Apakah kamu pernah menderita insomnia?

Semua orang pasti pernah mengalami saat-saat di mana mereka tidak dapat tidur di malam hari atau tidak merasa mengantuk sama sekali, hingga akhirnya begadang sampai pagi. Tentu juga hanya terjadi satu dua kali, hal ini masih dianggap normal. Tetapi jika insomnia terjadi secara berkelanjutan hingga mengganggu aktivitas harian, maka kamu memerlukan cara untuk mengatasinya.

Berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu agar tubuh kamu bisa tidur lebih cepat :

  1. Jaga agar kaki kamu tetap hangat, pakai kaos kaki

Sebelum tidur, pakailah kaos kaki untuk menghangatkan kaki kamu. Jika kaki kamu hangat, kamu mengarahkan aliran darah dari inti ke ekstremitas. Ketika darah dialirkan, maka akan memicu munculnya pikiran bahwa ini adalah waktu untuk tidur karena panas didistribusikan kembali ke seluruh tubuh kamu. Dan ini adalah sinyal yang sempurna untuk otak kamu bahwa kamu siap untuk tidur malam.

  1. Merenggangkan jari kaki 

Selain menjaga kaki agar tetap hangat, kamu juga bisa mencoba mengencangkan dan mengendurkan jari-jari kaki sebagai alternatif. Lakukan perenggangan dan pengenduran jari kaki sebanyak 10 hitungan, kemudian cobalah untuk tidur. Semua ketegangan di tubuh kamu perlahan akan mulai hilang, sehingga kamu akan jauh lebih rileks. Metode ini adalah bagian dari teknik yang sangat terkenal yang digunakan untuk melawan insomnia, yang disebut relaksasi otot progresif.

  1. Cobalah untuk tetap melek 

Cara terbaik untuk membuat tubuh kamu mengantuk dan tidur adalah dengan mencoba untuk terus melek dan terjaga. Sebuah penelitian menunjukkan, jika kamu memberi tahu otak kamu bahwa kamu tidak ingin tidur, maka itu akan menafsirkan permintaan kamu dengan cara yang berlawanan. Ini mungkin terdengar seperti paradoks, tetapi hal ini disebut psikologi terbalik. 

Sekarang cobalah untuk berbaring di tempat tidur, dan berusahalah untuk tidak mengantuk, berusahalah untuk tetap melek dan terjaga. Setelah itu lihatlah reaksi tubuh kamu, mata kamu akan mulai lelah dan kamu pun akan mengantuk. Jadi berbaringlah di tempat tidur dan ulangi pada diri kamu sendiri “Saya tidak ingin tidur” dan rasakan bagaimana mata kamu mulai menutup.

  1. Coba putar kembali kejadian sepanjang hari

Trik psikologi terbalik lainnya yang dapat kamu gunakan adalah mengulang kembali hari kamu di kepala. Coba pikirkan hal-hal yang kamu lakukan selama seharian ini. Ingat kembali tentang apa yang kamu makan di malam hari, bagaimana kamu memakannya, dengan siapa kamu memakannya. Lalu pikirkan juga tentang bagaimana kamu pulang kantor, kendaraan apa yang kamu naiki, siapa yang kamu temui, dll.  Teknik ini meninjau kembali atau flashback ini akan membantu kamu rileks dan menjernihkan pikiran dari kekhawatiran yang membuat kamu sulit tidur.

  1. Basuh wajah dengan air dingin

Cobalah untuk mencuci wajah kamu dengan air dingin dan mulailah untuk bersiap tidur. Hal ini tidak akan membuat kamu makin terjaga atau menghilangkan rasa kantuk. Justru, teknik ini akan memicu fenomena yang disebut Refleks Mammalian. Ini akan menurunkan detak jantung dan tekanan darah kamu, membuat kamu siap untuk tidur.

  1. Letakkan bantal di bawah lutut kamu

Bantal tidak hanya untuk kepala atau leher, tetapi bisa sangat membantu kamu untuk tidur dengan posisi yang lebih baik. Jika kamu tidur telentang, letakkan satu bantal kecil di bawah lutut. Ini akan mengurangi tekanan pada tulang belakang kamu dan juga akan memungkinkan punggung bawah kamu untuk membuat kurva alami. Jika kamu tidur menyamping, letakkan bantal di antara kedua lutut. Ini akan membantu tulang belakang kamu menjadi lebih sejajar.

Baca Juga :

Sering Sakit Kepala, Kelelahan dan Insomnia? Mulailah Mengonsumsi Makanan Berikut Ini

5 Minuman yang Ampuh Untuk Mengatasi Insomnia

Perawatan Rumahan yang Ternyata Bisa Mengatasi Insomnia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mandi Tanpa Sabun Lebih Sehat? Simak 5 Manfaat Mandi Tanpa Sabun Berikut Ini!

Tahukah kamu? Ternyata menyabuni tubuh kita dari ujung