Memang bijaksana untuk menabung untuk masa depan, tetapi jika Anda tidak membiarkan diri Anda mendapatkan kemewahan, apa gunanya sebenarnya? Anda bekerja keras sepanjang hari di tempat kerja, atau bekerja keras untuk mencapai titik impas dengan bisnis Anda, atau mungkin keduanya, dan Anda pantas mendapatkan dunia atas semua kerja keras Anda. Baik itu berbelanja, liburan, atau pijat relaksasi setiap minggu yang membuat Anda bahagia, definisi kemewahan tidak harus di luar jangkauan. Perbaiki keuangan Anda dan jalani hidup seukuran ratu.

  1. Mulailah Dengan Sebuah Rencana

Para ahli merekomendasikan rasio 50:40:10 untuk investasi, kebutuhan, dan pengeluaran. Pengeluaran besar-besaran harus direncanakan dengan cara yang tidak mempengaruhi investasi Anda atau menurunkan gaya hidup Anda. Ingat, jika Anda tidak dapat membelinya dua kali, Anda tidak mampu membelinya, dan itu hanya merupakan pemborosan yang tidak masuk akal. Pembelanjaan tanpa rasa bersalah hanya terjadi setelah Anda mencapai kebebasan finansial – ketika pendapatan pasif Anda melebihi pendapatan aktif Anda.

  1. Evaluasi Pembelanjaan Anda

Pembelanjaan Anda seharusnya membuat Anda merasa nyaman, dan bukan hanya sementara. Pahami motivasi di balik berbelanja secara Royal – apakah Anda berpikir untuk membeli tas desainer agar cocok untuk sekelompok orang atau Anda ingin bepergian demi kedamaian dan ketenangan? Ini tidak berarti bahwa Anda harus mengutamakan pengalaman dibandingkan hal-hal yang bersifat materialistis; berhati-hatilah untuk tidak membelanjakan uang dengan cara yang tidak memuaskan.

Dalam upaya memberikan dunia kepada anak saya dan saya sendiri, saya membuat beberapa keputusan keuangan yang buruk. Sangat menggoda untuk mencoba memiliki semuanya – sepatu desainer, liburan ke luar negeri, dan segala sesuatu di antaranya – tetapi Anda harus membuat pilihan yang tepat tergantung pada nilai tambah dalam hidup Anda dan rencana tabungan masa depan Anda.

Seringkali, orang mengambil keputusan secara tergesa-gesa dan merasionalisasikannya dengan kalimat ‘Kamu hanya hidup sekali’. Tas desainer itu mungkin menarik hati Anda, tetapi jika membelinya membuat Anda mengalami tekanan finansial, maka itu tidak sepadan; lebih baik menginvestasikan jumlah itu untuk keamanan masa depan.

  1. Buat Dana Berbelanja Secara Royal

Kita semua mempunyai tujuan masa depan, namun jangan biarkan hal tersebut menghentikan Anda untuk memperlakukan diri sendiri sesekali. Merampas diri sendiri hanya akan membuat Anda hancur dan terbakar, dan bahkan mungkin menghabiskan banyak uang tanpa batas. Jadi, tahan godaan, tapi berikan diri Anda fleksibilitas finansial yang cukup untuk dibelanjakan pada hal-hal yang membuat Anda bahagia. Tetapkan tujuan berbelanja secara royal dan simpan uang secara terpisah untuk tujuan tersebut, sama seperti yang Anda lakukan untuk masa pensiun dan hari-hari sulit, hiburan, waktu luang, dll. Anda mungkin ingin membatasi tabungan berbelanja secara royal hingga persentase tertentu dari penghasilan bulanan Anda, atau menyisihkan bonus tahunan Anda untuk yang sama.

  1. Beralih ke Penetapan Sasaran

Menurut Anjali, penetapan tujuan adalah cara untuk melakukan kontrol terhadap pengeluaran yang berlebihan. Menghabiskan uang hanya ketika Anda mencapai suatu pencapaian sangat membantu dalam menjaga pengeluaran tetap terkendali. Misalnya, Anda dapat memanjakan diri Anda dengan tas desainer Italia setelah promosi, atau mungkin setelah mencapai kekayaan bersih yang ditargetkan.

  1. Bersikaplah Bijaksana Tentang Itu

Pengeluaran Anda harus sepadan dengan pendapatan atau kekayaan bersih Anda. Saat mendiskusikan keuangannya, saya menyadari bahwa dia adalah satu-satunya anggota keluarga yang berpenghasilan dan tidak memiliki rencana cadangan yang baik. Dia harus menunda pembelian mobilnya selama beberapa bulan, namun saya merencanakan investasinya sedemikian rupa sehingga dapat menjadi cadangan gaya hidupnya dan anggota keluarga yang menjadi tanggungannya.

  1. Buat Aturan Berbelanja Secara Royal

Dan patuhi mereka! Ini akan mencegah Anda bertindak berlebihan. Mulailah dengan menyusun ide-ide belanjaan Anda, dan rujuk daftar tersebut ketika tiba waktunya untuk berbelanja secara royal, lalu pilih opsi yang paling sesuai. Perhatikan waktu-waktu Anda berbelanja secara royal, dan beri jarak sepanjang tahun. Selain itu, minimalkan pengeluaran jika Anda ingin melunasi utang. Namun, jika Anda keluar jalur, tidak ada waktu yang lebih baik untuk kembali ke jalur yang benar selain sekarang.

  1. Singkirkan Rasa Bersalah

Merasa bersalah sebelum atau sesudah membelanjakan uang tidak ada gunanya bagi Anda. Jadi, pisahkan emosi dari pengeluaran Anda, dan buatlah pengeluaran yang diperhitungkan tanpa membuat keputusan terburu-buru. Ide yang bagus adalah membuat perjanjian saling balas – untuk setiap rupee yang dibelanjakan untuk sebuah barang mewah, masukkan persentase yang sama atau lebih kecil ke dalam tabungan Anda.

Baca Juga :

12 Alasan Anda Membutuhkan Wortel dalam Hidup Anda

6 Tanda Midlife Crisis atau Krisis Kehidupan Paruh Baya

5 Tips Memperbarui Hubungan Buat Kamu yang Sudah Lama Hidup dengan Pasangan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Superfood Yang Membantu Meningkatkan Imun Tubuh (Bagian II)-end

Sistem imun adalah garda terdepan untuk menjaga tubuh