Meski keliru, kebiasaan makan di depan laptop, entah itu sambil bekerja atau menonton film, sudah menjadi hal umum bagi banyak orang. Padahal, tanpa mereka sadari, ada banyak hal negatif yang bisa timbul dari kebiasaan ini. Sebaiknya, mulai sekarang kamu lebih hati-hati dan cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Berikut adalah beberapa risiko yang akan kamu hadapi jika kamu terus membiasakan diri makan di depan laptop:

  1. Kembung dan gangguan pencernaan

Kita harus duduk dengan rileks sambil makan perlahan untuk dapat mencerna makanan dengan baik. Karena, mengunyah makanan dengan hati-hati akan membantu memecah partikel yang lebih besar menjadi partikel yang lebih kecil, sehingga proses mengunyah akan sangat membantu kinerja pencernaan. 

Nah, gadget atau laptop apa pun di depan kita, hanya akan mengalihkan perhatian kita dari proses mengunyah yang benar. Kemungkinan besar makanan yang kita makan tidak tercerna dengan semestinya, sehingga kita akan merasa tidak nyaman setelah makan. Bisa jadi timbul gejala kembung dan gangguan pencernaan.

  1. Tidak sadar porsi makan

Saat kita melakukan banyak tugas di depan laptop, kita akan semakin sulit untuk fokus. Jadi, meskipun kita mungkin menyelesaikan banyak pekerjaan, kita tidak cukup memperhatikan seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut kita. 

Sebenarnya makan di depan laptop mirip dengan makan dan menonton TV. Ketika kita makan sambil bekerja di depan laptop, kemungkinan besar kita akan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang kita inginkan, tanpa kita sadari.

  1. Makan terlalu cepat

Makan dengan perlahan dan santai, akan jauh lebih baik untuk kesehatan kita, terutama untuk pencernaan, untuk mengontrol berat badan, dan untuk penyerapan nutrisi. Ketika makan sambil bekerja atau menonton film di depan laptop, secara tidak sadar kita pasti lebih fokus pada laptop, sehingga cenderung makan dengan cepat.

Tentu saja hal tersebut tidak baik untuk proses pencernaan dan kesehatan kita secara keseluruhan. Jadi bukan tanpa alasan, kita dianjurkan untuk menyingkirkan laptop saat sedang makan. 

  1. Merasa kurang kenyang atau tidak puas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya,  saat makan di depan laptop, kita cenderung lebih fokus pada pekerjaan di laptop dan menghiraukan makanan yang kita santap. Akibatnya, pikiran kira terpecah dan kita tidak bisa merasakan makanan dengan benar.

Jika demikian, maka makanan yang kita makan menjadi kurang memuaskan. Inilah yang membuat kita jadi kurang puas, dan terkadang merasa masih lapar padahal sudah makan cukup banyak. Tentu ini tidak baik untuk kamu yang sedang berdiet.

  1. Makan di depan laptop bisa berbahaya bagi anak-anak

Saat ini sudah banyak anak-anak yang kecanduan gadget, entah itu handphone, komputer, televisi, atau laptop. Namun kecanduan ini justru sering dimanfaatkan orang tua untuk menyuapi anak mereka. Karena ketika bermain gadget, anak akan lebih mudah untuk dibujuk makan.

Memang benar bahwa kebiasaan tersebut bisa memudahkan orang tua yang biasanya harus berjuang susah payah untuk menyuapi anak. Tapi, risiko dari kebiasaan ini bisa jadi serius. Anak bisa mengalami kebiasaan makan yang tidak sehat, mengalami gangguan makan, atau bisa makan berlebihan.

Baca Juga :

4 Posisi Berbahaya yang Mungkin Kamu Lakukan Tiap Hari Tanpa Menyadari Risikonya

Kenali Tanda-tanda Kamu Berada di Lingkaran Friend-Zone!

Ingin Punya Perut yang Rata? Yuk Ikuti Diet Prancis Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Keberuntungan Kamu Berdasarkan Tanda Zodiak

Astrologi dapat membantu kamu menemukan hampir semua hal,