Saat kamu sedang banyak-banyaknya makan mac and cheese, taco, atau nyemil keripik sembari nonton pertandingan bola, maka tak heran jika kamu akan kebanyaka sodium. Namun, di luar makanan-makanan yang memang asin ini, sodium ternyata bisa menemukan jalannya untuk menodai piringmu lebih dari sekedar lewat cara-cara yang kamu sadari. Karena, sodium ada dimana-mana, mulai dari garam dapur yang kamu masukkan ke dalam masakanmu, hingga French fries dan bahkan mungkin kue-kuean manis.

Apakah kamu kebanyakan garam? Berikut adalah tanda-tandanya jika kamu kebanyakan garam.

Kamu merasa sangat haus

Sodium memainkan peranan yang sangat besar dalam membantu menyeimbangkan cairan di dalam tubuhmu. Setiap hari, kita butuh konsumsi garam untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. Sodium yang ditemukan pada garam akan membantu cairan tetap ada di dalam sel. Ketika kamu sedang haus, tubuhmu akan memberitahukanmu bahwa tidak ada air yang cukup untuk mendukung sodium yang ada dalam sistemmu. Jadi tubuhmu mengirimkan sinyal kepada otakmu agar otakmu minum.

Kamu merasa kembung

Kebanyakan garam juga bisa membuatmu merasa tidak nyaman di lambung karena makanan yang asin memang cenderung membuat kembung. Ketika ada terlalu banyak sodium yang ada di dalam darah, air akan meninggalkan sel, sehingga menyebabkan pembengkakan. Sodium dalam jumlah yang terlalu tinggi, diikuti dengan caran yang terlalu banyak yang menyeimbangkan kandungan sodium ini bisa menyebabkan kamu merasakan pembengkakan, terutama di area perut. Kamu juga bisa melihat adanya pembengkakan di jemari tangan atau kaki terutama setelah mengonsumsi makanan asin seperti ramen. Nah, salahkan ketidakseimbangan cairan akibat kebanyakan garam jika kamu mengalami ini.

Sakit kepala

Apakah kamu pernah mengalami sakit kepala padahal tidak ada alasannya yang jelas? Mungkin alasannya adalah kebanyakan garam. Coba cek kamu terakhir kali makan apa. Terlalu banyak garam bisa menyebabkan pembuluh darah yang ada di otak membesar, sehingga bisa berujung pada sakit kepala yang begitu parah. Bukan alasan yang biasa terduga ya?

Makanan rasanya hambar

Salah satu pertanda lain bahwa kamu kebanyakan garam adalah ketika kamu makan dan makanan yang kamu konsumsi ternyata rasanya hambar. Selain resiko-resiko kesehatan itu, mengonsumsi garam yang banyak bisa juga mengganggu keseimbangan indera pengecapmu sehingga makananmu menjadi terasa tidak seenak biasanya. Semakin banyak garam yang kamu konsumsi, semakin banyak pula kamu butuh respon lezat terebut. Banyak orang yang mungkin tidak sadar seberapa banyak kelebihan sodium yang mereka konsumsi sebagai akibat dari perubahan atau penumpulan titik-titik indera pengecap. Dengan kata lain, kamu bisa terjebak dalam lingkaran setan kelebihan garam dan berkurangnya rasa.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Anak Sulung Layak Dihormati

Tidak diragukan lagi, anak sulung adalah anak istimewa