Image result for minum antibiotik

Apa itu antibiotik? Antibiotik adalah suplemen yang bertahan melawan infeksi bakteri. Mereka bekerja dengan menghentikan infeksi dan mencegahnya menyebar. Anehnya, mereka dapat menyebabkan efek samping seperti merusak hati dan diare. Di sini,  kami akan memandu kamu agar tahu makanan apa yang harus kamu konsumsi setelah minum antibiotik.

Ada berbagai jenis antibiotik. Beberapa spektrum luas, yang berarti mereka bertindak pada berbagai bakteri penyebab penyakit dan antibiotik lain membunuh spesies tertentu dari bakteri. Antibiotik sangat efektif dalam mengobati infeksi serius, namun mereka datang dengan beberapa efek samping yang serius. Misalnya, itu dapat merusak hati kamu dan dapat memiliki efek negatif pada triliunan bakteri sehat dan mikroba lainnya yang hidup di usus kamu. Bakteri ini yang berada di usus kamu adalah mikrobiota usus.

Mengonsumsi antibiotik selama satu minggu dapat mengubah susunan mikrobiota usus hingga satu tahun. Penggunaan antibiotik pada usia dini telah terbukti meningkatkan risiko obesitas dan kenaikan berat badan. Konsumsi antibiotik juga mengubah jenis bakteri yang hidup di usus yang dapat menyebabkan diare.

Dan inilah daftar makanan yang baik untuk dimakan setelah meminum antibiotik.

Yogurt

Image result for yoghurt

Yogurt menempati urutan teratas daftar makanan probiotik dan tentu saja merupakan salah satu makanan terbaik untuk dimakan setelah mengonsumsi antibiotik. Susu diubah menjadi yogurt melalui proses fermentasi yang menggunakan bakteri probiotik hidup. Mereka juga mengandung sejumlah spesies bakteri yang sehat, seperti Lactobacilli, yang membantu mengembalikan mikrobiota usus ke keadaan yang sehat. Jadi, makan yogurt setelah minum antibiotik dapat meningkatkan kesehatan usus.

Bawang putih

Related image

Bawang putih adalah makanan prebiotik lain yang dapat kamu makan setelah minum antibiotik. Prebiotik adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang membantu bakteri probiotik untuk tumbuh dan berkembang dalam sistem pencernaan kamu. Prebiotik bertindak sebagai sumber makanan untuk probiotik. Rekomendasi untuk makanan prebiotik berkisar antara 4 hingga 8 gram dan ini cukup untuk mendukung kesehatan pencernaan. Karena, dalam tiga siung bawang putih besar menyediakan sekitar 2 gram prebiotik.

Cocoa

Image result for cocoa

Cocoa adalah makanan lain yang bisa dimakan setelah minum antibiotik. Ini mengandung polifenol antioksidan yang memiliki efek prebiotik menguntungkan pada mikrobiota usus. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa polifenol cocoa juga meningkatkan bakteri sehat seperti Lactobacillus dan Bifidobacteria dalam usus dan mengurangi beberapa bakteri tidak sehat seperti Clostridia dan lainnya.

Beberapa makanan yang harus dihindari saat mengonsumsi antibiotik adalah makanan yang bersifat asam, alkohol, buah yang terlalu matang, dan buah-buahan yang mengandung kalsium dan zat besi.

Baca juga Hal-Hal Yang Kamu Gunakan Setiap Hari Ini Ternyata Bisa Membahayakan Kesehatan Kamu Lho

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang