Banyak orang setuju bahwa seiring bertambahnya usia, orang cenderung berubah menjadi semakin dewasa dan bijaksana. Menariknya, tidak hanya kebijaksanaan dan kedewasaan saja yang meningkat, tetapi kebahagiaan juga meningkat di usia tua.

Menurut beberapa penelitian, ini alasan mengapa wanita yang menginjak usia 50 tahunan bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia daripada saat mereka masih muda. 

  1. Transisi midlife-low

Ada beberapa tanda yang mungkin bisa menunjukkan bahwa kamu mengalami krisis paruh baya, alias midlife-low. Ketika hal ini terjadi, kamu mungkin merasa hidup kamu tidak jelas arahnya mau dibawa ke mana, kamu mungkin juga merasa tidak puas dengan kehidupan yang kamu jalani, atau kamu kewalahan dengan aktivitas harian dan pekerjaan. 

Meskipun beberapa orang mungkin menyebut masalah ini sebagai “krisis”, tapi sebenarnya perkara ini hanya sebuah transisi. 

Krisis kehidupan di usia 50 tahunan ini biasanya sudah mulai terjadi sekitar usia 37 tahun ke atas. Pada tahap ini, biasanya laki-laki akan mengalami krisis karena mereka menilai diri mereka kurang berprestasi di tempat kerja. Sementara itu, perempuan biasanya mulai mengevaluasi dan mempertanyakan kinerja mereka sebagai seorang istri dan ibu. 

  1. U Shape Happiness 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan dalam hidup memiliki bentuk kurva “U”. Coba kamu ingat lagi, mungkin kamu merasa begitu bahagia di masa kecil atau masa muda, kemudian semakin menua, kebahagiaan pun memudar. Tetapi, ketika kamu sudah menginjak usia 50 tahunan, kebahagiaan akan hadir lagi dalam hidupmu dengan cara yang mungkin tak pernah kamu duga.

  1. Wanita merasa paling bahagia di usia 50 tahunan 

Pada usia ini, umumnya wanita sudah bebas dari beban dan kekhawatiran tentang berkeluarga. Wanita pun sudah mencapai peringkat yang lebih tinggi dalam karier. Selain itu, wanita sudah mengorbankan kesenangan untuk kehidupan yang nyaman. Itulah yang menjadi sebab para wanita bisa menjalani kehidupan yang lebih bahagia di usia 50 tahunan. 

Menurut penelitian, ketika stres mulai berkurang dan wanita sudah tidak lagi terlarut dalam rasa kecewa, maka mereka akan menemukan kembali apa itu kedamaian dan kehidupan yang sesungguhnya. Mereka menjadi lebih percaya diri dan berani.

  1. Wanita merasa lebih bebas

Usia 50 tahunan adalah saat di mana anak-anak mulai meninggalkan rumah untuk menjalani kehidupan mereka masing-masing. Dengan demikian, wanita pun memiliki kebebasan ekstra untuk melakukan aktivitas yang mereka suka. Usia ini menjadi saat yang tepat untuk bersenang-senang. 

  1. Merawat orang tua yang dicintainya

Mungkin bagi sebagian orang, merawat orang tua bisa menjadi beban. Tetapi, ada juga wanita yang justru merasa senang ketika mereka bisa merawat orang tua yang dicintainya. Usia 50 tahunan juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan dukungan dan cinta bagi orang tua dengan merawat mereka.

  1. Menjalani kehidupan baru

Bukan tak mungkin wanita bisa mengubah hidunya di usia paruh baya. Banyak wanita yang mulai menemukan gairahnya pada usia ini. Entah itu ambisi untuk memulai wirausaha, atau bahkan keinginan untuk meninggalkan pernikahan yang memuakkan lalu menemukan cinta baru yang membuatnya lebih bahagia. 

Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu yakin akan hidup lebih bahagia di usia 50-an? 

Baca Juga :

7 Tips Ibu Hamil Agar Anak Sehat dan Bahagia

5 Pola Pikir Berbahaya yang Menjauhkan Kita dari Hidup Bahagia

7 Pemikiran dan Kebiasaan Buruk yang Membuat Hidup Kita Tidak Bahagia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik