Tahun 2019 lalu, pola makan sehat dan kesadaran tentang kesehatan tubuh menjadi perbincangan dan aktivitas yang begitu populer. Menurut survei, setidaknya ada 43% orang mengaku mengikuti diet tertentu tahun lalu. Namun, kebanyakan dari kita tidak benar-benar tahu apa sebenarnya yang terjadi pada lemak tubuh kita saat kita menjadi lebih langsing. 

Tentu saja kamu pernah merasa kaget ketika melihat teman, atau mungkin melihat tubuh kamu sendiri yang semula gemuk menjadi langsing. Ke mana kira-kira semua lemak itu peri? Fakta menunjukkan bahwa hilangnya lemak tubuh selama proses diet masih menjadi misteri bagi sebagian besar dokter hingga baru-baru ini.

Nah, ini adalah temuan dari sekelompok ilmuwan yang akan menjelaskan dan menjawab pertanyaan kamu tentang ke mana perginya lemak yang hilang saat diet :

  • Tidak semua lemak dihilangkan melalui urine atau feses

Kesalahpahaman yang umum yang tersebar di luar sana adalah asumsi bahwa semua lemak tubuh kita dihilangkan melalui urine (kencing) dan feses (tinja). Tetapi penelitian mengungkapkan bahwa, dalam 22 pon lemak, hanya 3,5 pon yang benar-benar berubah menjadi air dan dapat diubah menjadi urine, tinja, atau cairan tubuh lainnya.

  • Lemak tidak berubah menjadi energi

Meskipun sebagian besar dokter keluarga, ahli diet, dan pelatih pribadi masih menganggap lemak tubuh berubah menjadi energi, kesalahpahaman ini terbukti salah. Faktanya, energi kita sejatinya konstan dari waktu ke waktu dan tidak dapat ditambahkan atau dihilangkan, sesuai dengan hukum Kekekalan Energi.

  • Kamu menghilangkan lemak tubuh dengan bernapas

Mungkin pernyataan ini cukup mengejutkan bagi kamu. Tapi benar adanya bahwa lemak tubuh dapat hilang melalui proses pernafasan di paru-paru. 84% dari hampir semua produk makanan yang kita makan dihembuskan sebagai karbon dioksida, tetapi sayangnya, ini bukan berarti bahwa sekadar bernapas akan membantu kita menurunkan berat badan, ya. 

  • Rahasianya adalah makan lebih sedikit dan bergerak lebih banyak

Jika kamu mencoba bernapas lebih banyak hanya untuk menurunkan berat badan, hal itu tidak hanya akan gagal, tetapi juga akan menyebabkan kamu mengalami hiperventilasi dan pusing. Rahasia dari penurunan berat badan yang telah dibuktikan oleh para ahli, adalah tidak makan berlebihan dan memilih olahraga rutin yang meningkatkan laju metabolisme, seperti jogging atau bersepeda.

“Makan sedikit tapi banyak bergerak”, aturan ini mungkin terdengar simpel tetapi inilah rahasia penurunan berat badan sebenarnya. Kurangi porsi makan kamu sedikit demi sedikit dan di sisi lain, tambah pula aktivitas kamu sedikit demi sedikit. Kamu bisa memilih olahraga apa saja yang kamu suka untuk menambah aktivitas kamu. Dalam pemilihan menu makan pun, tidak hanya porsi yang diperhatikan, tetapi juga gizi yang seimbang dan hindari junk food.

Bagaimana? Apakah rasa penasaran kamu telah terjawab?

Tentu sebagian dari kamu ada yang setuju dan ada yang tidak. Kamu bisa menuliskan di kolom komentar, ya. Tuliskan apa metode diet favoritmu dan menurutmu ke mana perginya lemak tubuh yang hilang saat diet? 

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/5-olahraga-di-rumah-untuk-membakar-lemak-bagian-paha/

https://www.tampilcantik.com/awas-lemak-perut-berbahaya-bagi-kesehatan/

https://www.tampilcantik.com/5-makanan-berlemak-yang-dapat-membuat-perut-buncit/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Aktivitas yang Sebaiknya Kamu Hindari Setelah Makan

Setiap orang memiliki rutinitas makan masing-masing. Ada yang