Seperti namanya, air mawar adalah air yang diekstraksi dari bunga mawar. Biasanya air mawar diproduksi dengan mengesktraksi kelopak bunga mawar dengan cara diuap atau dipanaskan. Air mawar ini sudah digunakan sejak lama dalam dunia kecantikan dan kesehatan.

Bunga mawar megandung vitamin dan antioxidan yang tinggi sehingga banyak digunakan untuk kecantikan mulai dari melembabkan kulit hingga rambut. Air mawar ini sekarang sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan yang mudah digunakan sebagai bagian dari rutinitas skincare. Berikut ini beberapa manfaat air mawar untuk kecantikan.

Mengurangi iritasi

Salah satu manfaat utama air mawar adalah membantu mengurangi iritasi. Hal ini karena air mawar mengandung bahan anti inflamasi yang tinggi. Sehingga air mawar bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah iritasi pada kulit seperti eczema, rosacea, dan sebagainya. Selain itu, air mawar juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kemerahan karena sun burn atau iritasi. Penggunaan air mawar secara teratur juga bisa membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi kemerahan. Air mawar juga mengandung bahan anti bakteri yang berguna untuk mengurangi jerawat.

Membantu mencegah infeksi

Air mawar megandung bahan antiseptik yang kuat. Bahan ini bisa membantu mencegah infeksi pada kulit. Tidak heran bila air mawar banyak digunakan untuk kecantikan dan juga kesehatan.

Menghidrasi kulit

Selama bertahun-tahun, air mawar juga digunakan untuk mengencangkan dan mempercantik kulit. Air mawar ini mengandung hydrosol atau air tanaman yang sudah disuling. Salah satu manfaat hydrosol adalah mengurangi kadar minyak pada kulit namun menjaganya tetap lembab. Tidak heran bila air mawar dan produk kecantikan berbahan tanaman dengan hydrosol tinggi menjadi salah satu produk kecantikan yang banyak dicari.

Membantu menjaga pH kulit

Rata-rata pH kulit manusia adalah 4,7 dan pH air keran biasanya berkisar antara 6,6 hingga 8,8. pH air keran ini bisa menurunkan pH alami kulit. Sedangkan air mawar mempunyai pH sekitar 5,0 yang bisa membantu menstabilkan pH kulit. Kamu bisa menyemprotkan air mawah ke permukaan kulit untuk membantu menurunkan pH. Hasilnya kulit akan terlihat lebih sehat, muda, dan bercahaya. Kamu bisa menyemprotkan air mawar setiap selesai mandi untuk menurunkan pH kulit dan juga berfungsi sebagai parfum alami.

Membuat rambut lurus dan mudah diatur

Rambut megar dan susah diatur adalah salah satu masalah yang sering dihadapi wanita. Kondisi ini biasanya terjadi karena rambut kurang mendapatkan perawatan sehingga kelembabannya berkurang. Bila dibiarkan kondisi ini bisa menyebabkan rambut rontok. Dalam kondisi ini, air mawar bisa digunakan untuk mengembalikan kelembaban rambut. Kandungan hidrokarbon dalam air mawar membantu memperkuat rambut dan melindunginya dari kerusakan. Kamu bisa menyemprotkan air mawar kapanpun ketika rambut terasa megar dan susah diatur.

Air mawar ini mempunyai banyak manfaat terutama kamu yang tinggal di tempat dengan iklim kering. Pada cuaca yang kering, rambut dan kulit juga cenderung kering sehingga memerlukan air mawar untuk mengembalikan kelembabannya. Selain itu, air mawar juga dipercaya bisa menghambat efek penuaan dini seperti mencegah kerutan bila digunakan dengan teratur. Meskipun air mawar mempunyai banyak manfaat, kamu tetap harus memperhatikan kondisi dan jenis kulit untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/siapa-yang-mau-memiliki-kulit-kering-pasti-gak-ada-kan-makanya-coba-tambahkan-air-mawar-dalam-perawatan-kecantikan-kamu/

http://www.tampilcantik.com/terganggu-karena-mata-yang-kering-coba-saja-atasi-dengan-air-mawar/

http://www.tampilcantik.com/ingin-selalu-tampil-cantik-cobalah-perawatan-menggunakan-air-mawar/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Lakukan 7 Hal Ini Untuk Menghindari Rambut Berminyak Tanpa Terlalu Sering Keramas

Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan lebih banyak