kimia dan pewarna berbahaya

Dari sampo hingga berbagai produk pewarna rambut, sebagian besar dapat menyebabkan rambut beruban. Bahan kimia berbahaya yang ada di dalamnya menurunkan tingkat melanin, yang pada akhirnya dapat membuat rambut kamu kehilangan warna aslinya.

Kenyataan yang pahit adalah fakta bahwa setelah kamu beruban, kamu tidak akan bisa mendapatkan kembali warna asli rambut kamu. Namun, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencegah rambut beruban :

  • Lindungi rambut kamu dari kerusakan akibat sinar matahari. Tutupi kepala kamu kapan pun kamu pergi. Jika memungkinkan selalu gunakan penutup kepala saat pergi ke luar rumah dan terpapar matahari.
  • Hindari alat pengeriting rambut dan pengering rambut. Sisir rambut kamu menggunakan sikat rambut yang lebar.
  • Pijat rambut kamu dengan minyak kelapa secara teratur.
  • Sertakan kubis, kangkung, almond, jus wortel, dan brokoli dalam makanan kamu untuk memenuhi nutrisi.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/perawatan-alami-untuk-mengatasi-uban-yang-tumbuh-sebelum-waktunya/

https://www.tampilcantik.com/sudah-mulai-beruban-ini-yang-wajib-kamu-tahu-untuk-styling-gray-hair/

https://www.tampilcantik.com/atasi-bekas-jerawat-berlubang-di-wajahmu-dengan-cara-alami-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Tips Untuk Mengencangkan Pori-pori Besar

Pori-pori yang membesar disebabkan oleh beberapa faktor, di